Sukses

Pesan Menhub ke Lulusan PPI Curug: Sekarang Saatnya Punya Multi Talenta

Lulusan Politeknik Penerbangan Indonesia Curug diharapkan mampu memiliki kemampuan lain selain di industri penerbangan.

Liputan6.com, Jakarta Lulusan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) atau Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) diharapkan mampu memiliki kemampuan lain selain di industri penerbangan. Hal ini untuk mewujudkan Merdeka Belajar bagi lulusan terjun di masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Ngobrol Santai Menteri Perhubungan Bersama Taruna/i di PPI, Curug, Kabupaten Tangerang, Minggu (31/7/2022).

Dia pun sempat mencoba mengendarai mobil listrik berbentuk golf car menyusuri jalan di dalam STPI tersebut.

"Dalam pengembangan SDM, sekarang ade-ade belajar dan lulusan industri kebandarudaraan, tapi sekarang saatnya juga kita memiliki kemampuan multi talenta, melatih diri untuk memiliki banyak talenta," tutur Menhub Budi Karya, di hadapan taruna - taruni STPI.

Menhub pun mengaku, dirinya secara khusus datang ke kampus STPI untuk melihat aktifitas siswanya. Sebab, mereka dinilai memiliki potensi yang luar biasa, selain bisa belajar untuk kemampuan industri penerbangan, mereka juga bisa Merdeka Belajar untuk menggali kemampuan lainnya.

"Merdeka belajar adalah, upaya kita menggali dan memberikan kesempatan kepada adik-adik kita untuk mempelajari hal lain. Sehingga dia dimungkinkan untuk memiliki kemampuan lain, yang memungkinkan dia jadi manusia yang kompetitif," tutur Menhub Budi Karya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merdeka Belajar

Dalam Merdeka Belajar di STPI ini, Menhub Budi Karya menilai, pihaknya bisa mewujudkan visi misi Presiden Jokowi di bidang SDM dan menggali sedalam-dalamnya.

Di hadapan taruna -taruni pun Menhub mencontohkan, ada seorang istri pilot yang tidak berpuas diri dari nafkah sang suami, melainkan mengelola uangnya untuk dijadikan usaha kargo. Yang kini, usaha tersebut sudah meraup omset hingga Rp 1 triliun pertahunnya.

"Kalian juga harus punya mimpi, wujudkan mimpi itu, fokus belajar dan memperbanyak kemampuan soft skill lain," tutur Menhub. (Pramita Tristiawati)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Landasan di STPI Curug Tangerang Bakal Disulap Jadi Bangkel Pesawat

Sebelumnya, hanggar di landasan pacu Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau STPI Curug, Kabupaten Tangerang, bakal dikembangkan menjadi Maintenance, Repair, dan Overhaul (MRO) serta kargo.

Hal tersebut terungkap dalam kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan sejumlah pejabat, beserta seorang pengusaha kargo PT Avia Kargo, melihat langsung hanggar dan beberapa bangunan di sepanjang landasan pacu Bandara Budiarto (STPI), Curug.

"Jadi ada satu pengusaha, Avia Kargo, ingin memperlebar MRO. Kita tahu APBN ini terbatas, upaya-upaya kreatif ini harus dikembangkan. Lakukan kerjasama dengan governance, lakukan dengan baik, dan kita mendapatkan income," tutur Menhub Budi Karya.

Dengan adanya pelebaran industri MRO masuk ke STPI, diharapkan bukan hanya terjalinnya kerjasama antara Kemenhub dengan swasta, melainkan juga semakin terbuka lebarnya lapangan pekerjaan untuk daerah sekitarnya.

"Kesempatan kerja untuk adik-adik kita lulusan STPI, untuk masyarakat sekitar, semakin terbuka lebar," tutur Menhub.

Makanya dia berharap, landasan pacu dibenahi. Mulai dari diperlebar dan diperpanjang, sehingga pesawat nero body bisa masuk.

"Nanti bisa dibenahi, diperpanjang runningnya. Sehingga nero body bisa mendarat di sini, jadi industri MRO semakin maju di sini," kata Menhub.

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadiri Ngobrol Santai Menteri Perhubungan Bersama Taruna/i di STPI, Curug, Kabupaten Tangerang, Minggu (31/7/2022). Dia pun sempat mencoba mengendarai mobil listrik berbentuk golf car menyusuri jalan di dalam STPI tersebut. (Pramita Tristiawati)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.