Sukses

Harga Pangan Aman! Hasil Sidak Mentan SYL di Pasar Pabaeng-baeng Kota Makassar

Inspeksi mendadak atau sidak dilakukan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Pasar Pabaeng-baeng, Kota Makassar.

Liputan6.com, Makassar Ketersediaan dan harga pangan masih aman pasca Hari Raya Iduladha. Inspeksi mendadak atau sidak dilakukan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Pasar Pabaeng-baeng, Kota Makassar. Sidak tersebut dilakukan guna mengetahui secara langsung stok dan harga pangan secara tepat.

"Saya di sini mengecek dinamika produksi dan harga pangan yang berkaitan dengan inflasi, khususnya komoditas cabai dan bawang yang alami dinamika relatif serius saat menjelang Iduladha kemarin, tapi kondisinya aman. Karena itu, perlu kita pantau terus kestabilanya hingga pasca Idul Adha dengan memperbaiki sistem logistiknya," demikian dikatakan Mentan SYL pada sidak pasar tersebut, Senin (11/7/2022).

Mantan Gubernur Sulsel dua periode ini menegaskan pemerintah telah melakukan intervensi optimal untuk stabilitas harga, khususnya cabai dan bawang. Namun demikian, pada hari pertama pasca lebaran ini harga cabai dan bawang mengalami sedikit kenaikan yang fluktuatif karena suplai dari daerah produksi berkurang.

"Oleh karena itu, logistik dan sistem supply dan demand harus dikendalikan. Kami akan intervensi dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan yang terpenting adalah Kementerian Perdagangan agar betul-betul mengatur sistem logistiknya," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Kementan

SYL menambahkan, pengaturan sistem logistik pangan ini sangat penting sekalipun kondisi produksi melimpah, tapi karena logistiknya tidak lancar dapat menyebabkan harga naik. Kementerian Pertanian berkomitmen menjamin produksi atau ketersediaan pangan dalam momentum apapun selalu siap stoknya.

"Oleh karena itu, ketersediaan stok pangan di pasar dan kelancaran distribusinya ini domainnya pemerintah daerah. Tapi saya bantu intervensi untuk mengaturnya bersama Kementerian Perdagangan agar distribusi dari daerah produksi ke daerah suplai benar-benar terintervensi," tuturnya.

"Intervensi ini untuk benar-benar menjamin neraca suatu komoditas pangan itu aman. Misalnya, neraca cabai di beberapa itu aman dan ada keterlambatan produksi karena musim dan cuaca, tapi inilah dinamika di sektor pertanian," tambah SYL.

Harga Pangan di Pasar Pabaeng-baeng

Sebagai informasi, berdasarkan data Pengelola Pasar Pabaeng-baeng Kota Makassar, harga pangan di beberapa komoditas saat ini terbilang masih cukup stabil. Adapun harga yang terlihat di sana, yaitu Beras premium Rp11 ribu, beras medium Rp10 ribu, gula pasir lokal Rp15 ribu, daging ayam Rp45 ribu, telur ayam Rp27 ribu.

Selanjutnya, harga cabai merah kriting dan besar Rp60 ribu, cabai rawit merah Rp100 ribu, bawang merah Rp65 ribu dan bawang putih Rp25 ribu.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini