3 Tips Mudah Kembangkan Diri di Tempat Kerja, Yuk Dicoba!

Oleh Liputan6.com pada 14 Agu 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 14 Agu 2022, 06:00 WIB
Kerja Kantoran
Perbesar
Ilustrasi Kerja Kantoran (sumber: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan bisa membuat Stress terutama saat Anda tidak menyukainya. Namun, Anda bisa mengambil langkah-langkah untuk memastikan kemampuan mampu berkembang di tempat kerja.

Menurut pelatih kesehatan tempat kerja dan sarjana kebahagiaan Kortni Alston, berkembang di tempat kerja dimulai dengan menumbuhkan kesehatan dalam kehidupan pribadi Anda.

“Ketika saya berbicara dengan kebanyakan orang tentang kesejahteraan di tempat kerja, banyak hal yang berkaitan dengan stres sehari-hari yang kita alami, seperti mencoba mengatasi pandemi dan hal-hal lain yang terjadi di dunia. Saya juga menemukan diri saya memfasilitasi sesi pelatihan yang berkaitan dengan stres rasial selama ini,” jelasnya dilansir dari CNBC, Jumat (12/8/2022).

Sementara itu, pandemi juga mengubah kehidupan kerja seseorang dengan banyak profesional mengubah karier, memulai usaha bisnis atau berhenti dari pekerjaan mereka sama sekali. Tidak peduli pada tahap apa Anda berada dalam karier, mengatur kehidupan pribadi Anda adalah langkah pertama untuk berkembang.

Jika stres dari luar memengaruhi kepuasan Anda di tempat kerja, Alston menyarankan agar mengikuti tiga tips berikut ini.

1. Perawatan Diri

Hubungan Anda berperan besar dalam kesuksesan. Memiliki orang-orang yang bisa membuat Anda bertanggung jawab untuk merawat diri dapat membantu Anda menjadi lebih bahagia di tempat kerja.

Menurut Active Minds, sebuah organisasi nirlaba kesehatan mental, perawatan diri penting untuk menjaga hubungan yang sehat dengan diri sendiri dan termasuk menjaga pikiran, tubuh, dan jiwa. Tentunya dengan melakukan aktivitas yang meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi stres.

“Skuad perawatan diri saya luar biasa,” kata Alston. “Ini sangat membantu dalam hal mengatasi kelelahan dan menghadapi berbagai stresor kehidupan.”

Perawatan diri itu dapat mencakup keluarga, teman, mentor, dan bahkan rekan kerja yang memiliki hubungan baik dengan Anda. Saat mengidentifikasi orang-orang untuk berada dalam regu perawatan diri Anda, pastikan mereka tidak menghakimi dan berdedikasi untuk mendukung Anda dalam perjalanan pribadi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Ingat 4 Poin

Kemampuan Beradaptasi
Perbesar
Ilustrasi Bekerja di Kantor Credit: pexels.com/Christina

Memiliki rutinitas, baik di pagi hari atau di malam hari, untuk mempersiapkan diri menghadapi hari kerja dapat membantu memerangi stres dan membuat Anda merasa lebih siap.

Menurut Alston, rutinitas Anda harus terdiri dari empat P ini:

Pause atau jeda: Luangkan waktu untuk memikirkan apa yang ingin Anda capai di tempat kerja dan cara yang harus dilakukan untuk menyeimbangkannya dengan kehidupan pribadi.

Plan atau rencana: Tulis tindakan apa yang akan diambil untuk membuat pencapaian Anda menjadi kenyataan.

Process atau proses: Kenali apa yang berhasil dan apa yang tidak dan buat penyesuaian pada rencana Anda sesuai kebutuhan.

Pace atau kecepatan: Beri diri Anda izin untuk membuat kesalahan dan menjadi manusia. Kenali kemajuan tidak terjadi dalam semalam, dan beri diri Anda rahmat.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


3. Memberi Perhatian Penuh untuk Diri Sendiri

Ilustrasi kerja
Perbesar
Terapkan 4 cara ini supaya portofolio Anda dilirik saat melamar pekerjaan

Menurut Alston, “Berhati-hati dalam hidup kita sama pentingnya dengan berhati-hati di tempat kerja.”

The Greater Good Science Center menggambarkan perhatian penuh sebagai “mempertahankan kesadaran dari waktu ke waktu akan pikiran, perasaan, sensasi tubuh, dan lingkungan sekitar kita, melalui lensa yang lembut dan memelihara”.

Dalam hal ini, meditasi adalah cara yang efektif untuk menyelaraskan diri dengan kebutuhan Anda dan bahkan dapat membuat Anda lebih produktif di kantor. Cukup berhenti sejenak dan berlatih latihan pernapasan untuk waktu yang singkat dalam sehari dapat membantu meningkatkan kinerja Anda.

Meskipun mungkin tampak sedikit tidak nyaman pada awalnya, Alston meyakinkan bahwa mempraktikkan perhatian dan meditasi adalah sesuatu yang dapat dilakukan semua orang.

“Berhenti sejenak dan beri diri Anda waktu untuk pemulihan, beri diri Anda waktu untuk memperlambat dan beri diri Anda waktu itu hanya untuk hadir.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya