Rekomendasi Kota Termurah dan Termahal di Eropa Buat Liburan Nih

Oleh Liputan6.com pada 28 Jul 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 28 Jul 2022, 08:00 WIB
4 Destinasi Wisata Unik di Eropa, Ada Hotel di Atas Roda
Perbesar
Deretan destinasi wisata unik di Eropa ini patut kamu jelajahi. (dok.Belmond).

Liputan6.com, Jakarta Eropa menjadi salah satu wilayah yang menjadi destinasi liburan bagi banyak wisatawan. Bagi yang baru pertama kali ingin liburan ke sana, coba simak dulu rekomendasi kota termurah dan termahal di Eropa agar bisa mempersiapkan budget dengan baik.

Tarif hotel di beberapa kota di Eropa banyak yang turun di tengah perebutan global. Jadi, Anda yang ingin ke sana bisa menghemat uang saat bepergian untuk saat-saat ini.

Salah satunya tiket penerbangan ke Eropa. Rata-rata tiket pesawat yang berasal dari Amerika Serikat juga turun, menurut pakar perjalanan.

Di samping itu, ada pula keuntungan lain bagi orang Amerika. Bulan ini, dolar AS mencapai paritas dengan euro untuk pertama kalinya dalam 20 tahun. Sebagai gambaran, menginap tiga malam di sebuah hotel di Paris mungkin hanya akan menghabiskan biaya 250 euro per malam. Itu berarti akan menelan biaya sekitar USD 767 sekarang ini, lebih murah dibandingkan USD 841 pada Juli 2019.

Penerbangan lebih murah

Sementara itu, rata-rata tiket pesawat terendah ke Eropa turun 15,1 persen dari tahun lalu, menurut studi dari tahun ke tahun oleh situs pemesanan perjalanan online CheapAir.com.

Berdasarkan tinjauan lebih dari 24 juta tiket pesawat musim semi ini, penerbangan ke Eropa dari kota-kota di seluruh Amerika Serikat rata-rata USD 908 tahun ini. Turun dari rata-rata USD 1.070 pada tahun 2021, menurut penelitian.

Jika wisatawan yang mencari penerbangan termurah ke Italia dapat terbang ke Milan, di mana harga tiket pesawat turun lebih dari 20 persen, menurut penelitian tersebut. Penerbangan ke Venesia (-17 persen) dan Roma (-1 persen) menurun, katanya.

Penerbangan ke kota-kota yang paling banyak dikunjungi di Eropa, seperti London (-10%) dan Paris (-9%), juga turun, meskipun pada tingkat yang lebih rendah. Sementara tiket pesawat ke Dublin (-0,02%) sebagian besar tetap tidak berubah, menurut CheapAir.com .

Menurut analisis, penurunan harga terjadi pada penerbangan yang berasal dari hampir setiap kota besar Amerika juga. Satu pengecualian adalah Boston, di mana tiket pesawat naik 1,8 persen menjadi USD 685 per tiket. Namun, itu menjadikan Boston kota AS termurah kedua untuk terbang ke Eropa. Hanya New York yang lebih murah, dengan rata-rata tiket pesawat ke Eropa tahun ini seharga USD 636 per tiket.

Penurunan harga tiket pesawat ke Eropa tampaknya membuat orang-orang di belakang studi lengah. Mereka mengatakan sangat terkejut dengan hasilnya. Sebab, hasilnya menunjukkan lebih banyak penerbangan murah ke Eropa daripada yang mereka harapkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hotel lebih murah

Promosi Wisata
Perbesar
Kementerian Pariwisata makin gencar mempromosikan destinasi wisata Indonesia di berbagai negara Eropa, salah satunya Inggris. Foto: Dok. Kemenpar.

Sementara itu, mengenai penginapan, banyak hotel sekarang lebih mahal daripada sebelum pandemi, terutama di tempat-tempat seperti Hamptons di New York; Maui, Hawai; dan Telluride, Colorado, menurut situs pemesanan Hotels.com. Tapi itu tidak terjadi di beberapa bagian Eropa Barat, kata perusahaan itu.

“Hotel biasanya menaikkan tarif mereka ketika permintaan tinggi selama musim perjalanan musim panas yang sibuk,” kata Melissa Dohmen, juru bicara Hotels.com. “Tapi tahun ini ... itu meningkatkan persaingan untuk kamar dan tarif di tujuan teratas.”

Pada bulan April, perusahaan menandai bahwa harga hotel di Madrid mencapa USD 135 per malam dan Kopenhagen USD 210 per malam, itu sebagai tempat dengan tarif hotel yang menarik untuk liburan Agustus.

Di samping itu, perusahaan perjalanan Expedia mengatakan tarif hotel di banyak kota Eropa akan lebih murah Agustus ini daripada sebelum pandemi. Kecuali Nice, kota-kota di Italia dan Prancis tidak ada dalam daftar ini. Tarif di kedua negara naik 25 persen musim panas ini, menurut Hotels.com, yang memilih Saint-Tropez di sepanjang French Riviera sebagai salah satu tujuan liburan paling mahal musim ini di Eropa.

 


Destinasi lebih murah

Wisata Eropa
Perbesar
Tempat wisata di Eropa yang tepat Anda kunjungi ketika musim gugur

Sedangkan untuk destinasinya, pada pertengahan Juli, biaya rata-rata perjalanan domestik mencapai sekitar USD 500 lebih dari perjalanan internasional, menurut data perusahaan.

Tapi itu tidak berlaku untuk semua tempat. Dari tujuan wisata paling populer tahun ini, wisatawan menghabiskan paling banyak untuk pergi ke Yunani, diikuti oleh Italia dan Prancis, menurut perusahaan.

Rata-rata tarif hotel per malam di Yunani adalah USD 610 di Mykonos dan USD 434 di Santorini, tetapi lebih murah USD 204 di Kepulauan Ionian dan USD 162 di Kreta, menurut situs pemesanan perjalanan Holidu.

Athena kemungkinan bahkan lebih murah. Pada bulan April, ibu kota Yunani itu dinobatkan sebagai salah satu tempat liburan keluarga dengan nilai terbaik di dunia oleh situs web perjalanan The Family Vacation Guide, berdasarkan biaya hotel, makanan, dan kunjungan ke Acropolis.

Menurut analisis situs web, biaya harian rata-rata untuk sebuah keluarga mengunjungi Amsterdam senilai USD 244 adalah dua kali lipat dari Istanbul (USD 122), sementara Stockholm ditemukan rata-rata kurang dari USD 150 sehari. Sebaliknya, Las Vegas menduduki peringkat kota termahal di dunia untuk liburan keluarga, terutama karena tarif kamar hotel yang rata-rata USD 399 per malam, menurut situs web tersebut.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya