Sukses

Ingin Resolusi Keuangan Cepat Tercapai? Simak Tipsnya

Untuk membantu memudahkan melihat resolusi keuangan Anda, Emily Shallal, Direktur Senior Strategi dan Inovasi Pelanggan di Ally Bank, membagikan caranya

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2022 setengahnya sudah dilalui, kelelahan menjalani resolusi adalah nyata, tetapi ada cara untuk terus membuat kemajuan bahkan ketika Anda mulai merasa lelah.

Untuk membantu memudahkan melihat resolusi keuangan Anda, Emily Shallal, Direktur Senior Strategi dan Inovasi Pelanggan di Ally Bank, membagikan pergerakan uang yang dapat ditindaklanjuti yang dapat Anda lakukan sekarang untuk menyelesaikan sisa tahun ini dengan rencana keuangan yang baik.

Berikut enam tipsnya yang dilansir dari laman CNBC, Minggu (7/8/2022).

1. Otomatiskan keuangan

Dari tagihan hingga tabungan dan investasi, otomatiskan sebanyak mungkin yang Anda bisa. Saat menyiapkan pembayaran otomatis untuk hal-hal seperti tagihan kartu kredit, pembayaran dan sewa mobil, Anda tidak perlu membayar biaya keterlambatan.

Riwayat pembayaran adalah faktor terpenting yang menentukan nilai kredit, oleh karena itu pembayaran tepat waktu harus menjadi prioritas utama.

Otomatiskan pula tabungan sehingga memiliki transfer berulang dari rekening koran ke rekening tabungan Anda setiap bulannya.

2. Buat anggaran bersinar

Shallal menyarankan untuk membuat anggaran yang sesuai dengan gaya hidup saat ini dan memprioritaskan Anda.

“Tunjukkan sedikit cinta pada anggaran Anda dengan memberikan perubahan yang menyegarkan, dan ingat bahwa penganggaran tidak harus semua tentang pembatasan,” katanya.

Meskipun penganggaran biasanya memerlukan pembatasan pengeluaran, masukkan dalam jumlah sedikit cara-cara Anda dapat terus memperlakukan diri sendiri bahkan saat menguranginya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Gabungkan tabungan

Konsolidasi adalah cara yang efisien untuk merapikan dan mengatur keuangan pribadi. Menutup akun lama yang tidak terpakai akan membantu menghindari biaya pemeliharaan bulanan karena tidak mencapai persyaratan saldo minimum. Ini juga dapat membantu Anda melacak uang dengan lebih baik, terutama ketika memilih rekening tabungan dengan alat organisasi.

Banyak rekening tabungan yang memungkinkan pengguna membagi uang mereka ke dalam kategori yang berbeda untuk setiap tujuan tabungan mereka. Ini berarti Anda dapat menyimpan semua tabungan di satu tempat sambil tetap menabung untuk berbagai tujuan.

4. Cobalah menabung selama satu bulan

Shallal merekomendasikan Anda untuk mencoba selama sebulan mengharuskan menyimpan sejumlah uang yang sesuai dengan tanggal di kalender.

Cobalah untuk mulai dengan menabung 1.000 rupiah di hari pertama setiap bulan, 2.000 rupiah di hari kedua, dan seterusnya. Dalam sebulan rata-rata, Anda bisa mendapatkan banyak uang untuk disimpan secara total pada akhir bulan.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Terakhir

5. Sesuaikan tabungan dengan pengeluaran selama satu minggu

Teknik menabung lain yang disarankan Shallal melibatkan Anda menabung sebanyak yang dibelanjakan selama satu minggu atau lebih.

Setiap kali mengeluarkan 100 ribu untuk berbelanja, Anda harus konsisten untuk memasukkan 100 ribu dalam tabungan Anda. Idenya adalah untuk mencocokkan semua yang dibelanjakan, tetapi juga dapat menyesuaikannya agar tetap pada batas yang ditentukan.

Dengan cara tersebut maka dipastikan Anda akan hemat dan berpikir panjang untuk membelanjakan uang.

6. Tingkatkan kontribusi pensiun tahunan Anda sebesar 1 persen

Menginvestasikan persentase tertentu dari pendapatan Anda dalam program pensiun setiap tahun akan membantu menciptakan masa depan finansial yang aman. Para ahli merekomendasikan target kontribusi tahunan sebesar 15 persen, termasuk kontribusi karyawan atau pemberi kerja.

Meskipun 15 persen mungkin lebih tinggi atau lebih rendah dari yang Anda mampu saat ini, tidak ada salahnya siapa pun untuk menaikkan kontribusi pensiun mereka sebesar 1 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.