Menko Airlangga: Program Kartu Prakerja Belum Sempurna

Oleh Tira Santia pada 03 Agu 2022, 09:30 WIB
Diperbarui 03 Agu 2022, 09:30 WIB
Prakerja 2022
Perbesar
Program Kartu-Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, mengatakan program Kartu Prakerja masih perlu disempurnakan.

"Saya berharap program ini mendapat ruang untuk terus memperbaiki diri di masa mendatang," kata Menko Airlangga dikutip dari Instagram @prakerja.go.id, Rabu (3/8/2022).

Dia menjelaskan, banyak agenda pembangunan global diakselerasi oleh Program Kartu Prakerja seperti lifelong learning. pemberdayaan perempuan, pengurangan ketimpangan dan kemitraan untuk inklusi keuangan. Dia berharap program ini dapat direplikasi di negara lainnya.

Adapun dampak Program Kartu Prakerja yang sejalan dengan agenda pembangunan global menjadi kunci, hal itu disampaikan pada acara Rilis Laporan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) 2021, 27 Juli 2022 lalu.

"Ini merujuk pada data-data hasil riset yang dilakukan oleh beberapa lembaga seperti J-PAL SEA, TNP2K, Presisi Indonesia, BPS, Cyrus Network, CSIS Indonesia, dan Bank Dunia serta survei mandiri yang dilakukan MPPKP," ujarnya.

Menurut Airlangga, layaknya sebuah startup, Program Kartu Prakerja masih akan bergerak lincah dengan terus mengevaluasi capaian yang sudah ada serta terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Memasuki Gelombang 39

Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id
Perbesar
Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id

Diketahui, Pemerintah secara resmi membuka Pendaftaran Program Kartu Prakerja melalui situs resmi www.prakerja.go.id. pada April 2020.

Program Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19.

Hingga kini, gelombang kartu Prakerja telah memasuki gelombang 39. Program ini terus mengalami perbaikan untuk memudahkan calon peserta dan peserta kartu Prakerja dalam mengaksesnya, salah satunya fitur verifikasi wajah liveness yang merupakan inovasi terbaru dari program ini.

Fitur Liveness ini merupakan pengembangan tahapan verifikasi muka sebelumnya yang menggunakan metode selfie/swafoto saja.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kartu Prakerja Gelombang 39 Dibuka, Ini Link dan Cara Daftarnya

Kartu Prakerja
Perbesar
Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja Gelombang 39 resmi dibuka. Masyarakat pun sudah bisa mulai mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan berbagai manfaat dari program ini seperti pelatihan, hingga insentif Prakerja.

Bagi kamu yang ingin mengikuti atau mendaftar program Kartu Prakerja Gelombang 39 ini, kamu dapat memulainya dengan membuat akun di laman prakerja.go.id. Berikut langkah-langkahnya mendaftarkan diri dan membuat akun Prakerja.

1. Buka situs prakerja.go.id dan klik "Daftar Sekarang" atau melalui https://dashboard.prakerja.go.id/daftar

2. Masukkan alamat email dan password atau kata sandi, lalu klik Daftar

3, Buka email notifikasi yang dikirim ke emailmu dan lakukan verifikasi

4. Pendaftaran berhasil, dan kamu sudah membuat akun Kartu Prakerja

 


Tahapan Pendaftaran

Kartu Prakerja. Dok Prakerja.go.id
Perbesar
Kartu Prakerja. Dok Prakerja.go.id

Setelah membuat akun, kamu lalu dapat melanjutkan ke tahap pendaftaran Kartu Prakerja melalui langkah-langkah berikut ini:

1. Setelah berhasil daftar akun dan login ke akun kamu, kamu akan diarahkan ke laman verifikasi KTP. Isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir kamu, lalu klik Lanjut

2. Lengkapi data diri kamu. Pastikan data yang kamu masukkan sudah sesuai.

3. Saat kamu memasukkan alamat sesuai KTP, pastikan alamat yang kamu masukkan sudah sama persis dengan kolom "Alamat" di KTP

4. Pastikan juga nama lengkap dan nama ibu kandung yang kamu masukkan sudah sesuai.

5. Untuk dapat melanjutkan ke verifikasi foto e-KTP, kamu harus mengambil foto dari handphone kamu. Jika kamu mengakses dengan komputer, segera lanjutkan pendaftaran melalui browser HP.

6. Perhatikan ketentuan saat mengunggah foto KTP yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP kamu berjalan lancar. Pastikan juga kamu mengunggah foto yang diambil langsung dari kamera HP.

7. Sesuaikan foto yang kamu ambil dengan memperhatikan panduan

8. Jika foto KTP kamu untuk daftar Kartu Prakerja sudah sesuai ketentuan, klik Gunakan Foto. Tunggu sesaat sampai sistem selesai memverifikasi foto KTP yang diunggah.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya