Kenalkan Para Miliarder Baru Negeri Bollywood 2022, Siapa Paling Tajir?

Oleh Liputan6.com pada 29 Jul 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 29 Jul 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik
Perbesar
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari 60 perusahaan di India berhasil mengumpulkan kekayaan hingga USD 15,6 miliar yang dilaporkan tahun lalu. Hal itu membuat jumlah miliarder India naik ke rekor 166. Kekayaan gabungan mereka tumbuh hampir 26 persen menjadi USD 750 miliar.

Urutan kekuasaan dari tiga besar masih sama seperti 2021. Meskipun kekayaannya hanya meningkat 7 persen, Mukesh Ambani yang berkuasa di Reliance Industries menjadi perusahaan paling berharga di India.

Alhasil mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya di Asia dan orang terkaya kesepuluh di dunia kekayaan bersih USD 90,7 miliar.

Tepat di belakang Ambani adalah seorang taipan infrastruktur dan komoditas Gautam Adani. Dia mengantongi hampir USD 40 miliar untuk menjadi orang terkaya kedua di Asia.

Baik Ambani maupun Adani, keduanya memimpin upaya India menuju energi hijau dengan investasi multi-miliar dolar yang direncanakan untuk dekade berikutnya atau lebih.

Di samping itu, berkat sektor teknologi yang berkembang pesat di negara itu, pengusaha IT Shiv Nadar pun berhasil naik hingga 22 persen.

Dia mencatat rekor pendapatan hingga USD 200 miliar pada tahun fiskal baru-baru ini dan mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya ketiga di negara itu.

Lantas, siapa saja yang masuk ke dalam deretan orang tajir India?

Berikut ini dereta miliarder India seperti melansir laman Forbes, Jumat (29/7/2022).

1. Mukesh Ambani

Kekayaan bersih: USD 90,7 Miliar

Sumber kekayaan: Diversifikasi

Kota: Mumbai

Ambani yang kekayaannya dibangun di atas minyak dan gas serta petrokimia telah menorehkan masa depan hijau untuk Reliance Industries.

Dia berencana untuk menginvestasikan USD 80 miliar selama 15 tahun dalam energi terbarukan. Ini termasuk membangun kompleks baru yang diberi nama mendiang ayahnya dan pendiri Reliance Dhirubhai Ambani. Itu terdiri dari empat pabrik besar yang dekat dengan kilang minyak perusahaan di Jamnagar, India barat.

2. Gautam Adani

Kekayaan bersih: USD 90 Miliar

Sumber kekayaan: Infrastruktur

Kota: Ahmedabad

Kekayaan Adani melonjak untuk tahun kedua berturut-turut. Sebagian besar naiknya saham emiten produsen tenaga surya Adani Green Energy.

Taipan infrastruktur ini menggandakan energi terbarukan dan mengatakan dia akan menginvestasikan USD 70 miliar untuk mencapai ambisinya menjadi produsen energi terbarukan terbesar di dunia pada tahun 2030.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Shiv Nadar

3 Selebriti Wanita Dunia yang Menjadi Miliarder dan Sukses Menjalani Bisnis dalam Dunia Kecantikan
Perbesar
Ilustrasi wanita miliarder (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kekayaan bersih: USD 28,7 Miliar

Sumber kekayaan: Layanan Perangkat Lunak

Kota: Delhi

Pelopor teknologi yang ikut mendirikan HCL Technologies yang memiliki pendapatan senilai USD 11,2 miliar menjadi salah satu penyedia layanan perangkat lunak terbesar di India. Namun, sekarang menjadi ketua emeritus dan penasihat strategis dewan.

Putrinya yang bernama Roshni Nadar Malhotra memimpin perusahaan yang mempekerjakan 198.000 orang di 52 negara.

4. Cyrus Poonawalla

Kekayaan bersih: USD 24,3 Miliar

Sumber kekayaan: Vaksin

Kota: Pune

Sebagian besar dari 1,8 miliar suntikan Covid-19 yang diberikan kepada orang India sejauh ini telah dipasok oleh Serum Institute of India milik Poonawall.

Perusahaan itu memproduksi vaksin Covishield di bawah lisensi dari AstraZeneca. Sebagai pengakuan atas usahanya, pemerintah India baru-baru ini menganugerahkan Padma Bhushan yang merupakan salah satu penghargaan sipil tertinggi India, kepada miliarder vaksin.

5. Radhakishan Damani

Kekayaan bersih: $20 Miliar

Sumber kekayaan: Ritel, Investasi

Kota: Mumbai

Investor pasar saham veteran terjun ke ritel sejak dua dekade lalu dengan satu toko kelontong dan membangunnya menjadi jaringan supermarket Avenue Supermarts.

Ritel itu telah berhasil mengoperasikan 271 toko D-Mart di seluruh negeri. Damani bersama saudaranya Gopikishan yang juga seorang miliarder, dilaporkan membeli sebuah rumah di Mumbai selatan tahun lalu dengan harga lebih dari $100 juta.

6. Lakshmi Mittal

Kekayaan bersih: USD 17,9 Miliar

Sumber kekayaan: Baja

Kota: London

Kenaikan harga baja mendorong kekayaan ketua eksekutif ArcelorMittal, raksasa baja berpenghasilan senilai USD 76,6 miliar.

Perusahaan melaporkan laba bersih sebesar USD 15 miliar pada tahun 2021, dibandingkan dengan kerugian USD 733 juta pada tahun sebelumnya.

 

 


Lainnya

Ilustrasi Miliarder. Unsplash/freestocks
Perbesar
Ilustrasi Miliarder. Unsplash/freestocks

7. Savitri Jindal

Kekayaan bersih: USD 17,7 Miliar

Sumber kekayaan: Baja

Kota: Hisar

Jindal, ketua emeritus grup OPJindal, konglomerat baja dan listrik yang dinamai mendiang suaminya, diuntungkan dari naiknya saham perusahaan grup JSW Steel dan JSW Energy, yang terakhir naik hampir empat kali lipat sejak tahun lalu. Kedua perusahaan dijalankan oleh putranya yang berbasis di Mumbai, Sajjan Jindal.

8. Kumar Birla

Kekayaan bersih: USD 16,5 Miliar

Sumber kekayaan: Komoditas

Kota: Mumbai

Birla telah memimpin Grup Aditya Birla dengan pendapatan senilai USD 45 miliar. Tahun lalu, Birla mengundurkan diri sebagai ketua perusahaan telekomunikasi yang kekurangan utang, Vodafone Idea, yang dibentuk oleh 2018 merger antara Idea Cellular dan Vodafone Group, dan dilaporkan menawarkan untuk menyerahkan sahamnya kepada pemerintah. Cabang ritel grupnya baru-baru ini membeli operasi Reebok di India.

9. Dilip Shanghvi

Kekayaan bersih: USD 15,6 Miliar

Sumber kekayaan: Farmasi

Kota: Mumbai

Sun Pharmaceuticals yang terdaftar di Shanghvi adalah pembuat obat generik khusus terbesar keempat di dunia dan perusahaan farmasi paling berharga di India.

Sun mendapat dua pertiga dari pendapatan USD 4,5 miliar dari pasar internasional. Pada bulan Maret, perusahaan setuju untuk membayar USD 485 juta untuk menyelesaikan gugatan lama AS terhadap anak perusahaan Ranbaxy Laboratories yang diakuisisi pada tahun 2014.

Shanghvi, yang mendirikan Sun pada tahun 1983 untuk membuat obat-obatan psikiatri, masih menjalankan perusahaan sebagai direktur pelaksana.

10. Uday Kotak

Kekayaan bersih: USD 14.3 Miliar

Sumber kekayaan: Perbankan

Kota: Mumbai

Bankir mandiri terkaya di India berhasil mengubah perusahaan keuangannya menjadi Kotak Mahindra Bank setelah mendapatkan lisensi perbankan 19 tahun yang lalu.

Investor termasuk Dewan Investasi Rencana Pensiun Kanada. Kotak, yang ditunjuk oleh pemerintah pada tahun 2018 sebagai ketua non-eksekutif dari pemberi pinjaman yang kekurangan utang, Infrastructure Leasing & Financial Services mengundurkan diri pada April.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya