Top 3: Sandiaga Uno Meradang, Bali Dihina Senator Australia

Oleh Arief Rahman Hakim pada 07 Agu 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 07 Agu 2022, 08:00 WIB
Sandiaga Uno Kritik Senator Australia yang Diduga Sebar Hoaks Soal Sapi di Bali
Perbesar
Senator Australia Pauline Hanson yang disebut menyebar pernyataan bohon soal sapi di Bali. (dok. Screenshoot Youtube Pauline Hanson's Please Explain)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno nampak meradang setelah beredarnya video Senator Australia mencemooh Bali. Ia menegaskan Bali bukan tempat yang buruk.

Ia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan Senator Australia Pauline Hanson menyampaikan argumentasinya. Sandiag pun mengecam segala pandangan yang tak berdasar fakta tersebut.

Pernyataan Sandiaga Uno ini menjadi berita yang paling banyak dibaca. Selain itu, masih ada sejumlah berita yang tak kalah menarik.

Berikut daftar berita yang paling banyak di baca di kanal Bisnis Liputan6.com, Minggu (7/8/2022):

1. Bali Dihina Senator Australia, Sandiaga Uno Meradang

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno nampak meradang setelah beredarnya video Senator Australia mencemooh Bali. Ia menegaskan Bali bukan tempat yang buruk.

Ia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan Senator Australia Pauline Hanson menyampaikan argumentasinya. Sandiag pun mengecam segala pandangan yang tak berdasar fakta tersebut.

"Apa yang disampaikan seorang senator Australia @senatorpaulinehanson ini tidak berdasar pada fakta. Secara tegas dan lugas saya sampaikan untuk jangan pernah menghina Bali, ikon dan jantung pariwisatanya Indonesia," kata dia melalui Instagram @sandiuno, Sabtu (6/8/2022).

Dalam video yang sama, ada warga Australia yang juga memberikan tanggapan. Warga bernama Damian Hoo itu langsung mematahkan pandangan Pauline Hanson.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Kuota BBM Subsidi Habis di Oktober 2022, Awas Pertalite dan Solar Langka

Pertamax Cs Turun Harga
Perbesar
Petugas mengisi BBM pada sebuah mobil di SPBU, Jakarta, Sabtu (5/1/2019). PT Pertamina (Persero) menurunkan harga BBM non subsidi yakni, Pertalite Rp 150 per liter, Pertamax Rp 200 per liter dan Pertamax Turbo Rp 250 per liter. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pengendalian Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengingatkan kepada pemerintah akan kuota BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar.

Menurut perkiraannya, dengan rasio penyaluran Pertalite dan Solar yang sudah melebihi 50 persen, kuota BBM subsidi akan habis pada bulan Oktober atau November 2022.

"Seperti yang kita sampaikan di berbagai tempat, Oktober atau November bisa sudah tidak ada lagi Pertalite dan Solar. Kecuali ada kebijakan untuk menambah kuota (BBM subsidi)," kata Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman dalam acara Polemik MNC Trijaya bertajuk Untung Rugi Subsidi BBM, Jakarta, Sabtu (6/8/2022).

Saleh mencatat, volume penyaluran BBM subsidi jenis Solar mencapai 8,3 juta kilo liter (KL) hingga Juni 2022. Sementara kuota solar subsidi dipatok sebesar 14,9 juta KL.

Baca artikel selengkapnya di sini


3. Utang Pemerintah Rp 7.123,62 Triliun, Menko Luhut: Masih Aman

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok Kemenko Marves)
Perbesar
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok Kemenko Marves)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan atau Menko Luhut mengklaim posisi utang pemerintah masih relatif aman hingga memasuki akhir Semester I-2022. Mengutip dokumen APBN Kita, utang pemerintah mencapai Rp 7.123,62 triliun di akhir Juni 2022.

Menko Luhut menerangkan, posisi utang pemerintah tersebut masih berkisar 41 persen dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

"Tingkat utang pemerintah Indonesia jauh lebih aman dibandingkan negara-negara di dunia. Betul Rp7000  triliun, tapi kita bandingkan itu hanya 41  persen dari PDB," ujar Menko Luhut dalam acara silahturahmi nasional Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (Ppad) di Sentul, Bogor, Jawa Barat, di tulis Sabtu (6/8/2022).

Menko Luhut menambahkan, utang pemerintah tersebut juga bukan merupakan  uang hilang. Mengingat, dana utang digunakan untuk membiayai pembangunan sejumlah proyek strategis.

Baca berita selengkapnya di sini

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya