Sukses

Bulog Jamin Kualitas Beras Cadangan Pemerintah Makin Baik

Perum Bulog berkomitmen untuk terus mendongkrak kualitas cadangan beras pemerintah (CBP) yang dimilikinya

Liputan6.com, Jakarta Perum Bulog berkomitmen untuk terus mendongkrak kualitas cadangan beras pemerintah (CBP) yang dimilikinya. Niat tersebut diperkuat oleh Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso alias Buwas kepada setiap jajarannya.

"Jadi terkait dengan beras seperti yang disampaikan Pak Dirut, itu perlahan tapi pasti, kita akan menjadikan beras Bulog itu berkualitas, baik medium maupun premiumnya kualitasnya lebih bagus," ujar Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal di Yogyakarta, Sabtu (23/7/2022).

Guna merealisasikan tujuan tersebut, Iqbal mengatakan, Perum Bulog telah membangun 7 sentra pengolahan beras asalan jadi beras medium/premium (Rice to Rice/RTR), serta 10 pabrik penggilingan gabah jadi beras (Modern Rice Milling Plant/MRMP).

"Jadi kita harapkan ke depan akan semakin banyak mesin pengolahan yang bisa kita bangun. Sehingga beras kita bisa lebih baik untuk CBP maupun komersial," kata Iqbal.

Iqbal menjelaskan, Bulog saat ini mendapat penugasan dari pemerintah untuk menjaga stok Cadangan Beras Pemerintah antara 1-1,5 juta ton. Di sisi lain, Bulog juga diperkenankan untuk menjual beras secara komersial.

"Tapi dari sisi kualitasnya, komersial bisa medium dan premium. Kalau CBP hanya sampai medium kalau sampai saat ini. Medium dan premium itu kan perbedaannya satu di broken," ungkap dia.

"Kalau medium broken-nya 20 persen maksimal. Kalau di bawah itu sudah premium, 5-10 persen. Kemudian tingkat keterlupasannya itu. Kalau premium mendekati 100 persen. Kalau medium itu 95 persen keterlupasannya, itu sudah bagus, biasanya medium begitu," terangnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bulog Jual Beras Anti Stunting, Berapa Harganya?

Perum Bulog melalui iPangananDotCom menghadirkan beras untuk kesehatan khususnya penanggulangan stunting bermerk Fortivit. Beras sehat ini dijual seharga Rp59.000 per 3 kilogram.

Mengutip Merdeka.com, stunting merupakan gangguan pertumbuhan pada anak yang ditandai dengan tidak sempurnanya tinggi badan anak. Kondisi ini biasanya terjadi karena kurangnya gizi pada anak.

"Kita juga hadirkan beras fortivit untuk stunting bermerk Fortivit," kata Wakil Pimpinan Wilayah Bulog Jawa Tengah Sri Muniati di Gudang IPangananDotCom Tambak Aji, Semarang, Jumat (22/7).

Untuk cara pembelian melalui aplikasi Shopee, bisa dimulai dengan klik IPangananDotCom, kliktujuan kota pengiriman, check out produk, cek alamat pengiriman, pilih sistem pembayaran, buat pesanan dan lakukan pembayaran. Pesanan akan diterima 2-3 hari kerja efektif setelah dilakukan pembayaran.

Apabila pembayaran terverifikasi sebelum pukul 16.00 WIB, pesanan akan diproses pada hari yang sama kecuali Sabtu hanya sampai pukul 12.00 WIB.

Bagi masyarakat yang berminat untuk memesan namun menemui kendala atau ingin bekerjasama, dapat menghubungi Call Centre iPangananDotCom nomor (021) 50986039 atau BULOG KanwilJateng pada nomor 081283288109.

Sebagai informasi, saat ini Bulog hadir di 11 kota besar meliputi Jakarta, Tangerang, Bogor, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Medan, dan Makassar.  

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pasok Beras ke Freeport, Bulog Kantongi Omzet Rp 2 Miliar per Bulan

Perum Bulog terus melakukan inovasi dalam menghasilkan produksi beras berkualitas. Salah satunya melalui pabrik pengolahan beras Rice to Rice (RTR) Sukoharjo, Jawa Tengah.

RTR Sukoharjo sendiri tidak hanya melayani pesanan beras berkualitas di sekitar kawasan, tapi juga hingga ke Papua seperti yang dipesan oleh PT Freeport Indonesia.

"Kita tidak membatasi layanan penjualan. Bahkan kemarin ada pesanan beras yang (merek) Kota Radja dari Freeport," ujar Operation Manager RTR Sukoharjo Wisnu Sancoyo di RTR Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2022).

Selain RTR, Perum Bulog juga memiliki infrastruktur penggilingan beras modern atau Modern Rice Milling Plant (MRMP) yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satunya MRMP berskala kecil yang ada di Kabupaten Merauke, Papua.

Namun, Wisnu menyangkal beras hasil penggilingan dari Merauke memiliki mutu lebih rendah dibanding Sukoharjo. Adapun pesanan Freeport yang datang padanya lebih kepada urusan selera.

"Bukan (karena secara kualitas lebih rendah), lebih karena kecocokan saja. Beras yang dari sana kan lebih keras, mungkin mereka lebih sesuai dengan yang ada di sini," ungkapnya.

Untuk RTR Sukoharjo, Wisnu menjelaskan, itu memiliki kapasitas produksi antara 6-7 ton per jam. Sehingga produksi beras yang bisa dihasilkan dalam sehari bisa mencapai 48 ton.

4 dari 4 halaman

Jualan Online, Bulog Raup Omzet Rp 8 Miliar per Tahun

Perum Bulog sukses meraup omzet Rp 8 miliar lebih dari transaksi pada toko online miliknya, iPangananDotCom. Selain menjual beras sebagai komoditas utamanya, platform yang dibangun Bulog tersebut juga menjajakan produk lain semisal minyak goreng sampai gula.

Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal mengatakan, jumlah transaksi terbesar via iPangananDotCom berasal dari wilayah Jabodetabek, khususnya Jakarta.

 "Kalau secara nasional per bulan sekitar Rp 700 juta, kalau setahun Rp 8 miliar. (Transaksi) di Jakarta lebih banyak. Kalau Jabodetabek transaksi jumlahnya 500-1.000 transaksi per hari," terang Iqbal di Gudang Bulog Tambak Aji, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2022).

iPangananDotCom sendiri merupakan toko online hasil kerjasama Perum Bulog dengan SSI (StoreSend Indonesia). Platform ini hadir di 11 kota besar, meliputi Jakarta,Tangerang, Bogor, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Medan,dan Makasar.

Konsep yang ditawarkan adalah hyperlocal, yakni menyediakan stok bahan pangan di titik lokasi gudang, sehingga tercipta efisiensi waktu proses pengiriman. Konsep ini menjadi nilai tambah dalam menjamin kelancaran berbelanja menjadi praktis dan cepat.

Wakil Pimpinan Wilayah Bulog Jawa Tengah Sri Muniati menyampaikan, iPangananDotCom di Semarang menempatkan pusat distribusinya pada salah satu unit gudang di Komplek pergudangan Tambak Aji Semarang.

"Omzet penjualan rata-rata Rp 450 juta per tahun, atau Rp 1,4 juta per hari. Produk paling laris adalah beras, khususnya kualitas medium merk Nanas Madu. Sedangkan beras kualitas premium merk Cap Tanak, produk non beras paling laris adalah gula Maniskita," bebernya.

Secara keseluruhan, ia menambahkan, iPangananDotCom menyediakan sekitar 19 jenis komoditas. Termasuk 104 merk non-Bulog yang terdaftar.

"Khusus di iPangananDotCom Semarang, saat ini kami menawarkan beras kualitas premium diantaranya merk Tanak, Eunak, Befood Slyp Super, Befood Setra Ramos dan Pulen Wangi," tuturnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.