Peserta Lolos Kartu Prakerja 2022 Gelombang 32-34 Diminta Segera Beli Pelatihan

Oleh Tira Santia pada 05 Jul 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 09:00 WIB
Peserta Lolos Kartu Prakerja 2022 Gelombang 32-34 Diminta Segera Beli Pelatihan
Perbesar
Peserta Lolos Kartu Prakerja 2022 Gelombang 32-34 Diminta Segera Beli Pelatihan

Liputan6.com, Jakarta Setelah dinyatakan lolos Kartu Prakerja gelombang 32 hingga 34, peserta diharapkan langsung membeli pelatihan. Alasannya, kepesertaan bisa dicabut karena ada batas waktunya. Untuk peserta Kartu Prakerja Gelombang 32-34.

“Para penerima gelombang 32-34. Jangan lupa untuk beli pelatihan di platform digital yang ada di ekosistem kartu prakerja ya! Terutama untuk sobi-bobi yang sering banget komen ‘ga diterima’,” tulis keterangan @prakerja.go.id, dikutip Selasa (5/7/2022).

Sejak diumumkan pada Senin 13 Juni 2022, penerima kartu prakerja 2022 gelomang 32-34 sudah bisa membeli pelatihan hingga saat ini. Namun, perlu diingat bahwa pembelian pelatihan hanya bisa dilakukan dalam kurun waktu 30 hari.

Berdasarkan informasi yang tersedia di website prakerja.go.id, penerima yang tidak membeli pelatihan setelah lewat 30 hari akun Kartu Prakerja nantinya akan dinonaktifkan. Bahkan tidak ada kesempatan jika ingin mengikuti program ini lagi.

“Jika sudah melebihi 30 (tiga puluh) hari, Kartu Prakerja kamu akan dinonaktifkan dan kamu tidak dapat mengikuti kembali Program Kartu Prakerja. Jika sudah melebihi 30 (tiga puluh) hari dan kamu belum membeli pelatihan, Kartu Prakerja kamu akan dinonaktifkan/dicabut kepesertaannya,” begini penjelasannya dikutip dari laman prakerja.go.id.

Sementara untuk saldonya, tentu tidak bisa dicairkan oleh penerima karena akan hangus dan dikembalikan ke Rekening Dana Kartu Prakerja.

Oleh sebab itu, penerima Kartu Prakerja gelombang 32-34 segeralah beli pelatihan pertama agar akun tidak dinonaktifkan dan kepesertaannya dicabut.

Terbaru, program Kartu Prakerja Gelombang 35 kembali resmi dibuka pada Minggu (3/7/2022). Hal ini dipastikan setelah akun instagram prakerja.go.id mempostingnya. Program ini disebut akan berlanjut hingga 2024 mendatang.

Adapun, penerima Prakerja dapat memilih pelatihan lebih dari satu. Dengan catatan, pelatihan kedua dilaksanakan setelah menyelesaikan pelatihan pertama dan penerima masih memiliki saldo yang cukup.

 


Tahapan Membeli Pelatihan

Prakerja 2022
Perbesar
Program Kartu-Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja.

Lebih lanjut, berikut ini tahapan membeli pelatihan Prakerja.

1. Cek dashboard Prakerja

- Catat 16 angka Nomor Kartu Prakerja

- Pastikan saldo pelatihan sudah tersedia

2. Gunakan fitur "Cari Pelatihan" untuk mencari pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 23 yang tersedia di Kemnaker, Bukalapak, Tokopedia, Pijar, Pintaria, Karier.mu

3. Cek deskripsi yang mencakup info mengenai harga pelatihan, rating, durasi pelatihan, tingkat materi, dan juga cara mengajar sebagai pertimbangan sebelum membeli

4. Beli dan bayar pelatihan dengan Nomor Kartu Prakerja.

Setelah mengikuti pelatihan sesuai yang diinginkan, penerima akan mendapatkan sertifikat.

Selain itu, penerima juga bisa mendapatkan insentif Prakerja senilai Rp 600 ribu yang akan diberikan selama empat bulan dan Rp 50 ribu per survey.

Akan tetapi perlu diingat, penerima yang akan menerima insentif tersebut adalah yang sudah memberikan rating serta ulasan pada pelatihan kerja yang telah diikuti sebelumnya.

 

Infografis: Jangan Percaya Janji Manis Joki Prakerja (Liputan6.com / Triyasni)
Perbesar
Infografis: Jangan Percaya Janji Manis Joki Prakerja (Liputan6.com / Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya