Sukses

Pengusaha Sawit: Minyak Makan Merah Sudah Kami Cetuskan Sejak 2010

Para pengusaha sawit sebetulnya mengarahkan para petani untuk menjadi pemilik pabrik yang memproduksi minyak makan merah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan mengembangkan minyak makan merah. Minyak ini diklaim lebih sehat dan lebih murah dibandingkan dengan minyak goreng biasa.

Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Sahat Sinaga, mengatakan sebetulnya rencana pemerintah itu sudah lebih dulu dicetuskan oleh para pengusaha sawit.

"Sebetulnya apa yang disampaikan orang ke Pak Jokowi itu hanya kulit-kulitnya, dan plagiat dari apa yang pernah kami cetuskan pada tahun 2010," kata Sahat kepada Liputan6.com, Selasa (19/7/2022).

Kemudian, berkembang di tahun 2018, ketika ITB menemukan katalist "Merah-Putih" untuk membuat Bensa ( Bensin Sawit) sehingga yang dia sebut "Minyak Makan Sehat" yaitu Minyak Sawit Merah yang penuh vitamin alami dan nutrisi tinggi, tidak seperti minyak goreng sekarang miskin vitamin.

"Ini (minyak makan sehat alias minyak makan merah) akan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia," ujarnya.

Sahat menjelaskan, produk yang akan dihasilkan dari pengolahan revolusi teknolgi SPOT & IRU bukan Crude Palm Oil (CPO) tapi adalah Premium Palm Oil (PPO).

Para pengusaha sawit sebetulnya mengarahkan para petani untuk menjadi pemilik pabrik yang memproduksi minyak makan merah, melalui sistem koperasi sawit, atau mirip FELDA yang ada di Malaysia yaitu singkatan dari Federal Land Development Authority (FELDA).

FELDA merupakan sebuah lembaga pemerintah Malaysia yang menangani penataan kawasan pedesaan tertinggal menjadi kawasan pembangunan baru. Lembaga ini memusatkan perhatian pada pembukaan ladang-ladang kecil yang dapat menghasilkan tumbuhan produktif dan cepat panen.

"Dan pabrik ini kami arahakan untuk menjadi milik dari para petani, Koperasi Petani Sawit mirip FELDA yang di Malaysia. Dengan demikian para Petani Sawit itu berubah dari status marginal "OBJECT" menjadi "SUBJECT" ( Poverty Alleviation )," ujar Sahat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Minyak Makan Merah?

Pemerintah akan mengembangkan minyak makan merah. Minyak ini diklaim lebih sehat dan lebih murah dibandingkan dengan minyak goreng biasa.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menjelaskan, pemerintah akan mengembangkan minyak makan merah sebagai alternatif minyak goreng.

Teten menjelaskan, minyak makan merah memiliki kandungan protein dan vitamin A tinggi. Minyak makan merah sudah diproduksi di Malaysia dan diekspor negara tersebut ke China untuk mengatasi kekurangan vitamin A.

Meskipun sama-sama dari CPO atau kelapa sawit, proses pembuatan minyak makan merah berbeda dengan minyak goreng pada umumnya yang harus melalui proses bleaching. Minyak makan merah tanpa melalui proses bleaching sehingga kandungan protein dan vitamin A sangat tinggi.

Teten mengatakan, harga jual minyak makan merah akan lebih murah dibandingkan minyak goreng yang biasa dikonsumsi masyarakat, serta dengan kandungan protein dan vitamin A yang lebih tinggi.

Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) sebelumnya telah memperkenalkan teknologi sederhana untuk produksi minyak makan merah yang masih mempertahankan kandungan senyawa fitonutrien berkadar tinggi meliputi karoten (sebagai pro-vitamin A), tokoferol dan tokotrienol (sebagai vitamin E), dan squalene.

Dikutip dari laman Kementerian Pertanian, menurut PPKS, minyak makan merah berpotensi digunakan sebagai pangan fungsional salah satunya sebagai bahan pangan untuk antistunting karena selain sebagai sumber lemak (zat gizi dasar) juga mengandung senyawa fitonutrien yang memiliki sifat sebagai antioksidan dan bioaktivitas lainnya.

Teknologi produksi minyak makan merah ini dapat dikembangkan pada skala UMKM sebagai potensi peningkatan nilai tambah dan peningkatan kesejahteraan pekebun dari pengembangan usaha berbasis produk turunan kelapa sawit melalui pemberdayaan koperasi.

Produk inovasi ini dapat menjadi solusi untuk pemenuhan zat gizi bagi masyarakat Indonesia. Edukasi dan sosialisasi tentang manfaat dari minyak makan merah perlu dilakukan agar minyak makan merah dan produk diversifikasinya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

3 dari 4 halaman

Belum Banyak Konsumen

Sedangkan dikutip dari laman astra-agro.co.id, minyak makan merah memiliki warna yang terang mencolok dan aromanya kuat. Minyak makan merah dibuat dari buah pohon kelapa sawit (Elaeis guineensis). Berasal dari Afrika Barat, pohon ini tumbuh di banyak negara tropis termasuk Indonesia dan Malaysia.

Dalam keadaan belum diolah, minyak sawit berwarna merah tua karena mengandung beta karoten, pigmen oranye-merah yang memberi warna khas pada wortel.

minyak makan merah memiliki rasa dan bau yang menyengat sehingga perlu waktu untuk membiasakan diri. Warna, rasa, dan baunya menjadi alasan mengapa minyak ini tidak disukai banyak orang. Versi yang lebih populer adalah minyak sawit refined, bleached, and deodorized (RBD), banyak dijual di supermarket, karena hambar, tidak berbau, dan berwarna kuning muda.

Minyak makan merah adalah salah satu produk makanan paling serbaguna di dunia. Minyak ini digunakan untuk menyiapkan makanan serta bahan margarin, es krim dan banyak makanan lainnya.

4 dari 4 halaman

Proses Penyulingan

Minyak sawit, khususnya minyak makan merah, dibuat dari buah kelapa sawit Afrika, baik bijinya maupun dagingnya. Minyak sawit merah kurang dimurnikan dibandingkan minyak sawit yang diputihkan.

Proses penyulingan yang terlibat dalam produksi minyak makan merah menghilangkan lebih sedikit nutrisi, yang menjadikan minyak ini sebagai alternatif yang berpotensi lebih sehat daripada minyak sawit standar.

Penting untuk mempertimbangkan pengaruh minyak ini terhadap kesehatan. Ilmu pengetahuan telah meneliti minyak makan merah untuk mengidentifikasi manfaat kesehatan yang diberikannya serta potensi risikonya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.