Sukses

Kembangkan Bisnis Kendaraan Listrik, MIND ID Jajaki Aliansi Baru

MIND ID memiliki tiga mandat dari Pemerintah, yaitu mengelola cadangan dan sumber daya strategis, hilirisasi dan memiliki kepemimpinan pasar yang diwujudkan melalui optimalisasi komoditas mineral dan ekspansi bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Eksplorasi solusi pasokan potensial, termasuk Baterai & Aluminium, pembahasan mengenai desain dan pengembangan kendaraan listrik dilakukan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk. Hal itu dilakukan saat mengunjungi pabrikan kendaraan listrik asal Inggris ARRIVAL Ltd. 

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso dan Founder & CEO ARRIVAL, Denis Sverdlov pada (20/5) di Inggris. Acara tersebut juga dihadiri Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris HE. Desra Percaya.

Inisiasi ini merupakan bagian dari upaya MIND ID dalam menjajaki pengembangan pabrik mikro baterai listrik komersial di Indonesia dan Asia Tenggara.

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso mengatakan bahwa MIND ID memiliki tiga mandat dari Pemerintah, yaitu mengelola cadangan dan sumber daya strategis, hilirisasi dan memiliki kepemimpinan pasar yang diwujudkan melalui optimalisasi komoditas mineral dan ekspansi bisnis.

Kerja sama tersebut akan diperluas potensi pengembangan portofolio baru perusahaan dalam jangka panjang, khususnya di bidang pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Ya, ARRIVAL terus berupaya untuk meningkatkan rantai pasokannya dan mengembangkan inisiatif strategis untuk mengamankan bahan baku yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan global akan kendaraan listrik.

Dengan metode microfactory, ARRIVAL merevolusi pendekatan tradisional untuk produksi kendaraan dengan menghilangkan biaya pengiriman dan memaksimalkan nilai tambah melalui perancangan dan produksi produk lokal. Inilah inti dari potensi kolaborasi dengan MIND ID di Asia Tenggara.

Sebagai pemegang saham Indonesia Battery Corporation (IBC), MIND ID terus mencari peluang baru untuk mengembangkan ekosistem baterai kendaraan listrik. Hal ini merupakan salah satu wujud dari rencana strategis MIND ID, sebuah potensi aliansi strategis untuk ekspansi bisnis hilir baru dan Pengembangan kapabilitas dan optimalisasi portofolio.

 Dengan potensi kerja sama ini, diharapkan MIND ID dan Inalum Operating akan memiliki peran di masa depan dalam Rantai Pasokan Aluminium ARRIVAL. MIND ID bersama dengan IBC sebagai Global Supply Chain for Battery, menyambut baik kesempatan untuk melakukan penelitian dan membahas potensi pengembangan bersama komersial produk kendaraan listrik untuk negara berkembang yang dapat dilakukan di Indonesia.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini