Sukses

Pekerja Bakal Diganti Robot, Bos HR Emtek Bongkar Strategi Berkompetisi

Ada 4 kategori yang dimiliki manusia dan tak ada di AI. Yakni kemampuan emosi, imajinasi, kreativitas, hingga etika.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi digital dinilai bakal menggantikan manusia, termasuk di dunia kerja. Namun, ada beberapa poin dari manusia yang tak bisa digantikan oleh teknologi, seperti halnya artificial intelligence (AI) atau rboot.

VR Group HR Emtek Pieter Andrian menyadari adanya potensi manusia digeser keberadaan robot atau AI. Apalagi, pekerjaan robot belakangan ini dinilai membuat pekerjaan menjadi lebih konsisten.

"Ada perubahan yang eksponensial, manusia bisa kalah sama AI, sama robot misalnya, kita bisa istilahnya berkompetisi dengan mereka karena memiliki human only traits," ujar dia dalam Emtek Career Festival, Kamis (4/8/2022).

Menurutnya ada 4 kategori yang dimiliki manusia dan tak ada di AI. Yakni kemampuan emosi, imajinasi, kreativitas, hingga etika.

Keempatnya diterjemahkan dalam Emotional Quotient (EQ), Intelligence Quotient (IQ), Spiritual Quotient (SQ), hingga Execution Quotient (XQ).

Keempat hal ini menjadi penting untuk dimiliki, khususnya di dunia kerja yang terus berkembang kedepannya.

Pieter mengisahkan, pada masa kerja beberapa tahun lalu, masih bisa calon pekerja memiliki satu saja di antara empat aspek tersebut.

"Kalau sekarang nggak cukup, minimal punya empat-empatnya. Inilah science of being awesome in workplace," terang dia.

Pieter mengungkap sebagaimana yang diterapkan dalam iklim kerja di Emtek Group, modal awalnya adalah EQ.

Dari sini, akan menjadi stimulasi untuk bisa meningkatkan IQ, SQ, dan akhirnya menetukan tindakan sebagai cerminan XQ.

"Dan ada poin tambahan yaitu AQ atau resilience, untuk jadi lima sempurna, kalau ini gak punya nggak apa-apa, minimal punya empat," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Menyalahkan BOSS

Lebih lanjut, Pieter mengatakan, salah satu yang paling penting adalah berpegang pada satu prinsip. Yakni 'Jangan menyalahkan BOSS'.

BOSS disini merupakan singkatan dari Barang, Orang, Situasi, dan Segala sesuatu. Menurutnya, empat hal ini bukan jadi objek yang bisa disalahkan terkait dengan kinerja di dunia kerja.

"Sadar diri yang penting, kekuatannya apa, kelemahannya apa, apasih yang jadi passion kita, itu kita sadar dii, kita tahu apa sih yang mau kita lakukan kedepannya," bebernya.

Dengan berpegang pada 'Jangan menyalahkan BOSS', itu bisa jadi bukti penguasaan emosional. Artinya, ada kendali diri atas emosi dalam menjalani pekerjaan.

"Begitu kita nyalahin BOSS berarti kita tak lulus EQ pasti kita tak masuk kriteria berikutnya. Kalau kita gak nyahin BOSS, itu berkembang, IQ berkembang, SQ berkembang, dan bisa ambil tindakan," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.