Tak Hanya PNS, Jokowi Siap Tampung Inovator dan Wirausahawan di IKN

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 16 Agu 2022, 12:19 WIB
Diperbarui 16 Agu 2022, 12:19 WIB
Saat Jokowi Berkemah di Sekitar Titik Nol IKN
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menikmati suasana hutan saat sunrise pada pagi hari setelah berkemah semalam di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (15/3/2022). (FOTO: Setpres/Agus Suparto)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus menekankan urgensi pembangunan ibu kota negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Menurutnya, ibu kota baru tersebut bukan hanya untuk aparatur sipil negara (ASN) atau PNS saja, tapi juga untuk kalangan lain.

"Pembangunan Ibu Kota Nusantara harus dijaga keberlanjutannya. IKN bukan hanya untuk para ASN, tetapi juga para inovator dan para wirausahawan," ujar Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR & DPD RI, Selasa (16/8/2022).

Dengan demikian, ia melanjutkan, IKN Nusantara nantinya tidak hanya berisi kantor-kantor pemerintah saja, tapi juga tempat lain yang bakal jadi motor penggerak ekonomi baru. Oleh karenanya, ia pun mengajak pihak swasta untuk ikut serta jadi investor di pembangunan ibu kota baru.

"(IKN Nusantara) bukan kota biasa, tetapi kota rimba dengan pelayanan pendidikan dan kesehatan kelas dunia," kata Jokowi.

"Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) memang dibangun oleh APBN, tetapi selebihnya, 80 persen investasi swasta diundang untuk berpartisipasi," imbuhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Proyek Harus Terus Jalan

Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet salam sidang tahunan MPR-RI
Perbesar
Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet salam sidang tahunan MPR-RI, Selasa (16/8/2022) (dok: Tira)

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo sempat menekankan, pembangunan proyek ibu kota negara atau IKN Nusantara ke depan tidak boleh berhenti meskipun pemerintah berganti presiden setiap periode 5 tahun.

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menilai, peta jalan pembangunan negara harus lebih menjamin ketahanan nasional, serta lebih menjamin kesinambungan pembangunan, tanpa bergantung pada momen elektoral 5 tahunan.

"Termasuk di dalamnya pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN), yang tidak boleh terhenti karena adanyapenggantian kepemimpinan nasional," tegas Bamsoet dalam Sidang Tahunan MPR RI bersama Presiden Jokowi, Selasa (16/8/2022).

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Proyek Jangka Panjang

Pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru. Instagram@jokowi
Perbesar
Pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru. Instagram@jokowi

Menurut dia, pembangunan IKN merupakan proyek jangka panjang guna mewujudkan ibu kota baru menjadi kota dunia yang berkelanjutan dengan konsep smart, green, blue city, serta hub bagi perekonomian nasional, regional, dibutuhkan haluan negara, serta konsistensi lintas pemerintahan.

"Tidak hanya itu pembangunan IKN diharapkan jadi katalis untuk mendorong Indonesia melakukan lompatan teknologi," ujar Bamsoet.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya