Sukses

Bingung Mendapatkan Peluang Kerja? Simak Tips dari HR Emtek

VP Group HR Emtek Pieter Andrian membagian cara mendapatkan peluang kerja

Liputan6.com, Jakarta Peluang kerap menjadi poin penting yang selalu dicari oleh manusia, khususnya pencari peluang kerja. Padahal, ada potensi seseorang untuk bisa selalu dekat dengan peluang.

VP Group HR Emtek Pieter Andrian mengungkap kemungkinan tersebut. Ia memberikan empat poin tambahan yang perlu dimiliki oleh seseorang untuk membuka berbagai peluang.

Yakni, berpikir win-win, atau saling menguntungkan. Lalu, empati, atau memiliki kepedulian dan perhatian. Kemudian, sinergi, atau kinerja yang berkaitan berkesinambungan. Serta excellent service atau kecakapan dalam memberikan pelayanan.

"Ditambah dengan hal yang hari pertama saya sampaikan soal EQ, IQ, SQ, XQ, dan AQ," kata dia dalam rangkaian Emtek Career Festival, Sabtu (6/8/2022).

Menurut Pieter kemampuan itu juga bisa menjadi modal untuk memperkuat superteam yang dimiliki dan dibentuk. Artinya, ada peluang yang lebih besar untuk berkembang.

"Semoga dengan 9 poin tadi, kalian bisa menjadi magnet of opportunity," kata dia.

Pieter berpesan, terkait cara menjaga semangat dalam setiap pekerjaan. Ia juga mengutip sebuah riset soal orang-orang yang bisa bersemangat setiap hari.

"Orang yang selalu semangat, punya energi besar itu adalah yang setiap hari merefleksi diri dan memaafkan diri sendiri dan besoknya dia move on," ujarnya.

"Pemenang bukan yang tak pernah gagal, tapi mereka yang tak pernah quit, berhenti belajar," tambah Pieter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Lainnya

Sebelumnya, Pieter menyinggung soal perkembangan teknologi digital dinilai bakal menggantikan manusia, termasuk di dunia kerja. Namun, ada beberapa poin dari manusia yang tak bisa digantikan oleh teknologi, seperti halnya artificial intelligence (AI) atau rboot.

VR Group HR Emtek Pieter Andrian menyadari adanya potensi manusia digeser keberadaan robot atau AI. Apalagi, pekerjaan robot belakangan ini dinilai membuat pekerjaan menjadi lebih konsisten.

"Ada perubahan yang eksponensial, manusia bisa kalah sama AI, sama robot misalnya, kita bisa istilahnya berkompetisi dengan mereka karena memiliki human only traits," ujar dia dalam Emtek Career Festival, Kamis (4/8/2022).

Menurutnya ada 4 kategori yang dimiliki manusia dan tak ada di AI. Yakni kemampuan emosi, imajinasi, kreativitas, hingga etika.

Keempatnya diterjemahkan dalam Emotional Quotient (EQ), Intelligence Quotient (IQ), Spiritual Quotient (SQ), hingga Execution Quotient (XQ).

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Poin Penting

Keempat hal ini menjadi penting untuk dimiliki, khususnya di dunia kerja yang terus berkembang kedepannya.

Pieter mengisahkan, pada masa kerja beberapa tahun lalu, masih bisa calon pekerja memiliki satu saja di antara empat aspek tersebut.

"Kalau sekarang nggak cukup, minimal punya empat-empatnya. Inilah science of being awesome in workplace," terang dia.

Pieter mengungkap sebagaimana yang diterapkan dalam iklim kerja di Emtek Group, modal awalnya adalah EQ.

Dari sini, akan menjadi stimulasi untuk bisa meningkatkan IQ, SQ, dan akhirnya menetukan tindakan sebagai cerminan XQ.

"Dan ada poin tambahan yaitu AQ atau resilience, untuk jadi lima sempurna, kalau ini gak punya nggak apa-apa, minimal punya empat," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.