Sukses

Emirates dan Etihad akan Investasi ke Garuda Indonesia? Ini Kata Erick Thohir

Pemerintah pun telah menyetujui bisnis model baru Garuda Indonesia untuk lebih memperkuat layanan domestiknya ketimbang penerbangan internasional.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir angkat bicara soal rencana dua maskapai besar Uni Emirat Arab, Emirates dan Etihad untuk menanamkan investasi ke Garuda Indonesia. 
 
Erick Thohir belum mau berbicara banyak soal itu. Dia saat ini masih ingin fokus terhadap proses restrukturisasi maskapai pelat merah tersebut. Untuk kemudian memperkuat keuangan Garuda Indonesia penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 7,5 triliun. 
 
"Saya bilang langkah pertama setelah restrukturisasi adalah penyelamatan yang dilakukan pemerintah dengan memasukkan dana Rp 7,5 triliun sebagai penguatan kondisi Garuda," ujarnya saat ditemui di Sarinah, Jakarta, Kamis (7/7/2022).
 
Pemerintah pun telah menyetujui bisnis model baru Garuda Indonesia untuk lebih memperkuat layanan domestiknya ketimbang penerbangan internasional.  
 
"Kalau bicara langkah selanjutnya, tadi kan saya bilang bahwa mitra strategis diperlukan untuk membangun ekosistem perbaikan logistik barang dan manusia. Sehingga kita bisa punya kekuatan sendiri," imbuhnya. 
 
Sebelumnya, Erick sempat mengutarakan proses penjajakan kerjasama dengan Emirates dan Etihad melalui akun Instagram miliknya, @erickthohir. Hal itu dilakukannya saat melawat ke Uni Emirat Arab beberapa waktu lalu. 
 
Kala itu, ia bersama Indonesia Investment Authority (INA) sempat berdiskusi dengan Chairman and Chief Executive Emirates, Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum.
 
"Kami membahas kerja sama yang telah terjalin selama ini serta potensi kemitraan strategis lainnya. Ini adalah bagian dari penguatan industri penerbangan serta mendukung ekosistem pariwisata domestik Indonesia," tulisnya. 
 
Setelahnya, ia juga menemui Chairman of Etihad Mohamed Ali Al Shorafa. Erick mengutarakan optimismenya agar perusahaan sponsor utama klub kaya raya asal Inggris, Manchester City.
 
"Tak ada niat baik yang berakhir sia-sia. Usaha kami dalam merustrukturisasi Garuda Indonesia mendapat apresiasi luar biasa dari beberapa pihak, termasuk dari Etihad maskapai penerbangan dari Uni Emirat Arab," ungkapnya.
 
"Kami berharap kerjasama ini juga menciptakan ekosistem pariwisata yang semakin baik," kata Erick Thohir. 
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cair! DPR Setujui PMN Rp 7,5 Triliun buat Garuda Indonesia

Komisi VI DPR RI resmi menyetujui usulan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 7,5 triliun untuk Garuda Indonesia. Ini berbarengan dengan persetujuan PMN bagi 9 BUMN lainnya.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohammad Hekal membacakan hasil rapat kerja dengan Menteri BUMN, termasuk persetujuan PMN tersebut.

Rinciannya, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dalam hal tambahan Penyertaan Modal Negara dari cadangan pembiayaan investasi APBN TA 2022 kepada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sebesar Rp 7.500.000.000.000.

"Ini yang akan digunakan untuk memperkuat permodalan dalam rangka menjalankan kegiatan usahanya," kata Hekal membacakan kesimpulan rapat, Senin (4/7/2022).

Selain itu,DPR juga menyetujui adanya penjualan saham jenis saham dalam portepel dengan metode Right Issue Garuda Indonesia. Ini dalam rangka tindak lanjut persetujuan PMN TA 2022 sebesar Rp 7,5 triliun.

Kemudian, rapat juga menyetujui adanya konversi urang obligasi wajib konversi sebesar Rp 1 triliun oleh pemerintah. Lalu, penyertaan modal dari pemegang saham lain dan atau publik.

"Serta konversi utang menjadi saham dari nilai claim settlement kreditur," kata dia.

Ia menyebut, bersamaan dengan persetujuan terhadap PMN bagi 10 BUMN ini, Komisi VI DPR RI meminta kepada Kementerian BUMN untuk memperhatikan seluruh catatan/pandangan Fraksi-fraksi di Komisi VI DPR RI.

"Terkait dengan persetujuan PMN Tahun 2024 dan inisiatif corporate action tahun 2022 sebagai bagaian yang tidak terpisahkan dari persetujuan ini," tambah Hekal.

Suntikan PMN ini disetujui dalam skema aksi korporasi yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan Garuda Indonesia.

 

3 dari 4 halaman

PMN 10 BUMN

Komisi VI DPR RI menyetujui usulan Menteri BUMN Erick Thohir terkait penyaluran Penyertaan Modal Negara (PMN) ke 10 BUMN. Jumlahnya mencapai Rp 73,26 triliun.

Keputusan ini dibacakan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohammad Hekal dalam Rapat Kerja dengan Menteri BUMN, di Gedung DPR RI, Senin (4/7/2022).

PMN ini dibagi menjadi dua kategori. Yakni PMN Tunai dan PMN Non Tunai yang dikucurkan melalui aksi korporasi yang dilakukan perusahaan pelat merah.

"Komisi VI DPR Ri menyetujui usulan penyertaan modal negara tunai tahun 2023," kata dia membacakan kesimpulan rapat.

 

4 dari 4 halaman

Perlu Persetujuan Kreditor

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan akan memberikan dana Rp 7,5 triliun untuk menyelamatkan PT Garuda Indonesia Tbk. Dengan catatan, jika semua kreditur menyetujui proposal restrukturisasi yang diajukan.

"Kita akan memberikan penyelamatan Garuda sebesar Rp 7,5 triliun kalau sudah disetujui dengan 365 perwakilan kreditur," kata Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Saat ini baru 347 atau 95,07 persen dari 365 kreditur yang menyetujui proposal permohonan restrukturisasi utang Garuda. Sehingga Garuda harus berupaya mendapatkan persetujuan dari debitur agar dana dari pemerintah bisa dicairkan.

"Ini capaian yang bisa memberikan jalan baru untuk Garuda agar bisa kembali terbang dan sehat," kata Sri Mulyani.

Sebagai informasi sisa dana cadangan IPPEN Garuda sebesar Rp 7,5 triliun telah disetorkan ke negara. Sedangkan dana penyelamatan Garuda Indonesia yang diberikan pemerintah berupa Penyertaan Modal Negara (PNM).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.