Sukses

Maksimalkan Power of Three, AIA Bidik Generasi Milenial Jadi Life Planner

AIA ingin merekrut generasi milenial menjadi life planner karena ingin bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang cepat.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan asuransi terpercaya PT AIA Financial membidik generasi milenial untuk menjadi agen asuransi atau dalam istilah AIA, Life Planner (LP). Milenial dibutuhkan agar bisa lebih cepat mengikuti perkembangan teknologi digital yang begitu pesat.

Menurut Direktur Keagenan AIA, Indrasena Patmawidjaja, mereka merekrut sekitar 200 LP per bulannya. Namun Indrasena menegaskan, jumlah bukan menjadi tolak ukur karena Life Planner yang aktif yang paling dicari.

"Dengan ini kami bangga bisa bilang active agent tumbuh 26 persen tahun ini. Kalau semester pertama sudah 26 persen tinggal dihitung saja lah berapa di semester dua nanti," ujarnya.

AIA mencatatkan total pendapatan sebesar Rp15,9 triliun sepanjang 2021, dengan hampir 30% diantaranya berasal dari kontribusi jalur distribusi keagenan. Pada 2021, bisnis keagenan AIA juga tumbuh 24% dimana kenaikan jauh lebih tinggi dari industri.

Dengan strategi solid, jalur distribusi Agency juga mencatatkan pertumbuhan di semester pertama 2022 Agency untuk beberapa key metrics. Dari sisi ANP atau premi yang disetahunkan, Agency mengalami pertumbuhan sebesar 51% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan ANP ini didukung oleh pertumbuhan active agent yang secara rata-rata tumbuh sebesar 26% dan pencapaian MDRT tumbuh 89%.

Secara keseluruhan, saat ini AIA memiliki lebih dari 5.000 Life Planner berlisensi yang telah menjadi mitra tepercaya, berkualitas dan profesional bagi nasabah. Jumlahnya diestimasi akan terus bertambah. Sepanjang 2022 saja, AIA telah mencatat pertumbuhan rekrutmen Life Planner baru sebesar 40%, dengan rata-rata peningkatan agen aktif yang baru hingga 45%, bahkan jumlah leader baru melonjak sampai 351%.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagian Sejarah

 

Bagi AIA, jalur distribusi keagenan telah menjadi bagian sejarah penting perusahaan. Kantor agensi AIA yang menjadi cikal bakal berdirinya AIA Group didirikan lebih dari seabad lalu (pada 1919 di Shanghai, China).

Oleh karena itu, AIA terus fokus untuk meningkatkan kualitas Life Planner untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik salah satunya melalui acara Mid Year Kick Off 2022 dengan tema TEAM UP (Together Everyone Achieve More) sejalan dengan semangat kolaborasi dan gotong royong untuk mencapai kesuksesan pada Senin (4/7/2022).

"Hari ini, kami menggelar acara Kick Off Agency yang untuk pertama kalinya sejak pandemi dilakukan secara offline di Bali bersama para Life Planner AIA yang berasal dari seluruh Indonesia. Kick Off seperti ini kami adakan setiap kuartal untuk memaparkan strategi bisnis dan inisiatif penting untuk mendukung performa bisnis para Life Planner AIA di seluruh Indonesia untuk tahun 2022 ini," kata Indrasena.

"Tahun ini, kami mengaplikasikan strategi The Power of Three with AIA Vitality yaitu (1) Recruitment (2) Activate (3) Promote untuk memastikan kinerja jalur keagenan bertumbuh semakin solid dan berkelanjutan. "

 

3 dari 3 halaman

Meningkat

 

Berkat Life Planner yang berkualitas dan solid, AIA berhasil mencatat pertumbuhan kuat perusahaan sepanjang 2021 dengan membukukan pengelolaan aset sebesar Rp55 triliun dan dipercaya mengelola total dana investasi nasabah (total aset investasi) sebesar Rp50 triliun.

AIA juga mencatat total pendapatan sebesar Rp15,9 triliun dan telah membayarkan total klaim kepada nasabah sebesar Rp11,49 triliun sebagai komitmen utama AIA sebagai perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia.

AIA merupakan perusahaan asuransi jiwa dengan keuangan yang sehat, dibuktikan dengan tingkat rasio solvabilitas yang mencapai 660%, jauh di atas ketentuan pemerintah yaitu 120%.

Memiliki Life Planner paling produktif dan paling berkomitmen telah membuat AIA dinobatkan sebagai perusahaan dengan jumlah member Million Dollar Round Table (MDRT) yang merupakan perkumpulan para profesional asuransi berlisensi internasional, terbanyak selama 7 tahun berturut-turut. Untuk menjadi member MDRT, seorang agen harus memenuhi premi minimum yang ditentukan oleh pengurus MDRT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.