Dukung ASEAN Para Games, AP I Sediakan Banyak Fasilitas di Bandara Adi Soemarmo

Oleh Arief Rahman Hakim pada 03 Agu 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 03 Agu 2022, 11:30 WIB
Bandara Adi Soemarmo
Perbesar
Bandara Adi Soemarmo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta Angkasa Pura I memastikan fasilitas di Bandara Adi Soemarmo, Solo layak dalam menyambut gelaran ASEAN Para Games. Utamanya mengenai skema kedatangan dan keberangkaram atlet hingga delegasi.

1.657 orang atlet peserta ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 dari sejumlah negara telah tiba di Solo melalui Bandara Adi Soemarmo dari tanggal 23 - 27 Juli 2022, baik menggunakan pesawat reguler maupun direct charter flight. Diantaranya dari Indonesia, Laos, Timor Leste, Kamboja, Brunei Darussalam, Myanmar, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

“PT Angkasa Pura I senantiasa memberikan dukungan yang optimal demi kelancaran pelaksanaan kegiatan ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 sejak sebelum kegiatan berlangsung sampai dengan kegiatan selesai," kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmia dalam keterangan resmi, Rabu (3/7/2022).

Dukungan yang diberikan diantaranya pelayanan penanganan para peserta mulai dari mempersiapkan skema flow kedatangan dan keberangkatan di terminal maupun di sisi udara. Kemudian mempersiapkan flow dan skema pelayanan angkutan darat peserta.

Serta berkoordinasi dengan pihak maskapai dan groundhandling dalam hal pelayanan selama penerbangan.

Angkasa Pura I juga menyediakan fasilitas pendukung kegiatan operasional kedatangan maupun keberangkatan di bandara. Meliputi penyediaan area registrasi di area kedatangan, penerbitan izin akses area terminal (pas masuk bandara panitia).

Kemudian, penerbitan izin akses parkir kendaraan panitia, penyediaan area transport point, dan penyediaan area tunggu bagi peserta/atlet di area kedatangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Fasilitas Lainnya

Bandara Adi Soemarmo
Perbesar
Penumpang saat akan memasuki terminal keberangkatan di Bandara Adi Soemarmo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Selain itu Angkasa Pura I memastikan kesiapan fasilitas difabel yaitu ramp akses kursi roda atau pada area keberangkatan dan kedatangan. Lalu, penyediaan toilet difabel pada area keberangkatan dan kedatangan sebanyak 10 titik.

Kemudian fasilitas special needs service holding room yang berada di area check-in. Serta penyiapan marka untuk kendaraan penumpang difabel.

“Sebelum kegiatan ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 berlangsung, Angkasa Pura I juga telah berpartisipasi dalam hal penyediaan fasilitas publikasi dan sosialisasi kegiatan tersebut dengan menyediakan penggunaan space iklan selama kegiatan berlangsung, penggunaan monitor display dan penyediaan titik penempatan roll banner dan T-Banner di area terminal,” jelas Faik.

Faik menyebut pihaknya bersama seluruh stakeholders terkait berkomitmen untuk bersama-sama memastikan kelancaran operasional serta fasilitas pendukung kegiatan operasional. Termasuk mengantisipasi potensi risiko yang dapat mempengaruhi kelangsungan perhelatan olahraga ASEAN Para Games 2022 yang berada di area operator bandara seperti kemungkinan terjadinya penumpukan penumpang di area terminal.

“Melalui berbagai upaya yang kami lakukan ini diharapkan dapat mendukung pelaksanaan dan kelancaran perhelatan olahraga ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 serta mendukung keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan kesehatan bagi seluruh pengguna jasa yang akan datang maupun berangkat dari Bandara Adi Soemarmo Solo,” tutup Faik.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Diskon Garuda Indonesia

Garuda Indonesia
Perbesar
Ilustrasi maskapai penerbangan Garuda Indonesia saat berhenti di apron Bandara Adi Soemarmo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

PT Garuda Indonesia Tbk berkomitmen mendukung kiprah Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan event internasional, salah satunya melalui melalui gelaran ASEAN Para Games di Solo pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Dukungan yang diberikan oleh Garuda Indonesia melalui pemberian potongan harga khusus hingga 20 persen baik untuk rute domestik maupun internasional bagi seluruh atlet, kontingen dan official atlet yang akan terbang dari dan menuju Solo dan Semarang.

Garuda Indonesia juga menyediakan dedicated counter check-in untuk mempermudah aksesibilitas proses pre-flight bagi seluruh atlet, kontingen dan official tersebut; bagasi untuk sport equipment sebesar 23 kg serta tambahan 5 kg bagi tiap penumpang guna menunjang para atlet membawa peralatan olahraga; hingga penerapan fleksibilitas dalam perubahan tiket bagi atlet, kontingen dan official yang akan berpartisipasi dalam perlehatan tersebut.

 


Komitmen

Garuda Indonesia Tutup 97 Rute Penerbangan
Perbesar
Pesawat Garuda terparkir di landasan pacu Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Banten, Rabu (17/11/2021). Maskapai Garuda Indonesia akan menutup 97 rute penerbangannya secara bertahap hingga 2022 mendatang bersamaan dengan proses restrukturisasi yang tengah dilakukan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pemberian benefit khusus tersebut merupakan wujud komitmen Garuda Indonesia sebagai maskapai pembawa bendera bangsa untuk turut menyukseskan misi Indonesia sebagai tuan rumah event internasional yang berlangsung dua tahun sekali ini.

"Merupakan sebuah kebanggaan tesendiri bagi kami untuk turut memberikan kontribusi terbaik kami terhadap kelancaran mobilitas pada atlet kebanggaan dunia dengan berbagai cerita inspiratifnya pada pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 melalui layanan penerbangan yang aman, nyaman dan sehat." Papar Irfan dalam keterangan tertulis, Rabu (27/7/2022).

Dengan kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 2000 peserta dari mancanegara ini, kiranya Garuda Indonesia tidak hanya dapat memberikan nilai tambah bagi para atlet, kontingan dan official yang akan berpartisipasi dalam perlehatan tersebut namun juga diharapkan dapat berkontribusi pada kebangkitan olahraga serta ekosistem pariwisata kota Solo, Semarang dan sekitarnya.

"Dukungan terhadap gelaran ASEAN Para Games ini juga menjadi bagian dari komitmen berkelanjutan kami dalam menjalankan manifestasi Garuda untuk memperkuat nilai nilai inklusivitas dalam semangat sportivitas atlet ASEAN Para Games", tutup Irfan.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya