Dukungan Telkom ke UIII Guna Laksanakan Pendidikan Berstandar Internasional

Oleh Fachri pada 18 Agu 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 12:00 WIB
Telkom dan UIII.
Perbesar
Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Prof. Dr. Komaruddin Hidayat (kiri) dan Pgs. Direktur Enterprise and Business Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) FM Venusiana R. melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Penguatan dan Pengembangan Kelembagaan Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi di Kampus UIII.

Liputan6.com, Jakarta Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) merupakan salah satu Proyek Strategi Nasional (PSN) pemerintah di sektor pendidikan. Perguruan tinggi ini dibangun untuk menjadi perguruan tinggi berstandar internasional yang bisa menjadi role model pendidikan tinggi Islam terkemuka di dunia.

Guna mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan kerja sama antara seluruh pihak yang berkepentingan. Salah satunya yang mendukung tujuan UIII tercapai adalah Telkom. Telkom dengan UIII melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Penguatan dan Pengembangan Kelembagaan Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi bertempat di Kampus UIII, Depok, Jawa Barat (10/8).

Adapun ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi penyediaan, pengelolaan, pemeliharaan, pengembangan fasilitas produk layanan telecommunication, information, media, edutainment, digital connectivity, digital platform, digital services, penyelenggaraan kerja sama bidang pendidikan, pengajaran, pelatihan, penelitian, assessment, peningkatan kerja sama di bidang IT, serta pengembangan sumber daya lainnya yang memberikan nilai tambah bagi kedua belah pihak.  

FM Venusiana dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada UIII yang telah mempercayakan Telkom untuk menjadi bagian dari transformasi digital. Sebagai kampus yang baru berdiri pada tahun 2016 dan menjadi satu-satunya kampus PTNBH yang ditetapkan dalam proyek strategis nasional, UIII memiliki berbagai tantangan untuk dapat terus meningkatkan kualitas pembangunan nasional dan daya saing dengan negara lain.

UIII diharapakan menghasilkan sumber daya yang berkualitas, sesuai dengan visi UIII, "terwujudnya dunia yang lebih baik melalui pendidikan pascasarjana dan riset unggulan".

“Sejalan dengan visi Telkom menjadi digital telecommunication company, kami siap mendukung misi UIII dalam menyelenggarakan pendidikan tingkat pascasarjana yang unggul melalui penyediaan infrastruktur, implementasi Smart Campus Education, serta pengembangan digitalisasi kampus dan IT yang lebih efektif, efisien, dan aman,” ujar Venusiana. 

Rektor UIII Prof. Dr. Komaruddin Hidayat pun menyampaikan apresiasi kepada Telkom atas sinergi yang tercipta dalam penyelenggaraan pendidikan.

“Terima kasih atas dukungan Telkom kepada UIII untuk bersinergi dan bekerja sama dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dasar dan terapan yang inovatif guna menunjang pembangunan dan pengembangan IPTEK UIII sebagai pusat penelitian dengan keahlian khusus untuk menjawab isu-isu strategis dan tantangan ke depan,” ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pemimpin Transformasi Digital

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin melantik Komaruddin Hidayat sebagai Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII),  periode 2019 – 2024. Dok Kemenag
Perbesar
Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin melantik Komaruddin Hidayat sebagai Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), periode 2019 – 2024. Dok Kemenag

Prof. Dr. Komaruddin Hidayat menyampaikan harapannya agar Telkom selalu menjadi pemimpin dalam mendukung transformasi digital di sektor pendidikan.

“Kesiapan IT menjadi komponen penting bagi kami dalam membangun UIII. Selain untuk mengembangkan penelitian yang inovatif dan berkontribusi kepada pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat, UIII juga merupakan mimpi kita bersama untuk memajukan kebudayaan Islam Indonesia sebagai salah satu bagian dari peradaban dunia,” tutupnya.

FM Venusia juga berharap melalui kerja sama antara Telkom dan UIII ini, kedua belah pihak dapat saling memberikan manfaat dan nilai tambah sesuai dengan kapabilitasnya masing-masing.

“Dengan semangat sinergi, Telkom yakin dan berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan sektor pendidikan Indonesia melalui program Smart Campus berupa penyediaan solusi layanan ICT yang terintegrasi,” tutupnya.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya