Sukses

Makna Idul Adha 2022 Bagi Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju pun mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 2022 melalui akun media sosial masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah jatuh tepat pada hari ini, Minggu (10/7/2022). Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju pun mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 2022 melalui akun media sosial masing-masing.

Salah satunya seperti Menteri BUMN Erick Thohir. Dia memaknai Idul Adha merupakan momen yang mengajarkan kasih dan keikhlasan seperti kisah teladan Nabi Ibrahim.

“Iduladha mengajarkan kasih dan keikhlasan, seperti kisah teladan Nabi Ibrahim. Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahil Hamd. Selamat Hari Raya Iduladha 1443 H. Semoga momen ini juga menjadikan kita umat yang lebih bertawakal, banyak bersyukur, dan juga saling tolong menolong,” tulis @erickthohir.

Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Adha dalam sebuah unggahan di laman Instagram-nya. Dalam unggahan itu, terlihat Airlangga membagikan foto dirinya bersama sang istri yaitu Yanti Airlangga.

“Saya beserta keluarga, serta jajaran Kemenko Perekonomian RI dan juga mewakili DPP Partai Golkar mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H bagi seluruh umat muslim di tanah air,” tulis Airlangga.

Airlangga pun berharap, di Hari Raya ini menjadi momentum untuk kita semua dalam meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, keikhlasan dan ketabahan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teten Masduki dan Sri Mulyani

Selanjutnya, ada Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki yang bersyukur masih diberikan kesempatan untuk merayakan Hari Raya Idul Adha di tahun ini.

“Alhamdulillah, kita diberikan kesempatan untuk bertemu lagi dengan Hari Raya Idul Adha tahun ini. Semoga momen hari Raya ini menghantarkan kita untuk melangkah menuju keikhlasan,” ucap MenkopUKM.

Teten juga berharap, dalam Idul Adha kali ini, bukan hanya mereka yang berkurban yang diberi keikhlasan, tetapi juga para peternak yang penjualannya mungkin tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Disusul, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, yang turut mengucapkan Hari Raya Idul Adha kepada para followernya yaitu masyarakat Indonesia.

“Selamat Iduladha 1443 H Hari Raya Iduladha yang diperingati umat Islam setiap tahunnya tidak bisa lepas dari keteladanan Nabi Ibrahim AS dan Nasi Yusuf AS dalam menjalankan perintah Allah SWT. (surat ash-Shaffat ayat 99-111),” tulis Sri Mulyani.

Sri Mulyani menyebut, pada perayaan ini umat Islam menyembelih hewan kurban untuk dibagikan kepada masyarakat, yang diniatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan ridha-Nya sekaligus wujud kepedulian kepada lingkungan/masyarakat.

Menurutnya, meskipun masih dalam kondisi pandemi covid-19, momen indul adha bisa menjadi momen untuk mengeratkan tali persaudaraan dan menolong sesama, karena hal tersebut sangat dibutuhkan dalam membangun serta memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Dalam kondisi pelik di tengah multikrisis saat ini, Mari jadikan momen Iduladha untuk semakin mengeratkan tali persaudaraan dan bahu membahu untuk berbagi dan menolong sesama karena semangat tersebut sangat dibutuhkan untuk menjalankan amanah dan tanggung jawab memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang berkeadilan,” ucap Menkeu.

“Semoga amaliyah kita diridhoi dan diterima Allah SWT serta membawa berkah dan kebaikan bagi umat manusia,” pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Zulkifli Hasan

Berbeda dengan Menteri lainnya, Menteri Perdagangan yang baru yakni Zulkifli Hasan, mengucapkan melalui sebuah unggahan video.

Dalam unggahannya, Zulkifli Hasan menyampaikan, telah hadir diantara kita Hari yang suci yaitu Hari Raya Idul Adha. Hari dimana kita merayakan dan meneladani komitmen ketaqwaan Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail.

Peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail merupakan ujian dari Allah SWT untuk selalu menjalankan perintahnya, serta membuktikan derajat ketaqwaan kepada-Nya.

Meskipun ketaqwaan tersebut harus dilakukan dengan mengorbankan putra tercinta. Karena sesungguhnya segala sesuatu adalah milik Allah SWT, dan hanya kepadanya kita kembali.

“Hari Raya Idul Adha mengajarkan kita bukan hanya soal sekadar mengorbankan hewan Qurban. Namun lebih dari itu, ikhlas terhadap apapun yang diperintahkan Allah SWT dengan penuh keyakinan dan ketaqwaan. Selamat berqurban, selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H,” ucap Zulkifli Hasan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.