Sukses

CCTV Jalan Tol Jakarta-Cikampek Bisa Diakses Online Lho, Ini Caranya

Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR telah merilis sejumlah situs untuk pemantauan CCTV secara online, salah satunya di sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek.

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR telah merilis sejumlah situs untuk pemantauan CCTV secara online. Nantinya, masyarakat bisa mengakses situs tersebut untuk melihat kondisi terkini di beberapa ruas tol di Indonesia.

Hal ini disinyalir bisa menjadi salah satu upaya bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan darat utamanya jalan tol. Artinya, bisa juga menjadi salah satu antisipasi jika terjadi kemacetan.

Kemacetan di ruas tol kerap menjadi masalah tersendiri bagi sejumlah kelompok masyarakat. Apalagi, adanya peningkatan pergerakan di beberapa ruas jalan tol selama akhir pekan.

“CCTV jalan tol Jakarta-Cikampek sudah bisa dilihat online, jadi bisa lihat kondisi jalan tol dulu kalau mau melewatinya,” tulis keterangan yang diterima Liputan6.com, Sabtu (16/7/2022).

Berikut ini cara mengecek pantauan CCTV online yang disediakan Bina Marga;

Kamu bisa masuk ke situs milik Bina Marga. Opsi lainnya, dengan mengetikkan binamarga.pu.go.id/index.php/ contents/cctv/?id_ruas=japek. Situs ini bisa berlaku untuk mengakses pantauan CCTV di ruas tol Jakarta-Cikampek.

Untuk mengecek ruas jalan tol lain selain Jakarta-Cikampek, kamu bisa mengubah nama ruas tol setelah simbol ‘sama dengan’ atau “=”.

Setelah masuk ke situs tersebut, kamu akan disuguhkan sederet gambar dari CCTV yang ada di beberapa titik.

Sebagai contoh, di ruas tol Jagorawi, ada sekitar 27 titik CCTV yang ditampilkan. Kamu bisa melihat keterangan titik pantauan itu di bawah video yang terlihat.

Untuk diketahui, pantauan CCTV ini juga menampilkan gambar yang sesuai dengan waktu kamu melihatnya. Artinya, gambar yang ditampilkan merupaka realtime.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganti Lokasi

Jika kamu ingin mengganti lokasi pantauan CCTV, kamu bisa mengetuk keterangan di bagian atas daftar video. Disana tertulis “Kembali ke halaman Ruas CCTV”.

Pada tampilan di halaman tersebut, akan ada daftar sederet ruas tol yang bisa dipantau CCTV-nya. Mulai dari ruas tol di Jawa, Sumatera, hingga ruas tol lainnya.

Dalam daftar itu, ada pula keterangan yang menyebutkan jumlah CCTV yang aktif dan tidak aktif. Sehingga kamu bisa mengetahui informasi awal tersebut. 

 

 

3 dari 3 halaman

Daftar CCTV Jalan Tol yang Bisa Diakses Online

JAGORAWI :

https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv/?id_ruas=jagorawi

JAKARTA - CIKAMPEK

https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv/?id_ruas=japek

JAKARTA TANGERANG

https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv/?id_ruas=janger

PONDOK AREN SERPONG

https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv/?id_ruas=pdkaser

BOGOR OUTER RING ROAD

https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv/?id_ruas=borr

PONDOK RANJI ULUJAMI

https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv/?id_ruas=uljam

JALAN LAYANG MBZ

https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv/?id_ruas=japekelevated

MEDAN KUALANAMU TEBING TINGGI

https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv/?id_ruas=jmkt

BELAWAN TANJUNG MORAWA

https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv/?id_ruas=belmera

PANDAAN MALANG

https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv/?id_ruas=panmal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.