Mau Mandiri Secara Finansial? Coba Tanya Diri Sendiri 4 Hal Penting Ini

Oleh Liputan6.com pada 06 Agu 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 06 Agu 2022, 07:00 WIB
Tips Keuangan/mlg
Perbesar
Ilustrasi tips hemat/copyright unsplash.com/@belart84

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang kini menginginkan untuk bisa mandiri secara finansial. Namun, sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar semuanya terencana dengan baik.

Fans of FIRE yang merupakan singkatan dari “kemandirian finansial, pensiun dini” menjelaskan sebuah gagasan untuk menyimpan sebagian besar pendapatan di usia 20 dan 30-an. Sementara untuk pensiun atau hanya fokus pada hobi dan proyek gairah di usia 30-an atau 40-an.

Jika tertarik dengan FIRE, kemungkinan Anda pun pernah mendengar tentang Grant Sabatier. Dia menjadi Penulis “Kebebasan Finansial” dan Pendiri situs web Millennial Money dan BankBonus.com yang cukup dikenal terutama setelah menyimpan lebih dari USD 1 juta hanya dalam lima tahun dengan meluncurkan beberapa usaha sampingan dan menghemat lebih dari 80 persen pendapatannya .

Namun tidak seperti banyak rekan-rekannya, Sabatier tidak percaya jalannya menuju kemandirian finansial harus digunakan sebagai peta jalan.

“Salah satu kesalahan yang dilakukan orang adalah mereka melihat video YouTube atau postingan blog atau membaca buku tentang bagaimana seseorang menjalani hidup mereka dan berpikir, ‘Begitulah cara saya menjalani hidup saya’. Itu selalu rencana yang buruk,” jelas dia melansir CNBC, Sabtu (6/8/2022).

Mungkin tampak logis untuk meraih kerangka kerja luar guna diterapkan pada keuangan Anda, kata Sabatier. Akan tetapi, akan jauh lebih mungkin untuk menemukan kesuksesan jika Anda mulai introspeksi.

“Lebih mudah mengejar sesuatu daripada berhenti dan melihat hidup Anda,” katanya. “Pada akhirnya, semakin baik Anda mengenal diri sendiri, semakin mudah mengelola uang Anda.”

Berikut adalah empat pertanyaan yang harus ditanyakan pada diri sendiri jika Anda ingin mandiri secara finansial menurut Sabatier.

 

 

 


1. Bagaimana uang membantu mencapai tujuan saya?

4 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Setelah Punya Anak
Perbesar
Setelah punya anak, keuangan rumah tangga harus dikelola lebih bijak. Berikut tips-tipsnya. (FOTO: Unsplash/sandy millar).

Sabatier menyarankan untuk melihat uang sebagai semacam energi potensial — kekuatan yang memberi Anda waktu dan pilihan untuk memperluas aktivitas Anda dan merasa lebih hidup. Jika Anda memulai tanpa banyak uang, jangan terjebak dalam memberi diri Anda angka dolar yang besar untuk pensiun, katanya.

“Jika Anda mengincar USD 5 juta atau USD 10 juta , itu mengganggu. Jika Anda tidak punya apa-apa, dapatkan USD 5.000. Jika Anda memiliki USD 10.000, dapatkan USD 50.000. Tetapkan ambang batas berikutnya untuk dikejar, dan lakukan segalanya untuk sampai ke sana secepat Anda merasa nyaman,” jelasnya.

Dengan setiap level baru, pertimbangkan bagaimana jumlah uang ini memengaruhi kehidupan Anda secara material.

“Begitu Anda memiliki USD 10.000, pikirkan berapa banyak kebebasan yang diberikan kepada Anda,” katanya.

Dia menuturkan, “Mungkin itu memungkinkan Anda untuk pindah dari rumah orang tua Anda, atau berhenti dari pekerjaan Anda dan mencoba sesuatu yang lain. Anda mungkin berpikir Anda menginginkan lebih banyak uang, tetapi penting untuk bertanya pada diri sendiri apa yang Anda lakukan dengan kebebasan yang sudah Anda miliki.”

2. Apa yang rela dikorbankan?

“Setiap kali Anda menghabiskan uang, Anda tidak menyimpannya,” kata Sabatier. “Anda melakukan pertukaran. Anda mengorbankan sejumlah kebebasan di masa depan.”

Masalah yang dihadapi banyak orang, kata Sabatier, adalah mereka mengorbankan kebahagiaan saat ini untuk kekayaan masa depan dengan menghilangkan hal-hal yang membuat mereka bahagia.

“Cara termudah untuk menemukan keseimbangan itu adalah dengan membuat daftar hal-hal yang membuat Anda paling bahagia dalam hidup dan mencari tahu berapa biayanya,” katanya. “Fokus pada pengeluaran untuk hal-hal itu, dan hemat untuk yang lainnya.”

Bagi banyak orang, hal-hal yang memicu kegembiraan, seperti bermain papan permainan dengan teman atau minum bir dan menonton pertandingan bola basket, tidak mahal atau gratis. Tidak ada gunanya, katanya, untuk mengurangi pembelian kecil dan kenyamanan makhluk ini. Alih-alih, fokuslah untuk membuat perubahan pada item baris terbesar dalam anggaran Anda.

“Anda akan menghemat uang paling banyak di tempat yang paling banyak Anda belanjakan: perumahan dan makanan,” katanya. “Berpindah dari situasi hidup yang menelan biaya USD 3.000 per bulan ke situasi yang membutuhkan biaya USD 1.000 per bulan akan membuat Anda jauh lebih maju [setelah] menghentikan langganan Netflix Anda.”

 

 


3. Bagaimana saya bisa memaksimalkan investasi?

4 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Setelah Punya Anak
Perbesar
Setelah punya anak, keuangan rumah tangga harus dikelola lebih bijak. Berikut tips-tipsnya. (FOTO: Unsplash/cathryn lavery).

Ada satu tempat di mana Anda harus benar-benar memangkas biaya, misalnya portofolio Anda. “Sebagian besar uang Anda harus masuk ke dana indeks pasar saham total ,” kata Sabatier.

Untuk memaksimalkan hasil investasi Anda, Sabatier menyarankan untuk menghindari obligasi sama sekali dan berinvestasi hemat di saham individu.

“Anda harus menganggap saham sebagai cara yang menyenangkan untuk menambahkan beberapa diversifikasi ke portofolio Anda,” katanya. “Tetapi semakin tua saya, semakin saya menyadari bahwa saya bukan pemetik saham individu yang buruk, tetapi pasar akhirnya mengalahkan saya.”

Tergantung di mana Anda berada dalam perjalanan keuangan, mungkin juga masuk akal untuk melakukan diversifikasi ke aliran pendapatan baru, baik dalam bentuk usaha kecil atau investasi real estat .

“Memulai bisnis adalah cara untuk mendiversifikasi penghasilan Anda dan mendapatkan banyak kepuasan dalam hidup Anda,” kata Sabatier. “Saya pikir Anda akan melihat itu muncul sebagai narasi yang dominan — orang-orang menggunakan bisnis mereka untuk menjalani hidup dengan cara mereka sendiri.”

Untuk saat ini, kata Sabatier, cara paling populer jika ingin membangun kemandirian finansial adalah dengan memiliki properti.

“Sebagian besar investor muda yang telah mencapai kemandirian finansial telah melakukannya melalui real estat, dengan memiliki tiga hingga lima rumah keluarga tunggal,” katanya. “Ini adalah sesuatu yang saya lewatkan dalam perjalanan finansial saya sendiri. Saya mungkin bisa sampai di sana lebih cepat dengan memperoleh properti yang menghasilkan cukup uang untuk menutupi biaya hidup.”

4. Bagaimana saya membangun keterampilan?

Menambahkan keterampilan dan mencoba jalur karier yang berbeda sejak dini membuat Anda lebih mungkin untuk akhirnya menemukan pekerjaan yang menguntungkan dan memuaskan, kata Sabatier. “Keterampilan adalah mata uang masa depan Anda. Semakin banyak keterampilan yang Anda miliki, semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk menghasilkan lebih banyak uang.”

Namun, bukan berarti harus kembali ke sekolah. “Semua orang harus tahu cara membuat situs web, menjalankan kampanye iklan Google, dan memahami branding dan desain,” katanya. “Ini adalah hal-hal yang dapat Anda pelajari secara gratis di YouTube.”

Semakin dini memikirkan hubungan Anda dengan pertanyaan-pertanyaan ini, semakin baik jalan Anda menuju kemandirian finansial, kata Sabatier.

“Menyimpan satu dolar di 22 bernilai lima kali lebih banyak daripada menabung satu dolar di 32,” katanya. “Menyimpan ketika Anda lebih muda meningkatkan kekuatan mesin peracikan. Itu benar-benar memberi Anda kekuatan dari waktu ke waktu. ”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya