Sukses

Inilah Para Pemain NBA Terkaya di Dunia 2022, Siapa Saja?

Berikut ini deretan pemain NBA terkaya 2022 berdasarkan penilaian Celebrity Net Worth dan Forbes

Liputan6.com, Jakarta National Basketball Association alias NBA telah ada selama lebih dari 75 tahun dan popularitas globalnya terus tumbuh.

Beberapa pemain olahraga terhebat telah melambung ke superstardom melalui NBA dengan beberapa orang bahkan berhasil mencapai status miliarder.

Meskipun lembaga ini hanya beroperasi di Amerika Utara, permainannya berhasil mengumpulkan penggemar dari berbagai dunia.

Penampilannya bahkan bisa diakses melalui platform media sosial NBA yang mampu meraup jutaan pemirsa. Alhasil hal itu dapat meningkatkan lebih banyak pendapatan iklan bagi perusahaan.

Hal yang sama berlaku untuk para pemain yang telah menjadi penerima manfaat dari beberapa kesepakatan atlet bayaran paling sukses dalam sejarah.

Misalnya LeBron James yang dilaporkan menghasilkan 50 juta dolar AS setahun hanya dari Nike. Sementara itu, Michael Jordan menghasilkan dua kali lipat setiap tahun dari perusahaan sepatu yang sama, menurut Forbes.

Jadi siapa saja kira-kira pemain NBA terkaya tahun 2022?

Berikut ini deretan pemain NBA terkaya 2022 berdasarkan penilaian Celebrity Net Worth dan Forbes seperti melansir South China Morning Post, Kamis (4/8/2022).

8. Kevin Durant, Russell Westbrook, Luol Deng, David Robinson – USD 200 juta

Keempat wajah ini masing-masing memiliki simpanan USD 200 juta.

Kevin Durant saat ini adalah salah satu dari lima pemain bola basket dengan bayaran tertinggi di liganya dengan gaji USD 42 juta per tahun, menurut Celebrity Net Worth.

Dia pindah dari Golden State Warriors ke Brooklyn Nets pada 2019. Pemain setinggi 2,06 meter itu juga merupakan investor teknologi dan telah mengumpulkan banyak dukungan dengan orang-orang seperti Nike, Google, dan Beats oleh Dr Dre, menurut Sportskeeda.

Sementara itu, Russell Westbrook menghasilkan jutaan melalui permainan serta kesepakatan dukungan yang menguntungkan, termasuk dengan merek Nike, Pepsi dan Samsung, menurut Sportskeeda.

Pada bulan Juni lalu, ia mengkonfirmasi penandatanganan kembali dengan LA Lakers dengan gaji USD 47 juta, tetapi penduduk asli California ini juga memiliki portofolio properti yang kuat. Dia bahkan pernah membeli rumah ayah Kourtney Kardashian Scott Disick di LA.

Adapun pemain bola basket Inggris kelahiran Sudan Luol Deng yang saat ini bermain untuk LA Lakers, tetapi sebelumnya bermain di Cleveland Cavaliers dan Miami Heat.

Selain penghasilan gajinya yang mencapai USD 136 juta hingga saat ini, Deng juga telah membangun kerajaan properti hotel, resor, dan gedung apartemen senilai USD 125 juta, menurut Celebrity Net Worth.

Terakhir ada David Robinson yang menjadi alumni San Antonio Spurs. Dia telah memenangkan dua kejuaraan NBA, dua medali emas Olimpiade, dan menjadi bagian dari Hall of Fame olahraga pada tahun 2009.

Dia pensiun pada tahun 2003 dan kemudian menjadi seorang filantropis, pemodal ventura dan penasihat. Forbes melaporkan, dia telah mengakuisisi aset properti senilai USD 350 juta.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7. Grant Hill – USD 250 juta

Grant Hill termasuk mantan pemain NFL Calvin Hill. Dia bermain untuk Detroit Pistons, Orlando Magic, Phoenix Suns dan Los Angeles Clippers sebelum pensiun pada 2013.

Selain memiliki saham minoritas di tim NBA Atlanta Hawks, Hill mengumpulkan kekayaannya sebesar USD 250 juta melalui dukungan, seperti kesepakatan tujuh tahun senilai USD 80 juta yang dia tandatangani pada tahun 1997 dengan Fila.

Kemudian berubah menjadi kesepakatan seumur hidup di mana dia sekarang dibayar USD 10 juta per tahun untuk terus mendukung perusahaan. Sebagai informasi, dia juga pernah bekerja dengan McDonald's, Tag Heuer , Adidas dan AT&T.

6. Hakeem Olajuwon – USD 300 juta

Lahir di Nigeria, Olajuwon pindah ke AS untuk mengejar mimpi menjadi pemain bola basket. Selain bermain untuk tim Olimpiade AS – yang saat itu dijuluki “Tim Impian II” – pemain profesional yang sekarang sudah pensiun ini adalah orang non-Amerika pertama yang mendapatkan kehormatan MVP.

Sejak itu dia pindah untuk berinvestasi di pasar properti Houston dan menumpuk jutaan di real estat. Dia mengatakan bahwa lebih memilih untuk membeli rumah di Texas karena dia memiliki "keuntungan home-court", menurut The Sports Rush.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 4 halaman

5. Shaquille O'Neal, Vinnie Johnson – USD 400 juta

O'Neal dan Johnson sekarang sudah pensiun dari olahraga dan memiliki kekayaan bersih yang sama hampir setengah miliar dolar.

Selama karir NBA, O'Neill menghasilkan hampir USD 300 juta dari akumulasi pendapatan gaji saja. Bahkan hingga hari ini dia masih menghasilkan USD 60 juta per tahun dalam bentuk endorsement, menurut Celebrity Net Worth.

Bintang setinggi 2,16 meter ini telah berkecimpung dalam musik, podcasting, reality TV, video game, dan bahkan gulat.

Di sisi lain, karena dijuluki "microwave" berkat kemampuannya untuk "memanaskan" tim penyerang, Vinnie Johnson dua kali memenangkan kejuaraan NBA bersama Detroit Pistons dan sejak itu mendirikan perusahaan mobilnya sendiri, Piston Group. Dia berhasil mengantongi pendapatan hampir USD 3 miliar per tahun, menurut Forbes.

4. Ulysses “Junior” Bridgeman – USD 600 juta

Karier Ulysses Bridgeman selama 12 tahun di bola basket tentu saja merupakan hal yang terhormat.

Akan tetapi, mengingat bahwa USD 350.000 adalah cek gaji terbesarnya, bagaimana dia bisa mengumpulkan kekayaan bersih USD 600 juta? Ternyata itu semua berkat investasinya yang sangat cerdas dalam rantai makanan.

Setelah meninggalkan olahraga, Bridgeman mulai membeli waralaba makanan cepat saji Wendy's dan Chili.

Pada 2016, Bridgeman Foods Inc. mengoperasikan lebih dari 160 lokasi Wendy's dan 120 Chili, menurut Celebrity Net Worth.

Dia menjual kerajaan bisnisnya yang mengesankan pada tahun 2016. Kemudian pada tahun 2017, dia menjadi CEO Perusahaan Pembotolan Coca-Cola Heartland.

Dia saat ini bernilai USD 600 juta, jumlah yang sama dengan nilai mendiang legenda bola basket Kobe Bryant sebelum kematiannya.

 

4 dari 4 halaman

3. Magic Johnson – USD 620 juta

Johnson memulai awal yang baik dengan Los Angeles Lakers karena memenangkan lima kejuaraan NBA dan mendapatkan gelar Pemain Paling Berharga NBA tiga kali.

Tapi hidup memberinya tangan yang sulit ketika ia tertular HIV pada tahun 1991 di puncak kariernya. Dia kembali sebagai pelatih dua tahun kemudian dan mencoba kembali sebelum pensiun pada tahun 1996.

Dia mendirikan Magic Johnson Enterprises yang sekarang bernilai lebih dari USD 1 miliar, menurut Celebrity Net Worth. Ia memiliki studio film, teater, dan perusahaan pemasaran.

2. LeBron James – USD 1,2 miliar

Membuat sejarah sebagai miliarder NBA aktif pertama, LeBron James bergabung dengan pemain golf Tiger Woods – yang merupakan satu-satunya atlet miliarder lain yang belum pensiun – dan juga meminta agennya, pacar Adele, Rich Paul, untuk berterima kasih sebagian atas kesuksesannya.

Legenda setinggi dua meter itu adalah juara NBA empat kali dengan dua medali Olimpiade yang telah menerima gaji lebih dari USD 385 juta dari 19 tahun kariernya bersama Lakers, Cleveland Cavaliers dan Miami Heat, menurut ESPN. Tapi, seperti kebanyakan atlet, sebagian besar kekayaannya berasal dari kesepakatan di luar lapangan.

James menandatangani kontrak tujuh tahun dengan Nike yang kemudian diperpanjang menjadi kontrak seumur hidup pada tahun 2015.

Dengan jutaan uang untuk diinvestasikan, dia memasukkan uang ke properti dan memiliki saham di perusahaan termasuk Blaze Pizza, Fenway Sports Group dan perusahaan produksinya sendiri, SpringHill Entertainment, yang mendukung Space Jam: A New Legacy, yang juga ia bintangi. Menurut Forbes , kekayaan bersihnya saat ini menyentuh USD 1,2 miliar pada 2022.

1. Michael Jordan – USD 1,7 miliar

Menurut Forbes, Michael Jordan adalah pemain NBA terkaya dengan kekayaan bersih yang sangat besar sebesar yaitu sekitar USD 1,7 miliar.

Dia memperoleh gaji USD 90 juta selama berkarier dalam dunia bola basketnya. Akan tetapi, dia dilaporkan menghasilkan USD 1,8 miliar (sebelum pajak) untuk kesepakatan dukungan dari merek-merek seperti Nike, Gatorade, dan Hanes.

Ayah lima anak ini menggunakan uangnya untuk berinvestasi di perusahaan taruhan DraftKings dan bahkan memiliki tim Nascar sendiri. Dia juga memiliki tim NBA Charlotte Hornets, di mana dia menjual saham minoritas senilai USD 1,5 miliar.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.