Sukses

PAL Terima Kunjungan Delegasi Angkatan Laut Prancis, Bahas Apa?

Selama ini PAL telah memiliki hubungan yang sangat baik dengan perusahaan-perusahaan di Prancis seperti Naval Group dan Thales.

Liputan6.com, Jakarta - SEVP Transformation Management Satriyo Bintoro menerima kunjungan delegasi Angkatan Laut beserta Atase Pertahanan Prancis, yang dipimpin oleh Vice Admiral Christophe Lucas selaku Deputy Chief of French Naval Stafffor International Relations di PT PAL Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Satriyo Bintoro menekankan, hubungan bilateral akan semakin menguat sekaligus memperluas kerjasama khususnya bidang pertahanan matra laut antara PT PAL Indonesia dengan industri pertahanan Prancis.

"Selama ini PAL telah memiliki hubungan yang sangat baik dengan perusahaan-perusahaan di Prancis seperti Naval Group dan Thales. Selain dalam segi bisnis, antaraP AL dan Naval Group khususnya telah bersepakat untuk melakukan kerjasama pengembangan kapal selam, dimana PAL diberi tugas oleh negara untuk membangun kapal selam tersebut di fasilitas Divisi Kapal Selam kami" tutur SEVP TM PAL, dikutip dari keterangan tertulis pada Jumat (21/7/2022).

Sebagai informasi, PAL Indonesia telah melakukan MoU dengan Naval Group pada 10 Februari 2022.

Penandatangan MoU itu pun disaksikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Prancis dikantor Kementerian Pertahanan RI.

Lebih lanjut, PAL Indonesia mengatakan, kunjungan ini sebagai salah satu bentuk langkah serius dalam memperkuat kerjasama diantara keduanya.

Delegasi Naval Group sendiri telah beberapa kali berkunjung, selain untuk membahas kerjasama juga meninjau fasilitas produksi kapal selam milik PT PAL Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sampaikan Apresiasi

Pada pertemuan itu juga, Naval Group memberikan apresiasi PAL dapat melakukan pembangunan kapal selam di fasilitas yang telah disediakan.

Hal ini merupakan sinyal positif, khususnya dalam bidang pengembangan kapabilitas SDM PAL yang sebelumnya juga telah mendapat pengalaman dalam pembangunan kapal selam KRI Alugoro-405.

"Sangat menyenangkan bagi kami untuk berada di sini. Selain itu, kami menyambut hangat kerjasama antara negara ini. Tidak hanya dalam lingkup bisnis, dengan adanya navy tonavy talk dan peran serta industri pertahanan antara Indonesia dan Prancis diharapkan dapat memperkuat hubungan kedua negara," tutur Vice Admiral Christophe Lucas selaku Kepala Hubungan Internasional, Angkatan Laut Prancis.

PAL Indonesia menyampaikan, kerja sama yang kuat antara negara-negara yang memiliki kepentingan bersama merupakan bagian dari langkah nyata untuk membangun stabilitas dan keamanan kawasan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.