Warga Illinois Memang Lotere Hampir Rp 20 Triliun, Terbesar Ketiga dalam Sejarah AS

Oleh Liputan6.com pada 07 Agu 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 07 Agu 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi menang lotre (pexels)
Perbesar
Ilustrasi menang lotre (pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu penduduk dari negara bagian di Amerika Serikat (AS) tepatnya Negara Bagian Illinois mungkin akan segera menjadi crazy rich dadakan. Alasannya, dia telah beruntung memenangkan undian lotere Mega Millions senilai USD 1,337 miliar atau sekitar Rp 19,98 triliun (estimasi kurs Rp 14.946 per dolar AS).

Menurut pejabat pengundian lotere, nomor pemenang yaitu 13, 36, 45, 57, 67 dan Mega Ball emas 14 cocok dengan satu tiket yang dijual di pompa bensin Speedway di Des Plaines, Illinois, kira-kira 17 mil barat laut Chicago.

Namun Direktur Departemen Lotere Illinois Harold Mays mengatakan pada konferensi bahwa pemenang lotere tersebut sampai saat ini belum mengklaim hadiah.

“Kami tidak tahu apakah mereka tahu atau tidak bahwa mereka memenangkan hadiah,” kata Mays seperti dikutip dari dari CNBC, Minggu (7/8/2022).

“Jadi, saya mendorong semua orang untuk memeriksa tiket Anda.” lanjut dia. 

Sekadar informasi, hadiah jackpot ini menempati peringkat sebagai hadiah lotere tertinggi ketiga dalam sejarah AS. Pemenangnya diperkirakan akan memperoleh USD 780,5 juta sebagai uang tunai sekaligus atau menerima pembayaran dalam anuitas selama 30 tahun ke depan.

Jika pemenang memilih opsi lump sum yang lebih popular, seperti yang disarankan oleh investor “Shark Tank” Kevin O’Leary, dia harus memperhitungkan pemotongan pajak federal wajib sebesar 24 persen. Pemenang kemungkinan juga akan berutang pajak penghasilan negara bagian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penghasilan Kena Pajak

Lotere Hadiah Rp 6,25 Triliun Akan Diundi. Anda Mau Ikut?
Perbesar
Pengundian lotere Powerball di AS akan dilakukan dengan hadiah mencapai Rp 6,25 triliun

Di samping itu, jika pemenang tinggal di Illinois, kemenangan akan dianggap sebagai penghasilan kena pajak dengan tarif 4,95 persen negara bagian. Jika seperti itu, justru mereka mungkin berutang lebih banyak lagi jika mereka tinggal di negara bagian dengan tarif pajak penghasilan yang lebih tinggi.

Itu berarti pemenang harus mengharapkan untuk berutang pajak minimal hampir USD 226 juta, menurunkan jumlah yang dibawa pulang menjadi sekitar USD 554,5 juta – masih merupakan jumlah uang yang berpotensi mengubah hidup.

Dalam sebuah pernyataan, Mega Millions juga mencatat bahwa 26 tiket mendapatkan hadiah tingkat kedua masing-masing senilai USD 2 juta atau USD 1 juta. Di samping itu, ada pula total 14.391.740 tiket memenangkan sejumlah uang di sembilan tingkat hadiah yang berbeda pada Jumat malam.

Jika Anda salah satu pemenang yang beruntung — terutama jika Anda adalah individu misterius yang mendapatkan jackpot — para ahli mengatakan Anda harus segera mengambil langkah untuk melindungi tiket dan privasi tersebut.

“Privasi adalah kuncinya,” Emily Irwin, direktur senior nasihat di Wells Fargo Wealth & Investment Management. “Itu memberikan keamanan bagi Anda dan keluarga Anda dari scammers atau orang lain yang dapat mulai memangsa Anda.”

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Hadiah Lotere Terbesar yang Pernah Ada

Ilustrasi dolar AS
Perbesar
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat, Jakarta, Kamis (23/10/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Berikut ini undian lotere terbesar yang pernah ada seperti melansir CNBC, Kamis (28/7/2022).

1. USD 1,586 miliar (Powerball)

Pengundian Powerball dari 13 Januari 2016 saat tiga tiket pemenang terjual tetap menjadi hadiah lotre terbesar dalam sejarah.

Pemenangnya John dan Lisa Robinson di Tennessee, Maureen Smith dan David Kaltschmidt di Florida, dan Marvin dan Mae Acosta di California. Mereka membagi hadiah penuh, memberi mereka pilihan sekitar USD 533 juta sebelum pajak sebagai anuitas atau USD 327,8 juta sebagai jumlah pembayaran.

Tiket pemenang Robinsons adalah salah satu dari empat yang mereka beli di toko kelontong. Mereka memilih mengambil lump sum. “Kami tidak dijamin besok,” kata John.

Smith dan Kaltschmidt yang berbasis di Florida juga memilih lump sum. Pada saat itu mereka berencana untuk mendapatkan pijatan, meningkatkan truk mereka dan pensiun dengan kekayaan yang baru ditemukan.

2. USD 1,537 miliar (Mega Millions)

Pemenang undian besar ini terjadi pada Oktober 2018. Carolina Selatan menjadi salah satu dari segelintir negara bagian yang mengizinkan pemenang lotere untuk mengklaim hadiah mereka secara anonim. Hal itu membuat pemegang tiket akhirnya mengklaim kemenangan mereka pada bulan Maret tahun berikutnya. Namun, hanya sedikit lebih dari satu bulan sebelum batas waktu untuk maju atau berisiko kehilangan hadiah.

Meskipun ini bukan jackpot terbesar yang pernah ada, angka itu memang mewakili pembayaran terbesar untuk satu pemenang lotere dalam sejarah AS.

Berdasarkan tagihan pajak yang diharapkan, total tangkapan dari jackpot itu kemungkinan sekitar USD 491,7 juta, setelah pajak federal dan negara bagian - pajak penghasilan 7 persen di South Carolina, ditambah tarif federal 37 persen. Pajak lain mungkin juga berlaku.

3. USD 1,05 miliar (Mega Millions)

Hadiah lotere terbesar ketiga yang pernah ada dimenangkan dalam undian Mega Millions pada Januari 2021. Tetapi karena tiket pemenang dibeli di Michigan, negara bagian yang mengizinkan pemenang untuk tetap anonim, butuh beberapa bulan bagi publik untuk mempelajari apa pun tentang pemenang.

Tiket itu dilaporkan dibeli oleh empat anggota klub lotere di pinggiran Detroit Novi. Seorang pengacara yang mewakili klub mengklaim hadiah untuk mereka pada Maret 2021.

“Seorang anggota klub melihat tanda bahwa jackpot mencapai USD 1 miliar dan ingat bahwa mereka belum membeli tiket mereka, jadi mereka masuk ke Kroger,” kata Pengacara dan Perwakilan Klub Kurt Panouses.

“Ketika Anda bermain, tentu saja Anda bermimpi untuk menang, tetapi kenyataannya itu luar biasa,” katanya. “Uang sebanyak ini akan berdampak pada keluarga anggota klub kami untuk generasi yang akan datang. Kami berencana untuk tetap rendah hati dan membayarnya melalui pemberian amal di Michigan tenggara.”

4. USD 768,4 juta (Powerball)

Manuel Franco membeli tiket kemenangannya di New Berlin, Wisconsin. Wilayah itu hanya sebuah kota kecil yang terletak di pinggiran Milwaukee. Ketika dia maju untuk mengklaim hadiahnya pada April 2019, Franco mengatakan kepada wartawan bahwa dia membeli tiket pemenang pada saat dia memiliki kurang dari USD 1.000 di rekening banknya.

Franco memilih opsi pembayaran sekaligus untuk hadiah jackpotnya yang setara dengan USD 477 juta. Pejabat lotere Wisconsin mengatakan pada saat itu bahwa ia kemungkinan akan membawa pulang sekitar USD 326 juta setelah membayar pajak negara bagian dan federal.

5. USD 758,7 juta (Powerball)

Mavis L. Wanczyk dari Chicopee Massachusetts mengklaim tiket pemenang untuk jackpot Powerball senilai USD 758,7 juta pada Agustus 2017. Dia mengambil USD 480,5 juta sebelum pajak sebagai pembayaran sekaligus. Salah satu hal pertama yang dilakukan Wanczyk adalah memberi tahu majikannya selama 32 tahun, Mercy Medical Center bahwa dia berhenti.

“Saya sudah menelepon mereka dan memberi tahu mereka bahwa saya tidak akan kembali,” katanya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya