Perintah Menhub: PNBP Pelabuhan Marunda Harus Naik

Oleh Arief Rahman Hakim pada 14 Agu 2022, 19:30 WIB
Diperbarui 14 Agu 2022, 19:30 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika meninjau Terminal Marunda Centre di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (14/8/2022).
Perbesar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika meninjau Terminal Marunda Centre di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (14/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta penarikan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dilakukan dengan tata kelola yang baik (governance). Sehingga bisa semakin maksimal kedepannya.

Menhub Budi memandang, PNBP yang didapat nantinya akan digunakan untuk pengembangan di wilayah Indonesia. Khususnya, membangun sarana dan prasarana transportasi, khususnya di daerah terpencil, terluar, tertinggal dan perbatasan (3TP).

“Saya meminta kepada jajaran Otoritas Pelabuhan melakukan penarikan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) secara governance agar hasilnya maksimal,” ujar Menhub saat meninjau Terminal Marunda Centre di Bekasi, Jawa Barat, mengutip keterangan resmi, Minggu (14/8/2022).

“Penerimaan PNBP ini harus dioptimalkan karena akan membantu keberlanjutan pembangunan di tengah APBN kita yang terbatas,” tambahnya.

Lebih lanjut, Menhub berpesan kepada para Badan Usaha Pelabuhan (BUP) yang ada di kawasan Pelabuhan Marunda untuk memenuhi kewajibannya menyetor PNBP dan kewajiban pajak lainnya kepada pemerintah.

Selain itu, Menhub juga mengingatkan agar aspek keselamatan dan kualitas pelayanan kepelabuhanan terus dijaga dan ditingkatkan. Di kawasan Pelabuhan Marunda, terdapat tiga terminal utama yang dikelola BUP yaitu: terminal Marunda Center (PT. Pelabuhan Tegar Indonesia), terminal umum PT. Karya Citra Nusantara (KCN), dan terminal Kali Blencong PT. Kawasan Berikat Nusantara (KBN). Multiguna

Pelabuhan yang ada di kawasan Marunda ini merupakan pelabuhan multipurpose logistik dengan layanan meliputi angkutan curah kering, curah cair, dan kargo umum.

Pelabuhan di Marunda ini menjadi pendukung dari Pelabuhan Internasional Tanjung Priok, Jakarta. Dari kegiatan kepelabuhanan di Pelabuhan Marunda, pemerintah mendapatkan penerimaan negara baik berupa tarif konsesi, PNBP, maupun pajak lainnya.

Sejak tahun 2019 hingga tahun 2021, jumlah penerimaan PNBP terus meningkat, dimana pada tahun 2019 sebesar Rp 20,8 miliar, 2020 sebesar Rp 23,1 miliar, dan 2021 sebesar Rp 24,8 miliar. Sementara pada tahun 2022 hingga bulan Juli telah mencapai Rp 15,3 miliar.

Dalam tinjauannya, Menhub menyerahkan jaket keselamatan dan bantuan sembako kepada para nelayan di sekitar kawasan Pelabuhan Marunda. Turut hadir dalam kegiatan ini Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha, KSOP Tanjung Priok Wisnu Handoko, Direksi PT Kawasan Berikat Nusantara, Direksi PT Karya Citra Nusantara, Direksi PT. Pelabuhan Tegar Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jaga Momentum

FOTO: Pemerintah dan DPR Bahas Persiapan Nataru
Perbesar
Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kanan), Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo (kanan), Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (kedua kiri) dan Kepala BNPP Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (1/12/2021). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga momentum kinerja positif yang berhasil diraih di sektor transportasi pada 2022.

Sektor transportasi dan pergudangan menunjukkan data yang sangat positif berdasarkan data daari Badan Pusat Statistik (BPS). Sektor tersebut tumbuh 21,27 persen pada kuartal II 2022 jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sebelumnya pada kuartal I 2022, sektor transportasi dan pergudangan juga mengalami pertumbuhan positif mencapai 15,79 persen. Hal ini menunjukkan tren yang terus meningkat di sektor transportasi hingga triwulan II 2022.

"Hasil ini bisa menjadi indikator bahwa pemulihan di sektor transportasi yang telah kita bersama upayakan sudah terjadi. Momentum ini harus kita jaga agar pada triwulan ketiga dan keempat di tahun 2022 trennya terus meningkat," ujar Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Strategi

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi
Perbesar
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Webinar bertema “Recovery Plan Penerbangan di Indonesia” yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang Indonesia (KADIN) di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Di awal 2022, Kemenhub telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mendorong percepatan pemulihan sektor transportasi yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Adapun sejumlah strategi yang disampaikan Menhub dalam rapat kerja sektor transportasi nasional Februari 2022 lalu, diantaranya yakni mengoptimalkan penerapan pendanaan kreatif non APBN melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam rangka pemenuhan kebutuhan infrastruktur transportasi.

Selain itu juga mengoptimalkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui Badan Layanan Umum (BLU) sebagai salah satu sumber pendanaan alternatif untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan mendorong keterlibatan peran swasta dalam percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Kemenhub juga melakukan transformasi struktural dan digitalisasi dalam upaya meningkatkan layanan transportasi.

"Adanya pelonggaran kebijakan syarat perjalanan serta penanganan manajemen rekayasa lalu lintas pada masa mudik Lebaran tahun ini juga menjadi faktor pendorong pertumbuhan positif sektor transportasi pada triwulan kedua tahun ini," ucap Budi Karya.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya