Sukses

5 Jurus Hemat Uang Belanja Saat Harga Kebutuhan Sedang Melambung Tinggi

Berikut ini tips hemat anggaran belanja dan kebutuhan makanan kala harga sedang naik.

Liputan6.com, Jakarta Ketika hampir seluruh harga kebutuhan naik dan memakan biaya, tidak sedikit orang yang kemudian mengurangi anggaran belanja mingguan atau bahkan bulanan. Hal itu dilakukan demi kondisi finansial yang stabil dan tetap bisa berhemat.

Selain berbelanja lebih sedikit dari biasanya, banyak orang mencari cara untuk menghasilkan banyak uang dan memanfaatkan apa yang sudah dimiliki.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran belanja kebutuhan?

Berikut ini tips hemat anggaran belanja dan kebutuhan makanan kala harga sedang naik seperti dilansir BBC, Jumat (8/7/2022).

1. Periksa kebutuhan yang sudah Anda punya

Rosie menyarankan untuk melihat baik-baik lemari sebelum mulai belanja.

"Kita semua tahu nilai membuat daftar, tetapi jika Anda menambahkan apa yang sudah Anda miliki di lemari Anda, maka Anda akan menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak Anda butuhkan," katanya.

"Tidak ada gunanya membeli lebih banyak stoples saus pasta jika Anda sudah punya lima di lemari,” lanjutnya.

Dia menyimpan daftar rincian makanan atau kebutuhan lain yang masih ada di lemarinya dalam sebuah buku catatan. Jadi, dia selalu tahu apa yang harus dibeli ketika berbelanja. Dia mengatakan, hal itu telah membantu pengeluarannya turun menjadi sekitar £ 40.

2. Fokus belanja yang paling dibutuhkan

Lynn menyarankan untuk mengubah cara berbelanja saat Anda masuk ke took. Lebih baik Anda langsung menuju bagian makanan atau minuman yang paling dibutuhkan.

"Jika Anda melihat sesuatu di sana yang ada di daftar, Anda dapat menandainya dan Anda sudah menghemat uang," katanya.

Dia menyarankan kemudian langsung ke bagian makanan beku, dan kemudian ke produk kalengan.

"Daging, ikan, dan sayuran beku hampir selalu lebih murah daripada pilihan segar," katanya. "Jika Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan dari sana sebelum ke bagian produk segar, Anda kemungkinan akan melakukan penghematan yang signifikan."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Manfaatkan freezer

Menurut badan amal keberlanjutan Wrap, rata-rata rumah tangga membuang limbah makanan sekitar £ 700 setiap tahun . Lynn mengatakan memanfaatkan lemari es dengan lebih baik telah membantunya mengurangi limbah secara dramatis.

"Jika segala sesuatunya mendekati tanggal kedaluwarsa, Anda harus selalu mencoba untuk membekukannya," katanya.

"Anda juga dapat membeli barang-barang lebih murah di supermarket yang mendekati tanggal jual. Barang-barang seperti susu dan keju, bahkan buah dan sayuran, semuanya dapat dibekukan dan disimpan saat Anda membutuhkannya."

Kate Hall yang menjalankan situs web The Full Freezer, dia menggunakan freezer-nya sebagai tombol jeda daripada solusi penyimpanan jangka panjang.

Dia mengatakan bahwa meskipun hampir semua makanan dapat dibekukan, Anda harus mengubah cara menggunakannya.

"Anda tidak bisa mencairkan pisang atau salad dan mengharapkan hal yang sama seperti saat dimasukkan ke dalam freezer," jelasnya. "Tetapi jika Anda berpikir tentang bagaimana Anda bisa menggunakannya dalam puding atau sup atau dalam casserole, maka Anda akan menghemat banyak uang."

 

3 dari 3 halaman

4. Memperhatikan jenis kemasan

Rosie mengatakan bahwa banyak dari kebutuhan yang dibeli di supermarket dikemas untuk kenyamanan isi produk. "Seberapa sering Anda membeli nampan berisi jamur yang dilapisi dengan cling film hanya untuk dikeluarkan dari kemasannya? Mereka dibungkus seperti itu agar lebih mudah dibawa," jelasnya.

Dia pernah memasukkan makanan miliknya ke dalam kantong kertas ketika dia membawanya pulang. Kemudian mengatakan bahwa hanya melepas bungkus plastik itu akan membantu makanan bertahan lebih lama.

Helen White dari Wrap yang menjalankan kampanye Love Food Hate Waste mengatakan, ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan untuk membuat makanan bertahan lebih lama, terutama sayuran segar dan salad.

"Hanya memasukkan sepotong roti gulung ke dalam kantong salad terbuka untuk menyerap kelembapan akan membantunya bertahan lebih lama," katanya.

Menyimpan buah di lemari es pun akan membantunya bertahan lebih lama, tetapi dia menyarankan untuk memeriksa karena suhu perlu disetel di bawah 5°C.

5. Tanya orang yang ahli

Rosie mencoba banyak menggunakan pengecer lokal yang lebih kecil untuk memanfaatkan pengalaman mereka selama bertahun-tahun.

"Tukang daging adalah sumber daya yang hebat dan seseorang yang kita tidak perlu takut untuk berbicara tentang menghemat uang," katanya.

"Jika Anda pergi ke tukang daging lokal dan memberi tahu mereka bahwa Anda hanya punya £ 8 untuk daging Anda selama seminggu, mereka akan dapat memberi tahu Anda cara meregangkan uang Anda dengan membeli potongan termurah,” sambungnya.

"Mereka adalah orang-orang terbaik yang memberi nasihat tentang cara memasaknya dan bagaimana membuatnya lebih jauh."

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.