250 Clothing Lokal Gelar Bazaar di Shopee, Ada Diskon hingga 80 Persen

Oleh Pramita Tristiawati pada 01 Jul 2022, 20:15 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 20:15 WIB
20151230-JackCloth 2015 Mulai Diserbu Pencinta Clothingan-Jakarta
Perbesar
Dua orang pengunjung berfoto di salah satu stand di JakCloth 2015 di Parkir Timur Senayan Jakarta, Rabu (30/12/2015). JakCloth 2015 berlangsung pada 30 Desember 2015 hingga 3 Januari 2016. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Bangkitkan usaha lokal, khususnya clothing line dari berbagai daerah di Indonesia, Jakcloth gandeng platform Shopee untuk menggelar bazaar online 'Jakcloth Summer Online Festival' pada 4 hingga 7 Juli 2022.

Direktur Operasional Jakcloth Perdana Kusuma mengatakan, akan ada 250 clothing lokal yang bergabung dalam bazaar online tersebut. Bukan hanya berasal dari Jabodetabek saja, melainkan clothing lokal asal Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, dan daerah lain juga ikut bergabung.

"Selepas Ramadan, ini kali kedua kami bekerjasama dengan Shopee untuk memasarkan produk atau hasil UKM lokal karya anak bangsa. Jadi, kami bisa terus membantu membangkitkan daya beli produk lokal dan memasarkannya hingga ke seluruh wilayah di Indonesia," tutur Perdana, Jumat (24/6/2022).

Clothing lokal masih sangat diminati oleh pasar dalam dan luar negeri. Bila disandingkan pun, merek dalam negeri baik kualitas bahan dan desain tidak kalah dengan merek clothing kenamaan internasional.

"Makanya, kami terus menggandeng platform digital e-commerce untuk terus memperkenalkan dan memasarkan karya dalam negeri. Peminatnya terus banyak, selain kami pun saat Ramadan lalu menggelar pameran secara offline selepas pandemi Covid-19," tuturnya.

Untuk kali ini, agar bisa lebih menjangkau masyarakat luas, Jakcloth memberikan harga miring untuk segala produk. Misalnya saja harga produk yang dibuka dari Rp 50 ribuan untuk kaos, hingga adanya potongan harga mencapai 80 persen.

"Nanti dijam tertentu juga akan ada flash sale, voucher potongan harga lagi. Dan tentu ada gratis ongkos kirim seperti pada umumnya kalau berbelanja di Shopee," kata Perdana.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mendongkrak Industri Fashion

Head of Brands Management and Digital Products Shopee Indonesia Daniel Minardi mengatakan, perusahaan selalu antusias bila kerjasama dengan clothing lokal kembali dilakukan. Hal ini sangat penting dilakukan, untuk mendongkrak industri fashion tanah air.

Jakcloth Summer Online Festival ini merupakan upaya Shopee Indonesia untuk memberikan eksposur bagi para pelaku usaha lokal, khususnya yang bergerak dalam bidangindustri fashion untuk dapat terus mengembangkan bisnisnya.

"Kami juga berharap, festival ini tidak hanya bermanfaat bagi para pelaku UMKM, tetapi juga dapat memberikan kemudahan akses bagi para pengguna dalam memenuhi kebutuhan fashion," tutur Daniel. 

 


Tren Belanja Online selama Ramadan 2022

Ilustrasi Belanja Tanaman Hias Online
Perbesar
Perhatikan ulasan produk dari pembeli sebelumnya. (dok. Unsplash.com/John Schnobrich)

Perilaku masyarakat dalam berbelanja online sangat menarik untuk diikuti. Mengingat tren belanja online terus berkembang dan selalu ada hal baru yang bisa dinikmati konsumen.

Di bulan Ramadan 2022 lalu, Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama 3 bulan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Riset ini dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1000 responden dari usia 20-35 tahun, yang tersebar di berbagai area di Indonesia.

Dalam riset Snapcart terkait “Perilaku Belanja Online Masyarakat Selama bulan Ramadan” menunjukkan bahwa 77% responden memilih Shopee sebagai e-commerce yang paling sering digunakan untuk berbelanja persiapan dan kebutuhan selama bulan Ramadan. Hasil ini diikuti Tokopedia (19%) dan Lazada (4%).

Belanja online memang menjadi salah satu alternatif utama bagi masyarakat Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan Ramadan. Tren perilaku belanja online juga dapat diamati melalui pilihan produk paling banyak dibeli selama Ramadan 2022.

 


Baju Lebaran

Sebagian masyarakat Indonesia (68% dari hasil riset) memilih untuk berbelanja baju lebaran serta aksesoris melalui e-commerce. Kemudian, diikuti sebanyak 49% responden membeli produk-produk makanan dan minuman untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari untuk sahur dan berbuka selama Ramadan. Lalu, sebanyak 45% responden membeli produk kosmetik dan perawatan, sedangkan 31% responden lainnya mengaku membeli peralatan rumah tangga.

Kategori produk terpopuler selama bulan Ramadan ini juga nyatanya sesuai dengan apa yang terjadi di Indonesia. Hal ini selaras seperti yang disampaikan oleh Astrid Wiliandry, Direktur Snapcart Indonesia,

“Ini sesuai dengan budaya Indonesia, Ramadan dan Lebaran identik dengan memakai baju baru. Produk fashion dan aksesoris pun menjadi peringkat nomor satu.”

 

Trafik kunjungan e-commerce saat Piala Dunia 2018
Perbesar
Trafik kunjungan e-commerce saat Piala Dunia 2018 (Infografis: Shopback)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya