Sandiaga Uno Beri Sinyal Buka Penerbangan Bali-Moskow Rusia

Oleh Liputan6.com pada 04 Jul 2022, 20:20 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 20:25 WIB
Sandiaga Uno
Perbesar
Menparekraf Sandiaga Uno Weekly Press Briefing (Liputan6.com/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta Pekan lalu, Presiden Joko Widodo menemui Presiden Rusia Vladymir Putin. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan salah satu oleh-oleh pertemuan tersebut yakni dibukanya kembali kerja sama pariwisata antara Rusia dan Indonesia. Dia pun telah menemui Duta Besar Rusia di Indonesia untuk mengkonfirmasi pembukaan penerbangan dari Moskow, Rusia menuju Denpsar, Bali.

"Kami koordinsi dengan Dubes Rusia dan beliau sempatkan hadir untuk konfirmasi pembukaan penerbangan dari Moskow ke Denpasar," kata Sandiaga dalam konferensi pers, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Sinyal dibukanya kembali rute Moskow ke Bali dan sebaliknya juga telah mendapatkan lampu hijau dari Kementerian Perhubungan. Saat ini beberapa maskapai penerbangan dari Rusia juga sudah berkoordinasi dan dalam tahap koordinasi untuk membuka layanan perjalanan dengan rute tersebut.

"Masih banyak kordinasi yang harus dilakukan baik ditingkat pemrintan dan dunia usaha Persiapan regulasi juga dari regulasi dan kita dorong tral agent untuk fokus ke pasar Rusia," tutur Sandi.

Dia menuturkan turis asal Rusia yang berlibur ke Bali tidak sedikit. Tak kurang dari 300 ribu sampai 400 ribu kunjungan dari warga Rusia ke Indonesia sebelum pandemi terjadi.

"Sebelum pandmei kunjungan dari Rusia ke Bali sekitar 300 ribu sampai 400 ribu per tahun," kata dia.

 


Terbanyak

Bandara Bali Layani Rute Perdana Qantas Airlines dari dan ke Sydney
Perbesar
Bandara Bali Layani Rute Perdana Qantas Airlines dari dan ke Sydney

Bahkan saat pandemi, kunjungan wisman dari Rusia juga menjadi yang terbanyak dari turis negara lain. Secara karakter turis, wisman asal Rusia biasanya melakukan perjalanan dengan standar pelayanan yang mewah. Dari sisi lama tinggal pun terbilang yang cukup lama sehingga banyak membelanjakan uangnya di Tanah Air. Terlebih biasanya mereka datang bersama keluarganya.

"Perjalanannya luxury, tinggalnya lama dan spendingnya juga sangat berkualitas," kata dia

Untuk itu, perlu menghadirkan paket wisata yang berkualitas untuk wisatawan asal Rusia ini. Semisal menghadirkan destinasi anti maindstream yang baru, unik dan bisa meninggalkan kesan dan memori yang berkesan. Sehingga para wisatawan yang datang bisa merekomendasikan Bali sebagai tujuan wisata.

"Pengalaman yang apik ini untuk memori pengalaman mereka dan jadi buah bibir sehingga bisa mengajak wisatan yang lain untuk datang," kata dia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com


Sandiaga Uno Kunjungi Kantor Bukalapak, Diskusi Industri Gaming dan E-Sport Indonesia

Ilustrasi Bukalapak (Dok: Bukalapak)
Perbesar
Ilustrasi Bukalapak (Dok: Bukalapak)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno, mengunjungi kantor Bukalapak di Jakarta Selatan pada Senin (27/6/2022). Kunjungan Sandiaga Uno dalam rangka mengenal dan melihat proses kerja di Bukalapak dan berdiskusi terkait perkembangan industri gaming dan e-sport di tanah air.

Secara langsung Sandiaga sekaligus berkenalan dengan Itemku, marketplace gaming terbesar di Indonesia yang merupakan bagian dari BUKA.

 Kehadiran Sandiaga Uno didampingi oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Muhammad Neil El Himam. 

Kemenparekraf disambut langsung oleh Presiden Bukalapak Teddy Oetomo, SVP of Talent Bukalapak Suryo Sasono, dan Head of PR Bukalapak, Monica Chua. Ketiganya mendampingi Menparekraf melihat-lihat aktivitas kerja di Bukalapak, bersama dengan beberapa perwakilan dari Bukalapak lainnya. 

Dalam kesempatan ini, Sandiaga Uno juga menyempatkan diri untuk berbincang dan MaBar (Main Bareng) dengan para atlet e-sport BTR Red Aliens Team, pemain PUBG di bawah naungan Bigetron E-sports.

 


Sampaikan Pandangan

PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) umumkan kinerja keuangan untuk kuartal IV yang berakhir Desember 2021 (Dok:Bukalapak)
Perbesar
PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) umumkan kinerja keuangan untuk kuartal IV yang berakhir Desember 2021 (Dok:Bukalapak)

Pasca kunjungan ini, Sandiaga menyampaikan pandangannya melalui akun Twitter pribadinya. 

"Melihat sektor aplikasi dan game terus bertumbuh sekitar 9,17 persen dan diprediksi bisa buka 140 ribu lapangan kerja, saya mengajak semua pihak berkolaborasi dan bersinergi untuk memajukan industri eSport demi pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” cuit Sandiaga dikutip dari siaran pers Bukalapak, Sabtu (2/7/2022).

Sejalan dengan tujuan untuk menciptakan dampak yang luas bagi seluruh kalangan masyarakat, Bukalapak melalui Itemku berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan konsumen gaming serta mendukung kemajuan industri gaming di Indonesia.

Jumlah pengguna aktif voucher gaming di Bukalapak dan Itemku telah mencapai lebih dari 700 ribu per 22 Mei 2002 dan diprediksi akan terus menjadi tren hingga akhir tahun dengan tingkat pertumbuhan 103 persen YoY. Volume transaksi voucher gaming di kedua platform juga telah tumbuh sebesar 195 persen di kuartal pertama 2021 secara YoY.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya