Jelang ASEAN Para Games XI 2022, Telkom Pastikan Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

Oleh Fachri pada 29 Jul 2022, 09:55 WIB
Diperbarui 29 Jul 2022, 09:55 WIB
Telkom.
Perbesar
Pgs Direktur Enterprise & Business Service Telkom Venusiana bersama SATGAS ASEAN Para Games XI TelkomGroup melakukan peninjauan di venue Stadion Manahan, pada Rabu (27/07).

Liputan6.com, Jakarta ASEAN Para Games XI 2022 akan digelar pada 30 Juli-6 Agustus 2022 di Surakarta dan Semarang serta Karanganyar dan Sukoharjo. Sebagai tuan rumah, Indonesia akan didatangi 2.500 atlet kelas dunia dari 11 negara ASEAN yang siap berkompetisi pada 14 cabang olahraga.

PT Telkom Indonesia (Persero) sebagai digital telco terdepan di Indonesia turut menyiapkan berbagai infrastruktur dan layanan. Untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan, Pgs Direktur Enterprise & Business Service Telkom Venusiana melakukan peninjauan di venue Stadion Manahan pada Rabu (27/07).

Kunjungan dilakukan guna meninjau ruang panel, media center, dan control room. Kunjungan dilanjutkan ke Kantor Telkom Solo melihat kesiapan tim TelkomGroup untuk ASEAN Para Games XI. Berlokasi di ruang Network Operation Center (NOC), Venusiana beserta jajaran meninjau jaringan telekomunikasi di 14 venue yang ada di Solo dan Semarang, Jawa Tengah. 

Pgs Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Venusiana mengatakan bahwa menjadi sebuah kehormatan bagi TelkomGroup untuk kembali dipercaya sebagai official telco partner ASEAN Para Games XI 2022.

“TelkomGroup akan memastikan seluruh infrastruktur dan tim siap mengamankan perhelatan olahraga internasional yang menjadi pride bagi Indonesia. Kami berkomitmen akan menjaga layanan telekomunikasi di seluruh venue berjalan lancar dan sukses baik secara kapasitas dan kualitas layanan,” tegas Venus.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh TelkomGroup untuk mengakomodasi kebutuhan data dan internet selama ASEAN Para Games XI 2022. TelkomGroup menyediakan akses internet sebesar 20 Gbps untuk melayani official dan media serta 87 Node BTS (2G/3G/4G).

Itu dilakukan sebagai langkah TelkomGroup untuk memberikan layanan prima kepada pelanggan. Kesiapan layanan serta infrastruktur tersebut dikawal secara maksimal melalui pembentukan SATGAS (satuan tugas) ASEAN Para Games XI 2022.  

Venusiana menyampaikan terima kasih kepada tim TelkomGroup atas komitmennya dalam mendukung kesuksesan ASEAN Para Games XI 2022.

”Kehandalan infrastuktur internet gateway dan backbone pada skala nasional maupun regional harus diperhatikan dan telah melewati uji coba untuk memastikan kelancaran konektivitas selama berlangsungnya acara,” ucap Venus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sistem Dual Homing

Tidak hanya itu, tersedia 5 Sentra Telepon Otomat (STO) yang akan mencatu konektivitas di 14 venue, sebanyak 13 venue berlokasi di Surakarta serta 1 venue di Semarang. Masing-masing venue mengadopsi sistem dual homing dengan memiliki 2 akses lastmile yang terdiri dari 4 core. 

Adopsi sistem tersebut dilakukan agar memungkinkan sebuah perangkat jaringan terhubung ke perangkat lain melalui dua titik dan jalur yang berbeda. TelkomGroup juga menyediakan sistem monitoring untuk mengamankan layanan selama penyelenggaraan acara. 

Pengawalan maksimal terkait infrastruktur konektivitas sepanjang event ASEAN Para Games XI  2022 diamankan secara kolaboratif oleh seluruh stakeholders TelkomGroup melalui penyediaan 365 tenaga teknis pada setiap venue serta manajemen eskalasi skala nasional berupa 6 posko yang tersebar di Solo.

Menjelang penyelenggaraan acara, diadakan rehearsal test yang bertujuan untuk meningkatkan soliditas dan keyakinan seluruh personil SATGAS dalam mengawal suksesnya ASEAN Para Games XI 2022. 

Dukungan infrastruktur telekomunikasi pada event ini menjadi salah satu perwujudan komitmen Value Creation for The Nation dari TelkomGroup. Di samping menyediakan infrastruktur dan  layanan ICT berkualitas, SATGAS TelkomGroup juga menjaga penerapan protokol kesehatan secara ketat untuk menghindari penyebaran virus COVID-19.

Dengan seluruh upaya yang dilakukan untuk mendukung suksesnya ASEAN Para Games XI 2022 diharapkan dapat menjadi  motivasi bagi TelkomGroup untuk dapat terus berkontribusi memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya