Bandara Pondok Cabe Beroperasi Komersial 5 Agustus 2022, Cek Rutenya

Oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana pada 26 Jul 2022, 19:18 WIB
Diperbarui 26 Jul 2022, 19:19 WIB
FOTO: Suasana Bandara Pondok Cabe Pengganti Sementara Bandara Halim Perdanakusuma
Perbesar
Sebuah pesawat TNI parkir di Apron Bandara Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (29/12/2021). Kementerian Perhubungan menunjuk Bandara Pondok Cabe dan Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara pengganti selama revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Bandara Pondok Cabe akan dibuka secara komersial untuk melayani rute penerbangan ke beberapa wilayah di Jawa dan Lampung per 5 Agustus 2022 mendatang.

Penerbangan komersial pertama dari bandara yang terletak di Kota Tangerang Selatan, Banten ini akan dilayani oleh maskapai Wings Air.

"Mulai 5 Agustus, Bandara (Pondok Cabe) tersebut akan dioperasikan untuk penerbangan komersial," dikutip dari sebuah postingan pada akun Instagram @pemkottangsel, Selasa (26/7/2022).

Dalam hal ini, Wings Air membuka rute penerbangan untuk tiga tujuan, yakni Purbalingga (PWL), Cepu Blora (CPF) dan Lampung (TKG).

Sementara menurut laporan Wings Air pada akun Instagram @wingsairid, Bandara Pondok Cabe per 5 Agustus baru akan membuka penerbangan ke Lampung dan Blora.

Sedangkan rute penerbangan menuju Bandara Jenderal Besar Soedirman di Blora baru akan dibuka pada 10 Agustus mendatang.

Berikut jadwal penerbangan Bandara Pondok Cabe:

a. 5 Agustus

1. Bandar Lampung-Pondok Cabe (Nomor penerbangan IW1715)Terbang dari Bandar Lampung pukul 07.00 WIB, tiba di Pondok Cabe pukul 08.00 WIB.

2. Pondok Cabe-Bandar Lampung (Nomor penerbangan IW1714)Terbang dari Pondok Cabe pukul 12.10 WIB, tiba di Bandar Lampung pukul 13.10 WIB.

3. Pondok Cabe-Blora (Nomor penerbangan IW1910)Terbang dari Pondok Cabe pukul 08.20 WIB, tiba di Blora pukul 09.55 WIB.

4. Blora-Pondok Cabe (Nomor penerbangan 1911)Terbang dari Blora pukul 10.15 WIB, tiba di Pondok Cabe pukul 11.50 WIB.

b. 10 Agustus

1. Pondok Cabe-Purbalingga (Nomor penerbangan IW1710)Terbang dari Pondok Cabe pukul 08.20 WIB, tiba di Purbalingga pukul 09.30 WIB

2. Purbalingga-Pondok Cabe (Nomor penerbangan IW1711)Terbang dari Purbalingga pukul 09.50 WIB, tiba di Pondok Cabe pukul 11.00 WIB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Angkasa Pura II Bakal Jadi Operator Bandara Pondok Cabe

FOTO: Suasana Bandara Pondok Cabe Pengganti Sementara Bandara Halim Perdanakusuma
Perbesar
Sejumlah pesawat parkir di Apron Bandara Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (29/12/2021). Kementerian Perhubungan menunjuk Bandara Pondok Cabe dan Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara pengganti selama revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, PT Pelita Air Service (PAS) berkolaborasi dengan PT Angkasa Pura II guna mengkaji bersama kelayakan operasi, teknik, dan bisnis pengelolaan Bandar Udara Pondok Cabe. Kolaborasi ini diinisiasi dalam rangka perencanaan pengembangan Bandar Udara yang berlokasi di Tangerang Selatan tersebut.

PT Angkasa Pura II dipercaya sebagai mitra dalam perencanaan dan juga nantinya menjalankan operasional bandara Pondok Cabe yang saat ini masih sepenuhnya dikelola oleh PT Pelita Air Service.

 Kerjasama yang dilakukan dengan Angkasa Pura II yaitu penyusunan kajian dalam bentuk studi kelayakan yang mencakup aspek operasi, teknik, bisnis dan aspek legal.

Tak hanya itu saja, PT Pelita Air Service bersama PT Angkasa Pura II bekerjasama melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan meliputi pihak Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, PT Pertamina (Persero), Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat dan pihak-pihak terkait lainnya

Direktur Utama PT Pelita Air Service Dendy Kurniawan dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT Angkasa Pura II, mengatakan kerja sama yang dilakukan dengan PT Angkasa Pura II sebagai upaya dalam memaksimalkan potensi besar yang dimiliki Bandara Pondok Cabe untuk dapat dikembangkan.

“Dengan sinergi yang dilakukan PT Pelita Air Service dan PT Angkasa Pura II semakin membuka peluang besar dalam memaksimalkan aset yang ada, sehingga nantinya Bandara Pondok Cabe dapat memfasilitasi berbagai kegiatan bisnis di sektor Penerbangan dan diharapkan dapat memperkuat ekosistem penerbangan Indonesia,” kata Dendy, Kamis (14/7/2022).

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tingkatkan Utilitas

20160222-Maret, Bandara Pondok Cabe Mulai Beroperasi-Tangerang
Perbesar
Petugas mengamati pesawat terbang yang terparkir di Bandara Pondok Cabe di Pamulang, Tangsel, Senin (22/2). Maret mendatang, maskapai Garuda Indonesia akan membuka penerbangan dari bandara milik PT Pertamina (persero) ini. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pihaknya pun semakin optimis dengan menjalankan langkah-langkah strategis dan mengembangkan aspek-aspek yang potensial akan semakin meningkatkan utilisasi dan fungsi dari Bandara Pondok Cabe.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, mengatakan, kolaborasi dengan PT Pelita Air Service akan menghadirkan layanan terbaik bagi penumpang pesawat di Bandara Pondok Cabe.

“AP II dan Pelita Air Service berkolaborasi untuk merencanakan pengembangan dan operasional Bandara Pondok Cabe menjadi bandara yang dapat memberikan seamless journey experience dan customer experience terbaik melalui penerapan teknologi. Kami sangat menyambut baik kolaborasi ini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang pesawat dan maskapai, serta menjaga konektivitas udara di Indonesia,” kata Awaluddin.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya