Cara Swasta Ikut Sukseskan Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Pelosok

Oleh Liputan6.com pada 02 Jul 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 02 Jul 2022, 14:45 WIB
Pemerintah Indonesia masih terus menggenjot cakupan vaksinasi COVID-19, termasuk vaksinasi bagi masyarakat suku anak dalam (SAD). (Dok. PT Marga Bara Jaya)
Perbesar
Pemerintah Indonesia masih terus menggenjot cakupan vaksinasi COVID-19, termasuk vaksinasi bagi masyarakat suku anak dalam (SAD).

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia masih terus menggenjot cakupan vaksinasi COVID-19, termasuk vaksinasi bagi masyarakat suku anak dalam (SAD).

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar vaksinasi COVID-19 bagi SAD yang ada di wilayahnya pada 30 Juni 2022 hingga 2 Juli 2022.

Dalam gelaran ini, PT Marga Bara Jaya, dari sektor swasta ikut mendukung dengan membagikan vitamin gratis kepada SAD yang tersebar di Muba. Sedikitnya 45 SAD yang berasal dari Sungai Badak Pagar Desa Bayung Lencir, menerima paket vitamin.

“Pemberian paket vitamin ini untuk mendukung daya tahan tubuh mereka melawan COVID-19 pascavaksinasi,” kata Perwakilan PT MBJ, Anton Wasito, Sabtu (2/7/2022)

Vitamin yang diberikan secara gratis oleh PT MBJ mencakup paket yang terdiri atas vitamin D, vitamin C dan multivitamin serta madu. “Paket vitamin ini diharapkan bisa menambah imun tubuh bagi SAD selain vaksinasi yang mereka terima,” tutur Anton.

Sementara itu, Kepala Dinkes Muba itu DR H. Azmi Dariusmansyah mengatakan tidak ada syarat khusus untuk mendapatkan vaksinasi bagi SAD hanya syarat standar bagi yang memiliki penyakit bawaan.

“Dan ini yang pertama kali di pagar desa,” tutur dia.

Azmi memaparkan bahwa pemberian vaksinasi bagi SAD khususnya di Pagar Desa terkendala jarak dari pemukiman SAD ke tempat pelaksanaan vaksin sebelumnya di pusat Desa Pagar Desa yang sangat jauh ditambah lagi antusias warga untuk vaksin belum ada. Namun, ia menegaskan bahwa pemberian vaksin ini akan terus dilanjutkan untuk vaksin ke-2 dan ke-3.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pentingnya Vaksin

Pertama di Sumsel, Klinik di Musi Banyuasin Fasilitasi Vaksin Gotong Royong Gratis
Perbesar
Vaksinasi COVID-19 (Liputan6.com / Nefri Inge)

Kepala Desa Pagar Desa, Firman Luhter mengatakan bahwa kehadiran SAD pada vaksinasi sangat baik. “Setelah ada penjelasan dari pihak desa terkait pentingnya vaksin akhirnya mereka paham, mereka senang dan sangat antusias ikut vaksin,” kata dia.

Firman menambahkan bahwa mereka bersyukur bisa vaksin di dekat lokasi mereka karena sebelumnya terkendala jarak lokasi vaksin, merasa lebih aman dari penularan COVID-19. “Dan mereka juga merasa diperhatikan oleh pihak-pihak lain seperti pemberian vitamin oleh PT MBJ,” kata dia.

Warga SAD, Usman, yang mengikuti vaksinasi mengaku belum terlalu paham tentang pentingnya vaksinasi. Namun setelah mendapatkan penjelasan dari pihak desa iapun bersedia divaksin. “Hari ini adalah vaksinasi pertama saya,” tutur dia.

Iapun mengatakan bahwa selama ini SAD jarang ke fasilitas Kesehatan di desa. Warga SAD hanya mengandalkan pengobatan alami yang sumber obatnya ada di sekitar mereka.

Sedangkan terkait pemberian vitamin oleh PT MBJ, Usman berterima kasih. Ia mendapat penjelasan bahwa vitamin ini bisa membantu menjaga pertahanan tubuh untuk terhindar dari infeksi COVID-19. Untuk itu, tambah Usman, akan rutin meminumnya.

PT Muara Bara Jaya akan terus mendukung pemerintah dalam upaya mencapai target cakupan vaksinasi khususnya bagi SAD. Karena PT MBJ menyadari bahwa cakupan vaksinasi kepada seluruh warga termasuk SAD adalah bentuk usaha untuk menjaga Kesehatan warga terutama dalam melawan infeksi COVID-19. (*)


Update Vaksinasi COVID-19: Bertambah 372.281, Akumulasi yang Sudah Dapat Booster 49.916.092

FOTO: Antusiasme Warga Ikuti Vaksinasi Booster COVID-19 untuk Mudik Lebaran
Perbesar
Seorang anak menerima vaksin booster COVID-19 di Taman Pemuda Pratama, Depok, Jawa Barat, Kamis (7/4/2022). Bagi warga yang belum vaksin atau vaksin baru sekali tetap harus tes PCR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Vaksinasi COVID-19 terus dilakukan banyak pihak demi meningkatan imunitas masyarakat terhadap virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Dibandingkan kemarin, penambahan jumlah orang yang mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 lebih tinggi. Berikut rincian tambahan vaksinasi COVID-19 di Indonesia hingga pukul 12.00 WIB hari ini:

Vaksinasi Dosis 1

Bertambah 53.486 - Akumulasi 201.350.232

Vaksinasi Dosis 2

Bertambah 123.200 - Akumulasi 168.784.174

Vaksinasi Dosis 3 atau Booster

Bertambah 372.281 - Akumulasi 49.916.092

Kementerian Kesehatan RI terus mengajak masyarakat yang belum melengkapi vaksinasi COVID-19 untuk segera mendatangi sentra-sentra vaksinasi. Terbukti, vaksinasi COVID-19 bisa mengurangi risiko fatalitas dan kematian bila terpapr virus SARS-COV-2.

Terlebih di tengah kenaikan kasus subvarian BA.4 dan BA.5, Satgas COVID-19 mengingatkan masyarakat untuk mendapatkan vaksin dosis ketiga.

"Masyarakat perlu memahami bahwa divaksin booster merupakan semata-mata agar kita terutama kelompok berisiko lebih terlindungi dari penularan virus termasuk varian baru," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito.


Stok Vaksin COVID-19 Indonesia Lebih dari Cukup

Vaksinasi Booster
Perbesar
Ilustrasi kegiatan vaksinasi booster. Credits: pexels.com by RANK MERIÑO

Pada akhir Mei 2022 Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi booster untuk segera mendatangi pusat vaksinasi.

Dalam keterangan pers di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jokowi mengatakan bahwa stok vaksin COVID-19 yang dimiliki saat ini lebih dari cukuo. 

"Stok vaksin COVID-19 untuk booster lebih dari cukup," kata Jokowi, Senin (30/5/2022).

 Jokowi juga meminta masyarakat tidak pilah-pilih vaksin. Semua vaksin memiliki manfaat yang sama yakni melindungi diri bila terpapar virus SARS-CoV-2.

"Karena semua vaksin manfaatnya sama, untuk melindungi kita menghadapi pandemi COVID-19," jelasnya. 

Infografis Vaksinasi dan Protokol Kesehatan Kunci Kendalikan Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Infografis Vaksinasi dan Protokol Kesehatan Kunci Kendalikan Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya