Menengok Kehidupan Mewah Boris Johnson Eks PM Inggris yang Kontroversial

Oleh Liputan6.com pada 15 Jul 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 15 Jul 2022, 18:00 WIB
Kemunculan Pertama PM Inggris
Perbesar
PM Inggris, Boris Johnson selesai memberikan pernyataan pada hari pertamanya kembali bekerja setelah pulih dari virus Corona di Downing Street, London, Senin (27/4/2020). Ini menjadi kemunculan pertama PM Johnson di depan publik setelah hampir sebulan terinfeksi COVID-19. (AP/Frank Augstein)

Liputan6.com, Jakarta Boris Johnson baru saja mengundurkan diri dari posisinya sebagai Perdana Menteri Inggris di bawah tekanan besar dari anggota parlemen di partainya sendiri.

Selama tiga tahun penuh gejolak, Johnson muncul di hampir seluruh media karena terlibat dalam berbagai kontroversi salah satunya terkait kekayaan yang dimilikinya.

Meskipun menjadi PM Inggris mungkin cukup menguntungkan, ada batasan yang dikenakan pada kepala-kepala tersebut untuk memastikan mereka tidak bermain-main dengan uang publik.

Namun, menurut temuan, Johnson tampaknya telah membuang sebagian dari kehati-hatian itu selama menjabat sebagai PM.

Karena kebiasaan belanjanya yang boros, Johnson telah menjadi sasaran kemarahan publik yang adil.

Jadi, inilah beberapa fakta dari kekayaan bersih dan hingga simpanan property milik Johnson sebelum dan selama waktunya berkecimpung dalam politik yang kontroversial seperti dilansir dari South China Morning Post, Jumat (15/7/2022).

Kekayaan bersih hanya USD 2 juta

Selama menjabat sebagai perdana menteri, Johnson diperkirakan memiliki gaji sebesar USD 188.000 pada 2022, menurut BBC.

Akan tetapi, Johnson juga memiliki beberapa properti, seperti rumah di Oxfordshire, London, dan Somerset, yang dia beli dari pendapatan sewa tambahan sebesar USD 12.000 per tahun.

Selain itu, dia juga menghasilkan pendapatan dari buku-bukunya yang mencakup satu tentang Winston Churchill dan novel politik lainnya.

BBC menyatakan bahwa menurut daftar minat terbaru, pembayaran buku dan penerbitnya mencapai sekitar USD 12.400 antara Oktober 2020 hingga Oktober 2021.

Punya Properti di Oxfordshire

Dulu ketika dia masih bekerja sebagai editor The Spectator, Johnson membeli rumah Oxfordshire yang terdaftar sebagai Grade II dengan harga sekitar USD 768.000 pada tahun 2003. Rumah pedesaan kelas atas yang dijuluki "The Old Farm House" termasuk dalam empat bangunan bersejarah.

Menurut Mansion Global, rumah tersebut punya kamar tidur rumah keluarga lengkap dengan kolam renang, lapangan tenis dan paviliun terpisah yang dapat digunakan sebagai kantor.

Johnson kemudian menyewakan propertinya itu yang sekarang diperkirakan memiliki nilai USD 1,4 juta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Punya rumah di London

Peluncuran patung lilin PM Inggris Boris Johnson
Perbesar
Patung lilin Perdana Menteri Inggris Boris Johnson saat sesi pemotretan untuk pembukaannya di Madame Tussauds di Blackpool, Selasa (22/3/2022). Ini kedua kalinya mantan Wali Kota London diabadikan dalam lilin di Madame Tussauds setelah sosok pelantikannya diresmikan pada tahun 2009. (Paul ELLIS/AFP)

Ketika Johnson menikah dengan mantan istrinya Marina Wheeler, dia membeli rumah kota Islington yang besar. Media Inggris melaporkan bahwa itu adalah bangunan yang terdaftar sebagai Grade II dan dijual pada 2019 seharga USD 480.000 di bawah valuasi USD 4,5 juta.

Setelah berpisah dengan Wheeler, ia menikahi istrinya saat ini Carrie Symonds dan pasangan itu dilaporkan membeli flat pribadi di Camberwell.

Kontroversi akibat pengeluaran untuk renovasi flat yang mewah

Johnson menjadi berita utama dan memiliki umpan balik negatif ketika dia merenovasi flat pribadinya di Downing Street yang dia bagikan dengan istrinya Carrie dengan harga USD 240.000, menurut The Independent. Akibatnya, hal itu menimbulkan pertanyaan karena perdana menteri hanya menerima tunjangan tahunan sebesar USD 36.000 dari pembayar pajak untuk dibelanjakan di rumahnya.

Menurut BBC, pemugaran awalnya dibayar oleh Kantor Kabinet, tetapi USD 62.000 diberikan kepada Partai Konservatif oleh Lord Brownlow untuk menutupi tagihan. Namun, setelah tagihan perbaikan menumpuk, Johnson akhirnya membayar seluruh jumlah tersebut.

Independen menyatakan bahwa Partai Konservatif melanggar undang-undang pemilihan dengan menggunakan dana yang diberikan oleh Lord Brownlow untuk menutupi biaya penataan datar tanpa uang yang ditetapkan dengan benar.

Partai Konservatif kemudian didenda hingga USD 21.000 setelah Komisi Pemilihan gagal mengumumkan secara transparan semua sumbangan Lord Brownlow untuk renovasi, menurut BBC.

 

 


Beli karya seni yang mahal

PM Inggris Boris Johnson
Perbesar
PM Inggris Boris Johnson. (Xinhua/Downing Street No. 10/Andrew Parsons)

Setelah renovasi flat yang kontroversial, Johnson mengungkapkan bahwa dia menghabiskan hampir USD 120.000 untuk membeli dua lukisan yang dia beli untuk 10 Downing Street, menurut media Inggris.

Laporan menyatakan bahwa rekening dari dana Koleksi Seni Pemerintah, yang didukung oleh uang pembayar pajak, menunjukkan bahwa Downing Street menghabiskan USD 84.000 untuk sebuah lukisan karya seniman Irlandia Cathy Wilkes. Pembelian lain sebesar USD 22.500 dikatakan telah dihabiskan untuk satu set empat foto hitam putih karya seniman Irlandia Willie Doherty.

Karya seni itu telah dibeli untuk menghormati abad yang telah berlalu sejak berdirinya Irlandia Utara.

Yang membuat kesal semua orang bukanlah pembelian itu sendiri, melainkan PM telah membelanjakan jumlah tersebut setelah pemerintah memotong USD 24 per minggu dari kredit universal dan memperkenalkan pemotongan gaji untuk guru dan petugas polisi.

Di samping itu, Downing Street juga tidak pernah mengklarifikasi berapa banyak uang untuk karya seni itu berasal dari dompet publik dan berapa banyak yang ditawarkan oleh para donatur.

Sementara selebriti diketahui menghabiskan makanan mewah, Johnson dilaporkan mengambilnya terlalu jauh ketika dia menghabiskan USD 32.000 untuk makanan dan minuman gourmet dalam delapan bulan, lapor The London Economic.

Alhasil publik kesal karena insiden ini terjadi setelah bersikeras bahwa hanya kenaikan gaji satu persen yang akan diberikan kepada pahlawan NHS Covid-19 karena Johnson dan partai mengatakan bahwa hanya itu yang “terjangkau”, menurut laporan media Inggris.

Laporan menyatakan bahwa 30 kotak raksasa dan hingga 100 makanan mewah dikirim dari toko pertanian organik Daylesford ke kediaman PM. Tetapi wakil juru bicara perdana menteri mengatakan bahwa biaya makanan untuk konsumsi pribadi sepenuhnya ditanggung oleh Johnson.

 


Perjalanan tahun baru

Kemunculan Pertama PM Inggris
Perbesar
PM Inggris, Boris Johnson selesai memberikan pernyataan pada hari pertamanya kembali bekerja setelah pulih dari virus Corona di Downing Street, London, Senin (27/4/2020). Ini menjadi kemunculan pertama PM Johnson di depan publik setelah hampir sebulan terinfeksi COVID-19. (AP/Frank Augstein)

Pada tahun baru 2020, perdana menteri dan istrinya Carrie dilaporkan telah melakukan perjalanan mewah selama sepuluh hari ke Mustique yang bernilai lebih dari USD 18.000.

Menurut Forbes, mereka menghabiskan malam tahun baru di sebuah vila di pulau pribadi di St Vincent dan kepulauan Grenadines. Vila mewah dikatakan sebagai properti mahal yang terdaftar dengan harga USD 42.000 per minggu pada Natal dan malam tahun baru.

Namun, liburannya itu mungkin tidak menyenangkan karena dia kemudian diselidiki akibat kemungkinan melanggar kode etik anggota parlemen atas pendanaan liburan, kata The Guardian.

Johnson dikatakan telah menerima bantuan dalam bentuk barang senilai USD 18.000 dari David Ross, seorang donatur Tory, untuk akomodasi liburan pribadi. Tetapi ketika media Inggris melaporkan bahwa juru bicara Ross mengatakan pernyataan itu salah dan pengusaha "tidak membayar uang apa pun", hal itu menimbulkan banyak pertanyaan. Namun, Johnson kemudian dibebaskan dari tuduhan dan terbukti tidak bersalah atas pelanggaran tersebut.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya