Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 35 di Prakerja.go.id yang Sudah Dibuka

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 04 Jul 2022, 13:20 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 13:20 WIB
Ilustrasi Daftar Kartu Prakerja Gelombang 35 di prakerja.go.id
Perbesar
Ilustrasi Daftar Kartu Prakerja Gelombang 35 di prakerja.go.id

Liputan6.com, Jakarta - Program Kartu Prakerja Gelombang 35 telah resmi dibuka. Hal itu diumumkan melalui laman Instagram resmi Kartu Prakerja, @prakerja.go.id pada Minggu (4/7/2022). 

Sebagai informasi, Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

"sssst... Gelombang 35 udah buka loh... Udah klik "Gabung Gelombang" belum? Yang belum daftar langsung daftar sekarang ya supaya bisa gabung gelombang," tulis laman Instagram @prakerja.go.id, dikutip Senin (4/7/2022). 

Seperti gelombang sebelumnya, calon peserta yang berminat mengikuti pelatihan serta mendapat insentif Prakerja Gelombang 35 perlu membuat akun melalui laman prakerja.go.id

Adapun syarat mendaftar Prakerja Gelombang 35 sebagai berikut :

- WNI berusia 18 tahun ke atas.

- Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

- Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

- Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.

- Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

- Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Setelah mengetahui persyaratannya, pendaftaran dengan membuat akun dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut : 

1. Buka situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

2. Masukkan alamat email dan password dan klik Daftar

3. Buka email notifikasi yang dikirim dan lakukan verifikasi

4. Setelah berhasil daftar akun dan login, Anda akan diarahkan ke laman verifikasi KTP.

5. Isi NIK, nomor Kartu Keluarga, dan tanggal lahir kemudian klik Lanjut.

 


Langkah Pendaftaran Selanjutnya

Ilustrasi Kartu Prakerja.
Perbesar
Ilustrasi Kartu Prakerja.

6. Lengkapi data diri dan pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai.

7. Pastikan nama lengkap dan nama ibu kandung yang dimasukkan sudah sesuai.

8. Lanjutkan tahapan verifikasi dengan memasukkan foto e-KTP yang dapat diakses melalui browser HP. Jangan lupa perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar.

9. Jika foto KTP Anda sudah sesuai ketentuan klik Kirim Foto e-KTP.

10. Tunggu hingga sistem selesai memverifikasi foto e-KTP yang diunggah.

11. Selanjutnya verifikasi foto wajah. Seperti verifikasi e-KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi berjalan lancar.

12. Ambil swafoto (selfie) dengan kamera HP kamu.

13. Sesuaikan swafoto (selfie) yang Anda ambil dengan memperhatikan ketentuan.

14. Kemudian akan muncul tampilan foto yang sudah disesuaikan lalu klik Gunakan Foto.

15. Jika swafoto (selfie) sudah sesuai, klik Kirim Foto untuk langkah berikutnya.


Menaker Ida Sebut Program Kartu Prakerja Banyak Dirasakan Manfaatnya

Menaker Ida mendampingi Presiden Joko Widodo, beserta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, menghadiri acara Temu Raya Alumni Program Kartu Prakerja (Istimewa)
Perbesar
Menaker Ida mendampingi Presiden Joko Widodo, beserta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, menghadiri acara Temu Raya Alumni Program Kartu Prakerja.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengapresiasi pelaksanaan Program Kartu Prakerja yang telah dirasakan manfaatnya langsung kepada masyarakat. Pada pelaksanaannya, program ini telah memberikan manfaat berupa keterampilan serta produktifitas yang lebih baik.

Hal ini disampaikannya, saat mendampingi Presiden Joko Widodo, beserta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, menghadiri acara Temu Raya Alumni Program Kartu Prakerja, yang dilaksanakan di Sentul International Convention Centre, Bogor, Jumat (17/6/2022).

Menaker Ida mengatakan, dalam implementasinya program kartu prakerja, Kemnaker telah memiliki platform digital yang menjadi salah satu pelaksana program kartu prakerja, yakni melalui layanan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (SISNAKER). Dalam layanan ini, terdapat berbagai pilihan jenis pelatihan dan lembaga pelatihan, baik melalui Balai Latihan Kerja (BLK) pemerintah maupun LPK Swasta. Peserta program ini juga telah mendapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga yang diikutinya.

"Tadi saya telah menyaksikan sendiri, saat presiden Joko Widodo berdialog langsung kepada alumni penerima manfaat program kartu prakerja, banyak sekali manfaat yang didapatkan, ada yang sukses bekerja dengan penghasilan yang lebih baik, bahkan telah menjadi wirausaha mandiri yang mereka mempekerjakan orang juga," tutur Ida.

Pada kesempatan ini juga, Menaker Ida mendukung penuh keputusan Presiden Joko Widodo yang telah memastikan program Kartu Prakerja masih berlanjut pada tahun 2023.

" Tadi, Pak Presiden, sudah memastikan bahwa program Kartu Prakerja untuk tahun depan dipastikan untuk dilanjutkan,mengingat dorongan masyarakat yang merasakan manfaatnya, untuk itu Kami akan terus melakukan evaluasi dan menyiapkan terkait kesiapan sistem layanan Sisnaker, yang selama ini telah menjadi platform pelatihan program Kartu Prakerja," ungkap Ida.

Infografis: Waspada Joki Kartu Prakerja (Liputan6.com / Triyasni)
Perbesar
Infografis: Waspada Joki Kartu Prakerja (Liputan6.com / Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya