Stafsus Presiden Apresiasi Kontribusi PKT Jaga Ketahanan Pangan

Oleh Liputan6.com pada 29 Jun 2022, 19:45 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 19:45 WIB
Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit bersama Rombongan Tim Komunikasi Presiden berkunjung ke PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT)
Perbesar
Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit bersama Rombongan Tim Komunikasi Presiden berkunjung ke PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT)

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka meninjau kesiapan pembangunan IKN, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit bersama Rombongan Tim Komunikasi Presiden menyempatkan untuk berkunjung ke PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT).

Sukardi Rinakit mengapresiasi kinerja PKT yang terus memberikan kontribusi nyata dalam menjaga ketahanan pangan Indonesia di tengah ancaman krisis pangan dunia.

“Presiden Jokowi pernah mengatakan kepada saya bahwa negara kita akan tertinggal oleh negara-negara lain dan tidak bisa bersaing kalau ketahanan pangannya tidak kuat. Ketahanan pangan akan kuat, salah satunya kalau produksi pupuknya juga bagus. Karena itu Presiden Jokowi sangat menaruh perhatian terhadap produksi dan distribusi pupuk,” ujar Stafsus Presiden, Rabu (29/6/2022). 

Sukardi juga menyampaikan apresiasi terhadap PKT yang telah ikut berkontribusi terhadap kelestarian budaya di Indonesia.

PKT dinilai telah memberikan apresiasi yang tinggi terhadap para seniman di Indonesia dengan berbagai aktivitas yang melibatkan para pegiat seni dan budaya di Indonesia, mulai dari menyelenggarakan kegiatan seni bersama hingga didirikannya Galeri Seni PKT sebagai wadah apresiasi atas karya seni dari pelukis ternama.

“Ini yang luar biasa dari PKT, ikut menjaga seni budaya, ini langka dimiliki oleh yang lain, harus dipertahankan,” kata Sukardi.

 


Kunjungi Mitra Binaan

Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) Rahmad Pribadi
Perbesar
Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) Rahmad Pribadi

Didampingi Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit beserta rombongan Tim Komunikasi Presiden juga menyempatkan untuk berkunjueng ke Mitra Binaan TJSL PKT di Loktuan, yakni kelompok Tani Teluk Bangko dan Kelompok Makrifah Herbal.

Rahmad menyampaikan, PKT berkomitmen mendukung cita-cita Presiden Jokowi yang menginginkan Indonesia melakukan hilirisasi produk, sehingga kedepan Indonesia tidak hanya mengekspor bahan mentah. Indonesia diharapkan tidak menjadi negara yang terjebak middle income trap karena fokus ekspor bahan mentah.

“Memang membutuhkan proses dan investasi yang besat, namun hilirisasi itu bisa menjadi nilai tambah hingga 30 kali lipat,” tutur Rahmad.


PKT Manfaatkan Teknologi Terapkan Standar K3

Pupuk Kaltim. (istimewa)
Perbesar
Pupuk Kaltim. (istimewa)

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menerapkan konsep smart production melalui pemanfaatan teknologi informasi dalam aktivitas produksi maupun K3, sehingga penguatan performance and risk management dalam mendukung strategi bisnis perusahaan dapat berjalan sesuai tujuan.

Komitmen smart production terdiri dari pilar-pilar strategis seperti K3, lingkungan hidup, produktivitas dan reliabilitas, serta efisiensi energi dan bahan baku.

"Dari komitmen itu, kinerja unggul di bidang K3 di potret melalui indikator leading dan lagging, agar berjalan lebih efektif dengan memanfaatkan teknologi serta otomasi dan upaya digitalisasi," tandas VP Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) PKT David Ronaldo Manik, Selasa (28/6/2022).

Atas dasar itu, empat tim gugus inovasi PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) raih penghargaan dalam ajang Indonesian Conference & Competition Occupational Safety and Health (ICC-OSH) 2022, yang digelar Wahana Kendali Mutu dan LPSDM YAPRIKA di Harris Hotel Bandung Jawa Barat, pada 21-23 Juni 2022. Tim tersebut diantaranya PKT Digisafe, Orkes PKT Sehat dan SR Squad dengan predikat Bintang 4, serta Fire Fighting Group dengan predikat Bintang 3.

Selain itu VP Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) PKT David Ronaldo Manik, turut menjadi salah satu keynote speaker dalam forum manajemen ICC-OSH bertajuk "Penerapan Budaya K3L pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi dan Perubahan Iklim (Climate Change)”.

Diungkapkan David, ICC-OSH merupakan salah satu ajang untuk mengukur efektivitas inovasi oleh tiap gugus yang terlibat, guna mendukung komitmen PKT menghadirkan lingkungan kerja aman dalam mengawal strategi bisnis perusahaan. Implementasi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) telah menjadi budaya kerja PKT dengan beragam terobosan dan inovasi yang terus dikembangkan setiap tahun.

"Utamanya dalam menghadapi era digitalisasi dan climate change, perlindungan tenaga kerja sesuai standar K3L wajib terimplementasi secara maksimal dalam mewujudkan lingkungan kerja aman," ujar David.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya