Sukses

Kementan Realisasikan Program Irigasi Perpipaan dan Perpompaan di Pangandaran

Dalam rangka memperkuat ketahanan pertanian, Kementerian Pertanian merealisasikan program irigasi perpipaan dan perpompaan.

Liputan6.com, Pangandaran Dalam rangka memperkuat ketahanan pertanian, Kementerian Pertanian merealisasikan program irigasi perpipaan dan perpompaan. Program tersebut direalisasikan Kementan untuk Kelompok Tani Sutra Reregan di Desa Delasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, air merupakan faktor utama pendukung berkembangnya budi daya pertanian. Oleh karenanya, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) merealisasikan program irigasi untuk membantu petani dalam pengembangan budi daya pertaniannya.

"Dalam situasi apapun, pertanian tak boleh terganggu, karena berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan pangan rakyat. Oleh karenanya, air harus selalu dijamin keberadaannya," tutur Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil menambahkan, salah satu faktor penting keberadaan irigasi pertanian adalah meningkatkan produktivitas pertanian. Produktivitas berorientasi pada ketahanan pangan dan juga kesejahteraan petani.

Dikatakan Ali, dalam menghadapi krisis pangan ini Kementan tetap berupaya menjaga ketersediaan pangan, salah satunya melalui program irigasi.

"Irigasi membantu suplai air berjalan lancar ke areal pertanian. Dengan begitu, produktivitas pertanian dapat terjaga dengan baik," tutur Ali.

"Irigasi ini penyediaan air semakin baik, produktivitas pertanian pun terjaga dengan baik. Dengan begitu ketahanan pangan juga terjaga," tambahnya.

Perubahan iklim menjadi ancaman untuk produktivitas petani. Untuk itu, irigasi mampu membantu petani dalam mengatasi tantangan tersebut.

"Ketika musim kemarau melanda, maka irigasi akan membantu petani mendapatkan pasokan air yang stabil ke areal persawahan mereka, sehingga budidaya pertanian mereka dapat terjaga dengan baik," papar Ali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemenuhan Pasokan Air

Dikatakan Ali, Ditjen PSP Kementan memiliki beberapa jenis irigasi. Ada irigasi perpompaan, irigasi perpipaan, embung, Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) dan sejumlah program lainnya. Semuanya berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasokan air bagi petani.

"Irigasi, apapun jenisnya, membantu petani dalam mengembangkan budi daya pertaniannya, baik saat musim kemarau maupun musim hujan," tutur Ali.

Direktur Irigasi Pertanian Ditjen PSP Kementan, Rahmanto berharap petani dapat memanfaatkan program ini dengan baik. Ketika dimanfaatkan dengan baik, ia percaya pertanian pun akan berkembang dengan sangat baik pula.

"Pemanfaatannya harus sebaik mungkin karena program ini menunjang kebutuhan petani dalam usaha pertanian mereka. Irigasi perpompaan yang direalisasikan merupakan penopang bagi sektor pertanian agar dapat tumbuh dengan baik," tutur Rahmanto.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini