Sukses

Wings Air Resmi Terbang dari Bandara Pondok Cabe Mulai Besok 5 Agustus 2022

Pada tahap awal, frekuensi penerbangan Wings Air dari Bandara Pondok Cabe hanya sekali dalam seminggu pergi pulang (PP).

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan Wings Air resmi mulai terbang dari Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan pada Jumat, 5 Agustus 2022 besok.

Adapun rute penerbangan maskapai dengan kode penerbangan IW dengan tujuan Jawa Tengah bagian barat – Purbalingga, melalui Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman (PWL). Kemudian Jawa Tengah bagian timur – Cepu Blora, melalui Bandar Udara Ngloram (CPF).

Kepastian ini diungkapkan Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro saat dikonfirmasi.

"Pesawat sudah berada di Bandar Udara Pondok Cabe untuk penerbangan perdana besok," ujar dia di Jakarta, Kamis (4/8/2022),

Dia mengatakan jika Wings Air optimis, operasional dan layanan penerbangan dari dan ke destinasi baru tersebut akan mendukung kelancaran transportasi udara serta berkontribusi terhadap pergerakan perekonomian.

Pada tahap awal, frekuensi penerbangan Wings Air dari Bandara Pondok Cabe hanya sekali dalam seminggu pergi pulang (PP).

Terdapat beberapa nilai lebih yang diharapkan bisa terjadi saat penerbangan ini terlaksana baik bagi masyarakat, wisatawan dan pebisnis.

Mulai dari memperpendek jarak antardaerah, mempersingkat waktu perjalanan. Kemudian menarik kunjungan pebisnis dan wisatawan dan pengembangan potensi daerah berbasis kearifan lokal.

"Wings Air optimis, operasional dan layanan penerbangan dari dan ke destinasi baru tersebut akan mendukung kelancaran transportasi udara serta berkontribusi terhadap pergerakan perekonomian,"  jelas Danang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Penerbangan

Pada tahap awal, frekuensi penerbangan Wings Air dari Bandara Pondok Cabe hanya sekali dalam seminggu pergi pulang (PP).

Berikut jadwal penerbangan Wings Air di Bandara Pondok Cabe:

1. Kota Asal: Pondok Cabe (PCB) 

Kota Tujuan: Purbalingga (PWL) 

No. Terbang: IW-1710

Jadwal Berangkat: 08.20 

Jadwal Tiba: 09.30

Frekuensi:  Setiap Jumat

 

2. Kota Asal: Purbalingga (PWL)

Kota Tujuan:  Pondok Cabe (PCB) 

No. Terbang: IW-1711

Jadwal Berangkat: 09.50 

Jadwal Tiba: 11.00

Frekuensi:  Setiap Jumat

 

3. Kota Asal: Pondok Cabe (PCB) 

Kota Tujuan:  Cepu Blora (CPF)

No. Terbang: IW-1910

Jadwal Berangkat: 11.20

Jadwal Tiba: 12.55

Frekuensi:  Setiap Jumat

 

4. Kota Asal: Cepu Blora (CPF) 

Kota Tujuan:  Pondok Cabe (PCB) 

No. Terbang: IW-1911

Jadwal Berangkat: 13.15

Jadwal Tiba: 14.45

Frekuensi:  Setiap Jumat

3 dari 4 halaman

Pesawat Dipakai

Pada penerbangan di Bandara Pondok Cabe, Wings Air mengoperasikan pesawat ATR 72-600 dan ATR 72-500.

ATR (Aerei da Trasporto Regionale atau Avions de transport régional) merupakan perusahaan pesawat terbang buatan Prancis-Italia.

"Seluruh operasional dan layanan penerbangan dijalankan menurut ketentuan yang berlaku, memenuhi aspek-aspek yang memenuhi keselamatan, keamanan serta sebagaimana pedoman protokol kesehatan," jelas Danang.

Dia menyebutkan berbagai keunggulan pesawat ATR 72:1. Didesain dengan daya angkut 72 kelas ekonomi, konfigurasi atau tata letak 2-2.2.

Kualitas udara segar (fresh) terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabinyang tinggi, sehingga siklus udara terjamin bersih.

Udara di kabin akan selalu diperbaharui dalam waktu 5 sampai dengan 7 menit yang menjamin udara dalam kabin tetap segar

Kemudian Aliran udara dari atas (langit-langit kabin) bergerak satu arah ke bawah (lantai), yang meminimalkanpergerakan udara ke depan dan arah belakang pada kabin (blown transversally and vertically).

Serta proses masuk dan keluar penumpang dari pesawat udara secara berurutan guna meminimalkan kepadatan.

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Lain

Pada pesawat ATR, naik dan turun dari pintu bagian belakang. Hal ini akan meminimalisir interaksi bertatapan langsung (face to-face) antara penumpang.

Area dapur (galley) yang terletak dibagian belakang juga meminimalkan interaksi tatap muka antara penumpang dan awak kabin.

Tingkat kenyamanan lebih terasa selama penerbangan karena dibekali interior yang dirancang lebihfuturistik, dapat bersantai ketika di kabin, bisa bekerja atau hanya menikmati perjalanan denganmelihat pemandangan karena pesawat mampu terbang rendah.

ATR 72 adalah pesawat berteknologi canggih di kelasnya yang didesain tepat melayani penerbangan jarak pendek hingga setingkat kecamatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.