Sukses

Hadapi Transisi Energi, Pemerintah dan Pengusaha Perlu Atur Strategi Soal SDM

Rencana transisi energi Indonesia akan memberikan dampak yang substansial bagi pengelolaan SDM agar tetap efektif dan relevan

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah dan perusahaan dinilai harus menyiapkan strategi yang tepat dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi transisi energi Indonesia 2030-2050.

Rencana transisi energi Indonesia akan memberikan dampak yang substansial bagi pengelolaan SDM agar tetap efektif dan relevan sehingga mampu mendorong keberhasilan transisi energi Indonesia sesuai dengan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Ini diungkapkan Dony Indrawan, Psikolog dan praktisi SDM yang telah berkecimpung di industri energi baik di level nasional maupun global, dalam sharing session bertajuk “Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Menyambut Transisi Energi Indonesia,” yang diselenggarakan oleh Energy & Mining Editor Society (E2S) secara virtual di Jakarta, Rabu malam (3/8/2022).

 “Tanpa melakukan perubahan dalam pengelolaan SDM, khususnya SDM energi, proses transisi diperkirakan berjalan lambat dan bauran energi hanya akan menjadi impian dan cita-cita yang semu saja,” ujar dia.

Penyiapan SDM ini mengambil peran yang strategis sebagai penggerak dan pelaksana transisi energi tersebut. 

Dony menjelaskan bahwa rencana dan pelaksanaan transisi energi adalah sebuah keniscayaan bagi Indonesia saat ini dan di masa mendatang.

“Dengan kesenjangan yang semakin tinggi antara kemampuan menyediakan energi yang berasal dari fosil seperti minyak dan gas bumi, serta kebutuhan energi yang semakin bertambah hingga 2030 sampai 2050, Indonesia harus menetapkan posisi yang tepat guna mendorong kesiapan melaksanakan transisi energi ini sedini mungkin dengan membuat strategi yang tepat, termasuk strategi dalam pengelolaan SDM energi,” jelas Dony yang pernah bertugas sebagai praktisi HR di Kantor Pusat Chevron di Texas, Amerika Serikat.

Menurut Dony, minimal ada tiga strategi utama bagi pemerintah untuk menyiapkan SDM yang akan menunjang keberhasilan rencana transisi energi ini.

Pertama, melakukan perubahan kebijakan SDM energi yang selaras dengan RUEN. Hal ini berkaitan dengan kebijakan penyiapan dana, infrastruktur, kurikulum, dan penyiapan SDM potensial untuk pengembangan ilmu dan teknologi, termasuk riset-riset dan pemanfaatan praktik terbaik di dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi yang berfokus pada energi baru dan terbarukan, serta pengembangan pemanfaatan energi fosil yang lebih maju dan ramah lingkungan.

“Energi fosil akan tetap memegang peran penting pada 2050 sehingga perlu strategi pengembangan SDM yang relevan dengan tuntutan green economy serta prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG),” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hal Lain

Kedua, mengubah demografi keahlian SDM energi Indonesia. Proses untuk menjadikan seseorang ahli di sektor energi bukanlah proses satu malam sehingga diperlukan data yang akurat untuk menetapkan jumlah kebutuhan ahli/tenaga profesional berdasarkan bidang-bidang keahlian yang dipetakan secara realistis dalam bauran energi Indonesia.

“Setelah itu, baru kita bisa mengembangkan proses untuk mentransisikan SDM energi saat ini dan generasi selanjutnya dalam mendukung terciptanya demografi keahlian yang diinginkan sejalan dengan tata waktu transisi energi,” katanya.

Ketiga, mengubah mindset SDM dalam pemanfaatan energi. Rencana transisi energi dan bauran energi tidak akan berjalan mulus tanpa melakukan perubahan mindset masyarakat secara luas dan para pelaku utama dalam industri atau sektor energi ini.

Untuk menunjang perubahan mindset ini, pemerintah sebaiknya mulai terus mengkampanyekan pentingnya pemanfaatan energi fosil yang bijak serta mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan secara berimbang dan juga agresif.

”Masyarakat dan pelaku industri energi diberikan keyakinan bahwa pemanfaatan energi berdasarkan rencana bauran energi yang ada akan tetap menghasilkan value (nilai) yang diharapkan sebagaimana yang telah mereka nikmati selama ini bahkan mampu memberikan manfaat yang lebih baik lagi,” ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Rencana Bisnis

Sementara bagi Perusahaan, khususnya di sektor energi, Dony yang kini berkarier di Pertamina, menjelaskan perusahaan perlu menyiapkan rencana bisnis yang tepat dan relevan dengan rencana transisi energi dan bauran energi Indonesia.

Ini sekaligus menyiapkan strategi yang tepat dalam pengelolaan SDM agar SDM perusahaan mampu memainkan peran yang lebih jelas dan vital dalam melaksanakan transisi perusahaan untuk mengembangkan bisnis energi baru yang lebih menjanjikan di masa mendatang.

“Agar berhasil, perusahaan harus membuat strategi yang tepat, yaitu pertama, melakukan perubahan kebijakan talent acquisition and development untuk mengimbangi kebutuhan atas talenta yang berubah sejalan dengan transisi energi ini sehingga memperoleh talenta yang sesuai dan unggul. Kebijakan ini harus mampu membuat perusahaan lebih fleksibel dalam merekrut kandidat yang berpotensi mudah untuk dikembangkan menjadi motor transisi energi dan perubahan bisnis perusahaan,” terang Dony.

Strategi perusahaan yang kedua, lanjut Dony, adalah mentransformasi Program Pengembangan dan Pelatihan perusahaan sehingga mampu memenuhi kebutuhan bisnis yang akan datang tanpa kehilangan kesempatan untuk terus memperkuat bisnis perusahaan saat ini.

”Jika terlambat mentransisikan program pengembangan dan pelatihan ini, ketika perusahaan sudah masuk ke bisnis energi baru, SDM perusahaan hanya mampu menjalankan peran yang minimal sehingga bisa diprediksi perkembangan bisnis energi baru perusahaan akan berjalan lambat bahkan mungkin terkendala,” katanya.

 

4 dari 4 halaman

Strategi Lain

Dony menambahkan, perusahaan harus menerapkan strategi ketiga, yaitu menjalankan transisi kebijakan penilaian kinerja dan remunerasi, sehingga akan siap pada waktunya. Bisnis baru bukan berarti tidak menarik dari sisi remunerasi, justru seharusnya bisa menawarkan aspek yang lebih menarik bagi pekerja karena bisnis ini akan menjadi bisnis utama Perusahaan di masa mendatang.

”Setiap pekerja yang potensial dan berpeluang menjadi motor penggerak karena keahlian yang mudah ditransformasikan ke dalam bisnis energi baru layak diberikan penawaran yang menarik sehingga merasakan nilai dari keahlian yang sudah dimiliki dan tantangan yang akan dihadapinya,” imbuhnya.

Pada akhir sharing session Dony menyimpulkan bahwa rencana transisi energi Indonesia adalah hal yang patut didorong oleh seluruh pihak, baik pemerintah, perusahaan, dan masyarakat. Sumber daya energi Indonesia yang melimpah sudah semestinya menjadi jalan keluar bagi kesenjangan pemenuhan kebutuhan energi nasional, namun tentunya untuk mengembangkan energi baru dan terbarukan diperlukan SDM yang handal dan unggul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.