Perusahaan Swasta Perkuat Ekspansi Energi Terbarukan di Sumatera Utara

Oleh Liputan6.com pada 12 Agu 2022, 22:43 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 22:45 WIB
Pemanfaatan Tenaga Surya Sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif
Perbesar
Teknisi mengecek panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (6/8/2019). PLTS atap ini bertujuan menghemat pemakaian listrik konvensional sekaligus menjadi energi cadangan saat listrik padam. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL), sebagai perusahaan penyedia jasa layanan di bidang kesehatan terkemuka, meresmikan solar panel yang kedua kalinya.

Berlokasi di salah satu cabang APL, tepatnya di Kota Medan, acara ini dihadiri oleh Christophe Piganiol, Presiden Direktur PT Anugerah Pharmindo Lestari, Dannarjaya Harinta Sri, VP Operations & Technology PT Anugerah Pharmindo Lestari, H. Rajali, S.Sos, MSP, Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumatera Utara, Ir. Artini S. Marpaung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang, Vicky Gunawan, DirekturPT Vastland Indonesia, beserta jajaran.

Peresmian panel surya yang akan menghasilkan energi sebesar lebih dari 100,000 kWh dan mengurangi sekitar 63,5-ton karbon emisi per tahun.

Ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran program Rumah Sampah, yaitu program pemilahan dan penyaluran sampah yang bekerjasama dengan Gerakan Sedekah Sampah yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang.

Sebanyak kurang lebih 100 Kg sampah akan siap didaur ulang per bulannya dan setara dengan 648 Kg pengurangan karbon emisi per tahunnya. Kedua program ini merupakan bentuk komitmen keseriusan PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) dalam mendukung program Sustainability APL, khususnya di Pilar ‘Respecting Environment’.

“Perubahan iklim adalah kenyataan yang tidak hanya mempengaruhi hasil kesehatan, tetapi juga secara langsung berdampak pada misi kita untuk membuat perawatan kesehatan dapat diakses oleh komunitas yang kami layani. Oleh karena itu, kami berupaya untuk turut berperan aktif dalam membantu mengurangi dampak buruk di lingkungan melalui program-program sustainability," kata Presiden Direktur PT Anugerah Pharmindo Lestari, Christophe Piganiol, Jumat (12/8/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Punya Tim Khusus

PLTS di Sekolah Jadi Media Pembelajaran dan Pasokan Listrik
Perbesar
Siswa kompetensi keahlian Teknik Energi Surya Hidro dan Angin (TESHA) melakukan praktek perawatan solar panel di SMK Negeri 1 Kemang Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/5/2022). Solar panel teserbut selain sebagai media pembelajaran siswa juga menghasilkan energi listrik yang digunakan untuk kebutuhan pasokan listrik di lab sekolah tersebut. (merdeka.com/Arie Basuki)

Saat ini, APL memiliki tim khusus dan akan terus berkolaborasi dengan pihak-pihak strategis untuk mencapai misi keberlanjutan kita melalui inisiatif-inisiatif lainnya.

Untuk mewujudkan hal ini, APL berkolaborasi dengan PT Vastland Indonesia sebagai pemilik Gedung dan PT Bumi Enviro Lestari (BEL Solar) terkait dengan pemasangan panel surya yang sesuai dengan standard yang baik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada APL, sebagai distributor farmasi pertama di kota Medan, yang telah mendukung inisiatif hijau di antara perusahaan-perusahaan di Kota Medan. Kami akan berkomitmen untuk mengoperasikan solar panel dengan baik melalui teknologi yang terdepan,” tambah Direktur PT Bumi Enviro Lestari (BEL Solar), Vicky Gunawan.

Hal senada diungkapkan oleh H. Rajali S.Sos, MSP, Kepala Dinas ESDM, Provinsi Sumatera Utara turut mengapresiasi komitmen APL dalam meningkatkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Kami mendukung langkah APL untuk mengurangi pemakaian energi dan mendukung sumber energi terbarukan. Hal ini perlu dicontoh untuk pelaku industri lainnya agar kita sama-sama dapat menjaga alam sekitar dan lingkungan.”

 


PLTS Atap

FOTO: Target Industri Panel Surya Dalam Negeri
Perbesar
Pekerja memeriksa intalasi panel surya di Gedung Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM di Jalan Rasuna Said, Jakarta, Senin (27/9/2021). Kementerian Perindustrian mencatat importasi komponen PLTS sejak 2018 hingga 2020 mengalami penurunan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dengan semangat untuk memberikan yang terbaik bagi generasi mendatang, APL berupaya untuk mengembangkan program-program yang ada pada pilar-pilar Sustainability lainnya.

Selain di fasilitas APL Medan, APL juga telah memasang PLTS Atap atau Panel Surya di National Distribution Center, Cikarang, yang telah diresmikan pada April 2022.

Hal ini sejalan dengan program Kementerian ESDM terkait dengan implementasi PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap). Melalui perwujudan nyata program-program Sustainability, APL berharap APL dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan secara langsung.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya