Festival Kuliner di Tangerang Diserbu Warga, Transaksi Capai Ratusan Juta

Oleh Pramita Tristiawati pada 05 Agu 2022, 11:31 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 11:31 WIB
Festival kuliner dan pameran kembali digelar dengan memenuhi protokol kesehatan di Tangcity Mall Kota Tangerang
Perbesar
Festival kuliner dan pameran kembali digelar dengan memenuhi protokol kesehatan di Tangcity Mall Kota Tangerang (dok: Pramita)

Liputan6.com, Jakarta Setelah vakum dua tahun lebih, akhirnya berbagai festival kuliner dan pameran kembali digelar dengan memenuhi protokol kesehatan. Tak tanggung, seperti festival kuliner di Tangerang misalnya, langsung dipenuhi masyarakat dengan nilai total transaksi mencapai ratusan juta rupiah dalam sehari.

Festival Kuliner Rame Rame Jajan Kuliner bertemakan Pasar Raya itu, digelar di halaman parkir Tangcity Mall Kota Tangerang. Layaknya pasar jajanan rakyat, berbagai menu dihadirkan dan langsung diserbu masyarakat tiap harinya.

Pihak penyelenggara memulainya sejak pukul 11.00 WIB hingga 22.00 WIB tiap harinya. Berbagai menu jajanan nusantara ala street food, korean food, chines food, sampai jajanan jadul ala tahun '90-an juga disediakan di festival kuliner tersebut.

"Kali ini ada sebanyak tenant 80 tenant yang disediakan, terdiri dari 73 boots makanan, lima food truck" kata Cornelia Agnes, Promo and Event Manager Tangcity Mal, Jumat (5/8/2022).

Disamping itu, pengelola juga mendekor lokasi festival kuliner dengan ala instagramable, sehingga siapapun yang berkunjung bisa berswa-poto. Terlebih saat memasuki area, disambut dengan alunan musik angklung.

Menurut Cornelia, antusias masyarakat sangat terlihat. Sebab, setelah sempat dihentikan dihentikan selama pandemi Covid-19, festival tahunan ini kembali digelar. Sehingga masyarakat langsung menyerbunya.

"Terlihat pada saat weekend lalu, nilai transaksinya itu mencapai ratusan juta rupiah. Dengan transaksi kami gunakan cashless, demi menjaga protokol kesehatan," ungkap Cornelia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


15.290 Nakes di Kota Tangerang Jadi Sasaran Vaksinasi Booster Kedua

Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Tenaga Kesehatan Siloam Hospitals
Perbesar
Petugas medis yang bertugas sebagai vaksinator memvaksin tenaga kesehatan (Nakes) Siloam Hospitals, Tangerang, Rabu (11/8/2021). Vaksin Moderna dosis ketiga yang diterima nakes bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19 sebagai garda depan dalam penanganan pandemi. (Liputan6.com/HO/Firdi)

Sebanyak 15.290 tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Tangerang, menjadi target vaksinasi Covid-19 dosis ke-4 atau booster dosis dua.

Pelaksanaan vaksin Covid-19 ini berdasarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/3615/2022 yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes.

Jenis vaksin yang disiapkan yakni Moderna dan Pfizer atau menyesuaikan dengan vaksin terakhir yang diterima para nakes tersebut, dengan pelaksanaan di tiap fasilitas kesehatan dimana nakes tersebut bertugas.

“Untuk sasaran berdasarkan data dosis ketiga ada kurang lebih 15.290. Nanti tinggal menyesuaikan 6 bulan terakhir yang bisa dibooster,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni, Jumat (5/8/2022).

Lalu, dalam teknis pelaksanaan masing-masing puskesmas nanti bisa mengajukan untuk pelaksanaan vaksinasi booster kedua. Bagi tenaga kesehatan di klinik maupun bidan, juga dapat mengajukan ke puskesmas terdekatnya.

"Jadi silahkan datangi Faskes terdekat dengan tempat bertugas," kata dr Dini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Fokus ke Nakes

Vaksinasi Booster Keempat untuk Nakes
Perbesar
Petugas kesehatan memberikan vaksin booster dosis kedua atau vaksinasi dosis keempat untuk tenaga kesehatan relawan yang bertugas di RSDC, Wisma Atlit, Kemayoran, Jakarta. Rabu (3/8/2022). Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai melaksanakan pemberian vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua bagi para tenaga kesehatan (nakes). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara, perihal vaksin bagi masyarakat, dr Dini menyebut, saat ini belum dilaksanakan karena masih akan fokus untuk tenaga kesehatan terlebih dulu. Dari data yang diperoleh, sebanyak 1.654.060 masyarakat Kota Tangerang telah mendapat vaksin dosis pertama.

Lalu, 1.331.839 masyarakat sudah mendapatkan vaksin kedua. Sedangkan, untuk vaksin ketiga sebanyak 735.485 masyarakat.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya