Bayern Munich Rekrut Matthijs de Ligt dari Juventus, Segini Biaya yang Dikeluarkan

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 21 Jul 2022, 12:31 WIB
Diperbarui 21 Jul 2022, 12:31 WIB
Foto: Debut Manis Sadio Mane dan Matthijs de Ligt, Bayern Munchen Pesta Gol ke Gawang DC United
Perbesar
De Ligt tak ketinggalan mencatatkan namanya di papan skor di awal babak kedua. Pemain asal Belanda itu melepaskan sepakan voli kaki kiri ke pojok atas gawang DC United. (Tim Nwachukwu/Getty Images/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Bayern Munchen telah resmi merekrut bek asal Belanda, Matthijs de Ligt dari Juventus dengan kontrak selama lima tahun dalam kesepakatan senilai 77 juta euro atau setara Rp 1,1 triliun.

"Saya sangat senang menjadi pemain untuk klub hebat ini," kata Matthijs de Ligt, dikutip dari BBC, Kamis (21/7/2022).

"FC Bayern adalah salah satu klub paling sukses di Jerman, juga salah satu klub paling sukses di Eropa dan di dunia," tuturnya. 

Matthijs de Ligt juga menyampaikan apresiasi kepada manajemen Bayern Munich setelah resmi bergabung dengan klub tersebut.

"Saya merasakan apresiasi yang tulus dari manajemen olahraga, pelatih dan dewan sejak awal, yang meyakinkan saya. Selain itu, ini adalah klub yang dijalankan dengan brilian dengan tujuan besar," ucapnya.

"Saya sangat senang bahwa saya sekarang menjadi bagian dari kisah FC Bayern," tambah Matthijs de Ligt.

Matthijs de Ligt bergabung dengan Juventus dari Ajax dengan kontrak lima tahun pada Juli 2019 dan menghabiskan tiga musim bersama klub tersebut.

Pemain berusia 22 tahun itu memenangkan satu gelar Serie A dan satu Coppa Italia dalam 117 penampilan di Turin.

Sempat diincar oleh Chelsea, Matthijs de Ligt menjadi pemain internasional asal Belanda kedua yang bergabung dengan Bayern musim panas ini setelah transfer gelandang Ryan Gravenberch ke klub tersebut.

Selain Matthijs de Ligt, Bayern juga telah merekrut Sadio Mane dari Liverpool dan bek kanan Noussair Mazraoui dari Ajax, sementara striker Robert Lewandowski telah menandatangani kontrak dengan Barcelona dalam kesepakatan senilai 50 juta euro (Rp 766,7 miliar).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mengintip Nilai Pasar

Matthijs de Ligt
Perbesar
Matthijs de Ligt beraksi dalam laga pramusim Bayern Munchen melawan DC United, Kamis (21/7/2022). (AP/Nick Wass)

Menurut laman Transfermarkt, Matthijs de Ligt memiliki nilai pasar sebesar 70 juta euro atau setara Rp. 1 triliiun. 

Matthijs de Ligt lahir pada12 Agustus 1999 di Leiderdorp, Belanda. Dia mengawali karirnya di Ajax sejak tahun 2009. 

Pemain berusia 22 tahun itu kemudian pindah ke klub yang berbasis di Turin, Italia yakni Juventus, pada tahun 2019. 

Transfermarkt mencatat, Matthijs de Ligt pernah menjadi pemain starter termuda dari klub Belanda di kompetisi Eropa. Selain itu, dalam debut liga di Ajax Amsterdam, dia pun menjadi pencetak gol termuda kedua Ajax.

Matthijs de Ligt juga disebut pernah menjadi kapten termuda dalam sejarah Ajax Amsterdam.

Dia kini disebut menjadi rekrutan termahal kedua dalam sejarah Bayern setelah Lucas Hernández.

"(Penandatangan kontrak) itu sangat sederhana," kata Oliver Kahn ketika ditanya di Bayern US Tour tentang penandatanganan Matthijs de Ligt.

"Itu sangat mirip dengan Sadio Mané; dia memikirkannya selama satu atau dua hari; sama untuk Matthijs de Ligt. Dia dengan cepat yakin bahwa dia ingin bergabung dengan Bayern Munich, dan kami tidak harus berdebat tentang kualitasnya. Dia sangat tinggi, kuat dalam situasi satu lawan satu, memiliki kemampuan untuk membangun dari belakang, dan meskipun dia baru berusia 22 tahun, dia adalah pemimpin di lapangan. Seseorang yang memiliki kehadiran besar," ungkap Kahn.


Barcelona Capai Kesepakatan dengan Bayern Munchen untuk Transfer Robert Lewandowski

Robert Lewandowski Resmi Diperkenalkan Barcelona
Perbesar
Robert Lewandowski menunjukkan jersey saat diperkenalkan sebagai pemain baru Barcelona di Fort Lauderdale, Florida, Rabu (20/7/2022). Sebelum perkenalannya tersebut, sebenarnya Robert Lewandowski sudah muncul dalam laga persahabatan kontra Inter Miami di mana timnya menang telak 6-0. (AP Photo/Marta Lavandier)

Barcelona dan Bayern Munchen akhirnya mencapai kesepakatan untuk transfer Robert Lewandowski. Setelah negoisasi berlarut-larut karena penolakan Munchen, klub asal Bavaria itu akhirnya luluh uga.

Seperti dilansir ESPN, Barca dan Munchen capai kesepakatan untuk striker asal Polandia ini dengan harga sebesar ini.

Barcelona akhirnya sepakat untuk mendatangkan striker asal Polandia itu dengan transfer 45 uta euro plus 5 juta euro sebagai bonus. Berdasarkan sumber ESPN, Robert Lewandowski akan diumumkan di pekan ini.

Lewandowski saat ini masih mengikuti latihan dengan Bayern Munchen. Namun dia terlambat dua kali saat mengikuti latihan.

Maka itu, Lewandowski bisa gabung dengan Barcelona saat tur ke Amerika Serikat. Barca akan menghadapi Inter Miami FC di laga itu.

"Kami sudah mencapai kesepakatan verbal dengan Barcelona. Menyenangkan karena kini jelas buat dua klub. Robert pemain hebat dan dia memenangkan segalanya bersama kami," kata Presiden Munchen Herbert Heiner.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya