Telkom Lakukan Sharing P3DN di Lingkungan BUMN

Oleh stella maris pada 15 Agu 2022, 11:40 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 11:51 WIB
Telkom Lakukan Sharing P3DN di Lingkungan BUMN
Perbesar
Telkom Lakukan Sharing P3DN di Lingkungan BUMN/Istimewa.

Liputan6.com, Jakarta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melakukan sosialisasi program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), kepada 5 BUMN yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Perum Perumnas, PT PAL Indonesia (Persero) dan PT Jasa Raharja (Persero).

Hal itu dilakukan dalam rangka mewujudkan keberpihakan korporasi kepada industri dalam negeri di lingkungan BUMN. Dalam sosialisasi tersebut, Telkom memaparkan proses implementasi P3DN di lingkungan TelkomGroup, baik dari sisi strategi, roadmap, regulasi, aktivitas maupun kontrol pencapaiannya. 

Ketua Tim P3DN TelkomGroup, Soendojoadi mengatakan bahwa sosialisasi ini merupakan wujud  komitmen Telkom dalam meningkatkan penggunaan produk dalam negeri di lingkungan BUMN  melalui pengembangan kapabilitas secara sinergi, serta meningkatkan ekonomi nasional.

Untuk  menyukseskan implementasinya, Telkom membentuk tim khusus sesuai dengan amanat  pemerintah dalam Inpres Nomor 2 Tahun 2022 yang berisi instruksi pembentukan Tim P3DN,  Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 pasal 56 mengenai pemberdayaan industri, serta  Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2018 tentang Tim Nasional P3DN. 

"Tim khusus ini bertanggung jawab untuk mengawal aktivitas P3DN internal TelkomGroup,  khususnya menjamin kualitas layanan dengan menggunakan produk TKDN yang berkualitas &  cost effective. Kami berkomitmen untuk menyukseskan program pemerintah terkait P3DN, yang  dibentuk untuk fokus dalam penyiapan fundamental strategi dan aturan, serta mekanisme yang  diperlukan dalam pelaksanaan implementasi," ungkap Soendojoadi.  

Dalam menjalankan tugasnya, Tim P3DN TelkomGroup berinteraksi dengan pihak-pihak yang ada  di ekosistem TKDN yaitu regulator, lembaga survey, dan supplier. Dari sisi regulator sendiri,  kendali koordinasi P3DN secara nasional dilakukan oleh Timnas P3DN yang berisi 3 Kelompok 

Kerja (Pokja) antara lain Pokja Sosialisasi, Pokja Implementasi, dan Pokja Pemantauan P3DN.  Telkom sendiri masuk di dalam Pokja Sosialisasi Tim Nasional P3DN tersebut. 

Demi menyukseskan implementasi P3DN Nasional, Telkom mengambil peran melalui integrasi  dan re-arsitektur 19 aplikasi P3DN di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informatika  dan Kementerian BUMN.

Selain itu Telkom juga turut serta dalam membangun platform Padi UMKM sebagai jembatan transaksi B2B dan e-Procurement antara UMKM dan BUMN, mewadahi 15 ribu UMKM B2B ke e-Katalog nasional dan sektoral, serta mendukung Kementerian Koperasi dan UKM untuk percepatan pengembangan dan komersialisasi UMKM di e-Katalog dan marketplace. 

Ke depannya, Telkom akan mengembangkan infrastruktur dan aplikasi Sistem Pengadaan Secara  Elektronik (SPSE) Pemerintah beserta sistem pendukung sesuai Inpres Nomor 2 tahun 2022 untuk  menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada pelaksanaan Pengadaan  Barang/Jasa Pemerintah.

Sebelumnya, Telkom turut mendukung dan menyukseskan Gernas BBI  dengan menghadirkan virtual expo yaitu platform berbasis web sebagai bentuk inovasi digital tiga dimensi yang hadir melalui solusi virtual exhibition yang memberikan pengalaman daring yang interaktif selama berjalannya pameran, expo, atau conference bagi pengunjung.

Selain itu, 3D Virtual Exhibition diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan alam, budaya, dan UMKM yang ada di Indonesia yang sangat beragam.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya