Dukung Pelestarian Lingkungan, Grup MIND ID Tanam 308.148 Pohon di Danau Toba

Oleh Muhammad Fachri Darmawan pada 29 Jun 2022, 17:10 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 17:10 WIB
MIND ID.
Perbesar
Upaya pelestarian Danau Toba merupakan salah satu wujud komitmen keberlanjutan Perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia menargetkan tanam 308.148 pohon di tahun 2022 untuk menjaga dan melestarikan kawasan Danau Toba. MIND ID melalui PT Inalum (Persero) (INALUM) berkomitmen berkolaborasi lintas sektoral untuk memperkuat ekosistem ekonomi dan ekologi di Kawasan Danau Toba.

“Upaya pelestarian Danau Toba merupakan salah satu wujud komitmen keberlanjutan Perusahaan. Grup MIND ID berfokus pada 6 pilar keberlanjutan, salah satunya Pelestarian Lingkungan melalui penanaman pohon yang akan dikaitkan dengan program TJSL lainnya yakni Pengembangan UMKM dan Peningkatan SDM. Diharapkan program-program ini dapat memperkuat kawasan Danau Toba sebagai salah satu simbol Kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia,” ungkap Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso.

Target penanaman 308.148 pohon tahun 2022 terdiri atas program Konservasi Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba yang dilakukan INALUM sebanyak 130.000 pohon dengan luas sekitar 260 Ha dan Program Jasa Pengelola Sumber Daya Alam bersama PJT1 sebanyak 178.148 pohon dengan luas sekitar 445,37 Ha. 

Untuk meningkatkan kesuksesan program, Perusahaan juga mengalokasikan 50.000 bibit Macademia. Sebanyak 28.000 bibit telah disebarkan ke 7 Kabupaten/Kota, antara lain Kabupaten Toba, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, Samosir, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Tapanuli Utara. Sementara sisanya akan disebarkan kelompok masyarakat yang ada di 7 kabupaten/kota tersebut.

Kolaborasi multipihak pada program pelestarian danau toba menjadi indikator penting terjaganya kawasan Danau Toba. Hal ini sejalan dengan dengan Noble Purpose MIND ID, yakni We Explore, Sumber Daya Alam, untuk Peradaban, Kesejahteraan dan Masa depan lebih cerah. 

Sinergi multipihak juga akan memperkuat dan meningkatkan nilai ekologis dan ekonomis Kawasan Danau Toba.

“Perusahaan akan berupaya menjaga kelestarian agar dapat terus bermanfaat pada generasi mendatang” ujar Hendi.

Selain penanaman pohon, INALUM juga terus melaksanakan program-program keberlanjutan seperti pemberdayaan UMKM, sehingga juga turut mendukung perekonomian masyarakat.

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya