Sukses

Jokowi Tegur Kampanye Minyak Goreng, Mendag Zulkifli Hasan: Saya Kan Ketua Partai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) untuk lebih fokus bekerja.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) untuk lebih fokus bekerja. Hal ini disampaikan guna menanggapi sikap Zulkifli Hasan yang meminta warga memilih anaknya saat membagikan minyak goreng gratis di Lampung beberapa waktu lalu.

Mendapat kritikan tersebut, Mendag Zulkifli Hasan mengatakan, kegiatan bagi-bagi minyak goreng tersebut merupakan agenda di luar tugasnya sebagai Menteri Perdagangan. Dalam hal ini, ia turut mempromosikan anaknya dengan status dia sebagai Ketua Umum PAN.

"Saya kan selain menteri aslinya ketua umum partai. Jadi ketua umum partainya duluan kan, menterinya belakangan," ujar Mendag Zulkifli Hasan di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

"Jadi sudah bertahun-tahun kita adakan namanya PANsar Murah, maka hari Sabtu libur, diadakan di Lampung," kata dia.

Belajar dari pengalaman tersebut, rekan-rekannya lantas meminta Zulkifli Hasan untuk lebih membatasi diri. Salah satu caranya, dengan lebih berhati-hati saat pidato.

"Biasa lah, kan jadi menteri ada yang pro dan kontra. Ada politiknya juga. Oleh karena itu saya membatasi diri, minta teman-teman untuk pidato-pidato yang tertulis. Saya biasanya bicara hati, tapi kali ini tertib," tutur Mendag Zulkifli Hasan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosok Futri Zulya, Anak Zulkifli Hasan yang Viral di Medsos Gara-Gara Minyak Goreng

Sebelumnya, Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mendapat sentilan dari Presiden Joko Widodo, usai video mengkampanyekan anaknya, Futri Zulya, saat membagikan minyak goreng di Lampung viral di media sosial. Lalu siapa sebenarnya Futri Zulya itu

Futri merupakan Wakil Ketua Umum PUAN yang juga Calon DPR RI dari PAN Daerah Pemilihan Lampung I. Dari akun Instagram resminya @putri_zulhas, Futri kerap membagikan momen aktivitasnya bersama  PAN dan PUAN. Futri juga kerap tampil fashionable dan cantik ini sering membagikan momen-momen bersama pesohor di akun medsosnya.

Kini, ibu dua anak ini menggeluti bisnis yang berkecimpung di dunia perempuan dan anak yaitu Kids Republic School (Playgroup, Kindergarten & Primary) dan Kidz Clinic (Children & Development Center) serta Klinik Aesthetics Zglow Clinic yang sudah tersebar cabang-cabangnya.

Wanita kelahiran Jakarta, 13 Mei 1988 ini merupakan lulusan SBM ITB, dan meraih gelar Master of Business with Merit di Australian National University. 

Dalam beberapa kesempatan, Futri mengenang sosok ayah, Zulhas, sebagai guru yang selalu mengajarkan anak-anaknya untuk punya daya juang dalam mewujudkan mimpi. Dalam pandangan Zulhas, anak perempuan dan laki-laki tak ada yang berbeda.

"Ayah selalu mengajarkan untuk terus mencapai mimpi dan semua orang, laki-laki atau perempuan berhak mendapatkan apa yang diimpikan asal terus berusaha," kata Futri.

3 dari 3 halaman

Sentilan Jokowi

Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta agar para menterinya fokus bekerja, termasuk Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan harus dapat menurunkan harga minyak goreng.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp14 ribu atau di bawah Rp14 ribu. Paling penting itu, tugas dari saya itu," kata Jokowi, Selasa (13/7/2022).

Pada Minggu (10/7/2022) beredar video di media sosial yang menunjukkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak warga di Lampung untuk memilih anaknya Futri Zulya Savitri yang maju sebagai calon anggota DPR RI daerah pemilihan Lampung I. Ajakan Zulkifli agar warga memilih anaknya itu dilakukan sembari membagi-bagikan minyak goreng di kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung.

"Jadi ke pasar-pasar dalam rangka mengecek, saya pun sama mengecek minyak goreng. Utamanya ini yang kita cek itu minyak curah lho ya. Jangan sekali-sekali lari ke minyak kemasan yang premium, yang kita cek adalah minyak goreng curah agar harganya di angka Rp14 ribu atau di bawahnya," kata Jokowi

Presiden juga menekankan agar para menteri, utamanya yang mengurusi bidang energi dan pangan, agar bisa fokus menangani dua hal tersebut. Menurutnya, saat ini situasi dunia sedang terdisrupsi di dua bidang tersebut.

"Semuanya harus fokus bekerja utamanya yang berkaitan dengan energi dan pangan, ini penting. Ini saya urus terus urusan yang berkaitan dengan BBM, urusan yang berkaitan dengan energi itu misalnya batu bara semuanya karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan sehingga kita harus konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini," kata Jokowi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.