Sukses

Strategi KB Bukopin Pacu Pertumbuhan Kredit

Nasabah Bank KB Bukopin dapat menggunakan pembiayaan multiguna untuk pembiayaan modal usaha, renovasi rumah, biaya pendidikan, atau bahkan berlibur melalui KB Finansia Multi Finance.

Liputan6.com, Jakarta Mengusung tema One KBFG Indonesia, Bank KB Bukopin telah melakukan serangkaian kerjasama dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman dengan KB Valbury Sekuritas dan Valbury Capital Management pada hari sebelumnya tanggal 5 Juli 2022, Management KB Bukopin terus bergerak cepat dengan mewujudkan penandatanganan nota kesepahaman dengan KB Finansia Multi Finance. Penandatanganan ini dilakukan pada hari Rabu 6 Juli 2022 lalu di Kantor Pusat Bank KB Bukopin.

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong menyampaikan, pihaknya berharap Nasabah Bank KB Bukopin dapat menggunakan pembiayaan multiguna untuk pembiayaan modal usaha, renovasi rumah, biaya pendidikan, atau bahkan berlibur melalui KB Finansia Multi Finance.

"Kami yakin dengan komitmen bersama ini akan selalu meningkatkan kualitas layanan untuk nasabah dengan mengembangkan sistem dan jaringan yang terpadu," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (16/7/2022).

“Dengan mulai masuknya beberapa perusahaan Group KB di Indonesia maka One KBFG Indonesia menjadi satu awal mula yang baik untuk saling membantu dan terus berusaha memberikan ide-ide baru hingga kita menjadi satu finansial grup di Indonesia yang tunduk terhadap ketentuan yang berlaku di Indonesia, khususnya OJK," lanjut dia.

Penandatanganan ini bertujuan untuk penjajakan kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak dengan berpatokan kepada Ketentuan OJK Lembaga Jasa Keuangan untuk Bank dan Non Bank dan di dukung dengan kemampuan Kookmin Group serta keinginan dari kedua belah pihak maka kerjasama ini diharapkan dapat berjalan

Sebagai informasi, fungsi intermediasi perbankan semakin bertumbuh di penghujung tahun 2021 lalu dan Bank Indonesia dalam laporannya pada akhir Januari 2022 lalu menyebutkan bahwa penyaluran kredit perbankan pada Desember 2021 tercatat sebesar Rp 5.755,7 triliun dan diproyeksikan meningkat menjadi 7 persen hingga 9 persen di tahun 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beri Nilai Tambah

Menurut Corporate Strategy Group KB Bukopin, Nota Kesepahaman selanjutnya akan didetailkan mengenai rencana kerjasama setiap produk dan layanan dalam suatu Perjanjian Kerja Sama antar kedua belah pihak.

Saat ini KB Financial Group mencoba mengkolaborasi seluruh perusahaan afiliasi dibawah kendalinya di Indonesia sebagai one stop financial services. Mereka berharap hal ini dapat memberikan nilai tambah bagi nasabah dan perusahaan.

Menurut data Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), seiring dengan perbaikan ekonomi yang terus pulih, kualitas kredit multifinance terus menunjukkan perbaikan.

Hal tersebut terlihat dari Non Performing Financing (NPF) atau rasio kredit macet yang menyentuh level 2,78 persen, terendah setelah 25 bulan. Untuk perusahaan multifinance, NPF multifinance menjadi salah satu yang terdampak beberapa tahun terakhir mengingat adanya pandemi Covid-19. Terakhir, NPF multifinance berada di level 2 persen ada di Maret 2020 di angka 2,82 persen, naik dari bulan sebelumnya di angka 2,66 persen.

“Pulihnya daya beli masyarakat turut memantik kembali kebutuhan perorangan dan pelaku usaha terhadap sumber pendanaan, termasuk pembiayaan. Hal ini yang membawa industri multifinance menunjukkan tren positif pemulihan sejak akhir tahun 2021 lalu. KB Bukopin melihat ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan bisnis melalui perusahaan terafiliasi dari KB Financial Group," tutup Robby.

 

3 dari 3 halaman

Pelayanan Pembiayaan Multiguna

PT Finansia Multi Finance merupakan salah perusahaan pembiayaan yang didirikan pada tanggal 9 Juni 1994 (beroperasi dengan nama brand KreditPlus). Pada tanggal 3 Juli 2020, PT Finansia Multi Finance bergabung dengan KB Kookmin Card, bagian dari Group Finansial terbesar di Korea Selatan dan berganti nama menjadi PT KB Finansia Multi Finance.

Saat ini PT KB Finansia Multi Finance fokus terhadap pelayanan pembiayaan multiguna untuk berbagai macam produk elektronik dan furniture, dan pinjaman dana dengan agunan BPKB kendaraan (motor dan mobil) untuk berbagai macam kebutuhan.

Salah satu strateginya adalah dengan menjalin kerjasama dengan e-commerce channel melalui sistem yang terintegrasi dalam rangka memberikan layanan terbaik kepada konsumen dalam melakukan transaksi online tanpa kartu kredit.

Mengusung prinsip Belanja Online Tanpa Kartu Kredit, PT KB Finansia Multi Finance juga menjangkau konsumen baru yang bertransaksi secara online melalui e-commerce channel yang ternama dan dipercaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.