Potret Zulkifli Hasan Kenakan Baju Adat Lampung saat Upacara di Istana

Oleh Liputan6.com pada 17 Agu 2022, 19:55 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 19:55 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan
Perbesar
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan didampingi sang putri yakni Futri Zulya Savitri menghadiri upacara HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (17/8/2022), pagi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menghadiri upacara HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (17/8/2022), pagi.

Zulkifli Hasan menggunakan baju adat Lampung twist modern untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara, Jakarta.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN ini menggunakan baju adat Lampung twist modern hasil desain dari designer muda asli indonesia Olive & Hers. Zulkifli Hasan didampingi sang putri yakni Futri Zulya Savitri untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik proklamasi di Istana Negara, Jakarta.

Tak cuma Mendag Zulhas, sejumlah tamu undangan yang mengikuti upacara tersebut juga mengenakan pakaian daerah. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sendiri memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka.

Pada upacara tahun ini, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat Provinsi Banten.

Sebelum upacara dimulai, dilakukan kirab budaya yang merupakan prosesi arak-arakan untuk membawa duplikat bendera pusaka sang merah putih dan naskah teks proklamasi dari tempat penyimpanan di Ruang Kemerdekaan yang berada di Cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Upacara dimulai dengan tembakan meriam sebanyak 17 belas kali, diikuti bunyi sirine selama satu menit.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti membacakan naskah proklamasi yang pada 77 tahun silam diucapkan oleh proklamator Ir. Soekarno.

Selanjutnya, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kemudian memandu pembacaan doa.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sandiaga Uno hingga Bahlil Lahadalia Absen Upacara di Istana, Ada Apa?

Momen Peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka
Perbesar
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bersiap mengibarkan Bendera Merah Putih saat saat upacara peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (Foto:Muchlis Jr-Biro Pres Sekretariat Presiden)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno tidak menghadiri upacara detik-detik peringatan proklamasi Indonesia di Istana Negara. Sandiaga justru mengikuti upacara dari jarak jauh (daring) dari Pulau Untung, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

"Alhamdulillah kita baru saja mengikuti upacara detik-detik Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia langsung dari destinasi unggulan Pulau Untung Jawa, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta," kata Sandiaga di Pulau Untung, Jakarta, Rabu (17/8).

Sandiaga mengaku kehadirannya di Pulau Untung merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo. Katanya, Presiden memintanya hadir menyapa masyarakat langsung di tiap-tiap sentra tugas dan fungsi masing-masing Kementerian/Lembaga.

Pilihannya jatuh di Pulau Untung di Kepulauan Seribu setelah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Pariwisata di kabupaten DKI Jakarta ini sudah meningkat 50-60 persen dibandingkan dengan sebelum pandemi.

“Kebetulan kami bertugas di Kemenparekraf, jadi kita melihat bagaimana ekonomi yang mulai meningkat dan produk ekonomi kreatif unggulan yang kita support semakin menunjukkan ekonomi pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya juga sudah memanggil semua jajaran agar tahun 2023 PSN ini harus diwujudkan. Mengingat total anggaran USD 3,2 miliar akan diinvestasikan di Kepulauan Seribu. Diharapkan akan menciptakan 35 ribu lapangan kerja, sementara penduduk Kepulauan Seribu sekitar 29 ribu jiwa.

"Jika kita menangani dengan baik kita akan mensejahterakan masyarakat di Hari Kemerdekaan sesuai dengan cita-cita bangsa memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa," kata dia.

"Angka partisipasi murni di Kepulauan Seribu ini paling terendah di Indonesia maka kita harus tingkatkan, sehingga penyiapan SDM di destinasi unggulan ini akan kita tingkatkan,” katanya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Daftar Menteri yang Absen Hadir Ke Istana Negara

Momen Peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka
Perbesar
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) membawa Bendera Merah Putih saat upacara peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (Foto:Muchlis Jr-Biro Pres Sekretariat Presiden)

Tak hanya Sandiaga, sejumlah menteri kabinet kerja Jokowi-Maruf juga mendapat penugasan yang sama. Mereka mewakili pemerintah pusat untuk menjadi inspektur upacara di daerah.

Ada Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang ditugaskan memimpin upacara di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Lalu Menteri Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Halim Iskandar di Desa Fohoeka, Nanaet Duabesi, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah. Sedangkan Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengikuti upacara di Kantor Kementerian Sosial, Salemba, Jakarta Pusat.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan mulai tahun ini Jokowi mengutus sejumlah menterinya untuk mengikuti upacara di sejumlah daerah. Tujuannya, agar para pejabat negara bisa hadir mengikuti upacara bersama masyarakat di daerah.

"Agar para pejabat hadir di daerah dan yang didaerah merasa lebih terhormat," kata Heru di Istana Negara.

Mulai tahun depan, rencananya penugasan serupa akan kembali dilanjutkan. Terutama untuk wilayah-wilayah perbatasan dan terpencil agar bisa memberikan nilai-nilai positif di daerah.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya