Sukses

Pegadaian Bersama Putri Tanjung Berbagi Kiat Sukses Jadi Creativepreneur di Era Digital

Webinar Generasi Pandai #Punya Rencana: Merdeka Dalam Karya mendapatkan antusias tinggi dari para generasi muda dan milenial

Liputan6.com, Jakarta Webinar Generasi Pandai #Punya Rencana: Merdeka Dalam Karya persembahan spesial dari Pegadaian yang berlangsung Kamis (11/8) Siang mendapatkan antusias tinggi dari para generasi muda dan milenial. Menghadirkan Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan dan CEO of Trans Digital Lifestyle Group, Putri Tanjung, peserta webinar mendapatkan berbagai insight menarik untuk menjadi creativepreneur yang sukses dan mampu bertahan di tengah berbagai tantangan.

Tantangan Pengusaha Muda

Dalam pemaparannya, Damar Latri Setiawan menyampaikan di tengah kemudahan berkat layanan digital dan komputerisasi yang semakin canggih, para pelaku usaha muda dan UMKM tetap saja dihadapkan pada berbagai tantangan.

"Saat ini pengusaha muda dan UMKM memang sudah dimudahkan teknologi, namun tetap saja ada tantangan yang harus dihadapi yaitu sumber daya manusia, pasar, finansial, dan inovasi. Jika keempat tantangan itu bisa diatasi, kesuksesan sebuah bisnis hanya tinggal menunggu waktu," ujar Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan.

Namun di tengah tantangan tersebut, Damar mengatakan jika pemerintah juga memberikan solusi kepada masyarakat terutama pelaku usaha. Melalui Pegadaian, aspek permodalan yang menjadi salah satu tantangan akan bisa diatasi dengan mudah dan sama sekali nggak memberatkan para creativepreneur lho!

"Kabar baiknya, pemerintah menghadirkan solusi untuk para pengusaha melalui lembaga keuangan yang membantu permodalan seperti Pegadaian. Ada banyak sekali layanan di Pegadaian yang bisa membantu masyarakat soal permodalan seperti Gadai Ekspres hingga layanan Pegadaian Digital yang bisa diakses melalui smartphone. Ini menjadikan Pegadaian semakin tua tapi semakin muda," tambah Damar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sukses Dimulai dari Satu Langkah Kecil

Sebagai seorang creativepreneur muda yang sukses, Putri Tanjung menyampaikan bahwa pencapaiannya saat ini bukan suatu kebetulan. Dirinya memulai semua usahanya melalui langkah kecil yang dilakukannya dalam beberapa tahun silam tepatnya ketika dirinya masih remaja.

"Aku sangat mencintai industri kreatif dan baru benar-benar terjun di umur belasan tahun. Saat itu memulai dengan bikin event kecil-kecilan yang mana bisa snowballing menjadi sebuah Event Organizer. Dari langkah itu akhirnya bisa semakin berkembang hingga mencapai titik ini," ujar Putri Tanjung.

3 dari 4 halaman

Mindset Penting Creativepreuner

Karena mempertahankan itu jauh lebih sulit daripada mendapatkan, menurut Putri Tanjung ada 7 hal yang wajib dimiliki oleh creativepreneur agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang. Yaitu kemampuan untuk terus belajar, menerima perubahan dan adaptasi, mau bangkit di situasi sulit, inovasi, kreativitas, mindset bisnis, dan kolaborasi.

"Perlu usaha keras untuk bisa bertahan dalam industri kreatif, sebab saingan kita bukan cuma lokal tapi global. Kita perlu menyadari itu karena teknologi bikin kita jadi no boundaries terhadap seluruh dunia. Untuk itulah 7 mindset ini penting," kata cewek berzodiak virgo ini.

Putri Tanjung juga berpesan agar creativepreneur punya mindset bisnis yang kuat. Hal ini akan menciptakan karakter dan image yang kuat dalam lini bisnis yang dijalankan.

"Namun dari 7 mindset tersebut, yang paling penting dan wajib dimiliki adalah mindset yang dimiliki. Entrepreneur wajib banget punya mindset bisnis yang baik agar bisa semakin memudahkan dalam mengembangkan bisnis serta berinovasi dari waktu ke waktu," tambah Putri Tanjung.

Pada kesempatan ini, Putri Tanjung memaparkan prinsip bisnis yang dimilikinya. Prinsip ini bernama 6 I's of Innovation yang terdiri dari Identify, Ignite, Investigate, Implement, Invest, dan Improve.

Jika mindset bisnis yang tertanam dalam diri sudah optimal, hal lain yang wajib dipelajari adalah tata kelola finansial. Bukan tanpa alasan, finansial adalah hal fundamental yang menjadi alat untuk mengembangkan bisnis serta berinovasi ke depannya.

"Cara kelola finansial sebagai pengusaha adalah yang terpenting harus menyusun budgeting secara detail, kemudian memisahkan keuangan pribadi dan keperluan bisnis, mengawasi cash flow perusahaan, menyiapkan dana darurat, serta bijak berinvestasi untuk masa depan," ujar Putri Tanjung.

4 dari 4 halaman

Solusi untuk para Pengusaha Muda

Untuk mendukung langkah generasi muda menjadi creativepreneur sukses, Pegadaian memberikan solusi dalam mengatasi masalah permodalan yang sering kali dihadapi. Pegadaian menghadirkan Promo Merdeka yang banyak keuntungannya di bulan Agustus 2022 ini.

"Sekarang lagi ada Promo Merdeka di Pegadaian, di mana selama bulan ini masyarakat bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 2,5 juta bebas bunga, bebas sewa modal hingga 45 hari, diskon biaya admin hingga 100%, pencairan pinjaman bisa via transfer, jaminan emas dan elektronik, serta jaminan aman diasuransikan," ujar Damar.

Sebagai bagian dari BUMN dan BRI Group, Pegadaian tentunya memberikan layanan terpercaya kepada masyarakat dan berperan aktif dalam mengembangkan perekonomian masyarakat di lingkup terkecil seperti UMKM. Banyak sekali kemudahan layanan yang bisa didapatkan di Pegadaian.

"Pegadaian sendiri menjadi platform yang menabungnya dapat, investasinya juga dapat. Bisa transaksi online di Pegadaian Digital, ada pula layanan gadai dari rumah, tersedia sistem harian hingga bulanan, bebas biaya admin & provisi, dan yang terpenting sudah diawasi oleh OJK," tambah Direktur Utama Pegadaian tersebut.

Berperan Aktif Sebagai Agen Pegadaian

Selain itu Dirut Pegadaian Damar Latri Setiawan juga mengatakan jika masyarakat bisa berperan aktif dalam menjadi agen pegadaian. Nantinya, agen ini akan dibagi ke beberapa sektor seperti agen gadai, agen pemasaran, agen pembayaran, agen komunitas, serta agen prioritas.

"Masyarakat juga bisa menjadi agen Pegadaian yang memiliki manfaat berupa penghasilan hingga jutaan per bulan, menambah jumlah pelanggan dan kepercayaan masyarakat, mendapatkan branding gratis, dan semua transaksinya praktis lantaran sudah tersedia secara online, jelas Damar.

Segera manfaatkan kesempatan yang ada dan mulai langkahmu menjadi seorang creativepreneur sedari muda.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini