Sukses

LSM Surati Elon Musk, Desak Setop Minat Investasi Nikel di Indonesia

Puluhan LSM menyurati miliarder Tesla dan SpaceX Elon Musk, mendesaknya tidak berinvestasi di industri nikel Indonesia karena masalah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan lembaga swadaya masyarakat (LSM) mengirimkan surat terbuka kepada orang terkaya di dunia Elon Musk, mendesak CEO Tesla tersebut untuk tidak berinvestasi di industri nikel Indonesia karena masalah lingkungan.

Surat itu datang menyusul pertemuan Presiden RI Joko Widodo dengan sang miliarder di Texas pada Mei 2022 terkait potensi investasi di Tanah Air. 

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (26/7/2022) Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) dan Friends of the Earth United States menjadi salah satu LSM yang terlibat dalam surat terbuka ini.

Dikatakan salam surat tersebut, bahwa kerusakan lingkungan akibat dari total luas hutan yang dikonversi menjadi pertambangan nikel, menyebabkan peningkatan deforestasi dan ancaman pencemaran air di sungai, danau, dan pantai.

Para LSM ini merekomendasikan penghentian setiap rencana investasi langsung di industri nikel di Indonesia dan menghentikan sumber dan produksinya di setiap lini bisnis Tesla.

Pihak Tesla sejauh ini belum menanggapi permintaan komentar terkait surat terbuka dari LSM tersebut. 

Sebagai informasi, Indonesia dikenal memiliki cadangan nikel terbesar di dunia dan Jokowi juga berencana mengembangkan industri kendaraan listrik berbasis nikel di dalam negeri.

Indonesia pun sempat menjadi sorotan ketika melarang ekspor bijih nikel yang belum diolah mulai tahun 2020 untuk menjamin pasokan bagi investor.

Namun, para pemerhati lingkungan khawatir bahwa proses tersebut akan melibatkan pembuangan limbah pertambangan ke laut.

Sementara itu, nikel, yang digunakan untuk meningkatkan penyimpanan baterai, diperkirakan akan mengalami lonjakan permintaan selama beberapa tahun mendatang karena pemerintah, perusahaan, dan konsumen berusaha untuk mengurangi asap berbahaya yang dikeluarkan oleh kendaraan berbahan bakar fosil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perusahaan Logistik Komitmen Majukan Industri Nikel Nasional

Sebagai produsen dan pemilik cadangan bijih nikel terbesar di dunia, Indonesia memiliki peran penting dalam perdagangan nikel.

Menyadari hal tersebut, perusahaan penyedia jasa logistik terintegrasi PT Cipta Krida Bahari (CKB Group) turut andil dan berpartisipasi dalam ajang Indonesia Nickel Summit 2022, yang tahun ini mengangkat tema Nickel for Better Future.

Terwujudnya partisipasi CKB Group dalam ajang ini merupakan salah satu bentuk komitmen berkelanjutan perusahaan dalam mendukung pengembangan industri, serta meningkatkan nilai tambah nikel Indonesia.

Iman Sjafei selaku Chief Executive Officer PT Cipta Krida Bahari menjelaskan, sebagai pemilik cadangan nikel terbesar di dunia, potensi pengembangan industri nikel Indonesia sangatlah besar.

“Kami percaya bahwa potensi besar yang dimiliki Indonesia dalam pengembangan industri nikel akan menjadi lebih optimal jika ditunjang oleh penguatan rantai produksi yang berkelanjutan dan terintegrasi. Untuk itu, CKB Group senantiasa akan terus memperkuat komitmen serta layanannya dalam memenuhi kebutuhan industri nikel di Indonesia,” jelas Iman, Sabtu (24/7/2022).

Terkait dengan kiprah CKB Group di industri nikel sendiri, saat ini CKB juga sudah bekerjasama dengan Vale dalam bertindak selaku kontraktor untuk pemenuhan manajemen rantai pasok, meliputi kegiatan pergudangan, konsolidasi, pengiriman barang, layanan transhipment, dan manajemen logistik global di 5 tahun kedepan.

"Dimana kita ketahui PT Vale Indonesia Tbk merupakan perusahan tambang bijih nikel yg saat ini beroperasi di Sorowako,” tambah Iman.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Empat Pembahasan

Lebih lanjut mengenai Ajang Indonesia Nickel Summit 2022, tahun ini akan menghadirkan empat pokok pembahasan, yaitu Kebijakan dan Tata Kelola, Hulu dan Hilir Nikel, Environtmental Social Governance (ESG) serta Sustainability & Conservation dengan melibatkan berbagai stakeholder, mulai dari kalangan pemerintahan, praktisi, pelaku usaha, investor, hingga akademisi.

Selain itu, penyelenggaraan kegiatan ini juga ditujukan untuk menyambut serta menyukseskan tuan rumah event G20, yaitu forum internasional yang fokus pada koordinasi kebijakan ekonomi dan pembangunan.

Secara umum, CKB Group merupakan perusahaan penyedia jasa layanan logistik terpadu nasional dengan jangkauan layanan yang luas, dan telah menjangkau 41 wilayah dengan 34 kota dan 21 provinsi seluruh Indonesia, termasuk kota dan area yang sulit dijangkau transportasi komersial. Selain itu, CKB Group juga memiliki global network yang tersebar di 40 strategic global partners pada 7 wilayah.

Selain itu, CKB Group juga telah memegang lisensi dari pemerintah sebagai operator Pengelola Logistik Berikat (“PLB”) yang tersebar di 5 wilayah di Indonesia, dan Sertifikasi Authorized Economic Operator (“AEO”) dari World Customs Organization guna meningkatkan tingkat efisiensi dan koordinasi logistik yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.