Sukses

Pencanangan Hari Ekonomi Kreatif Nasional Banjir Dukungan

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Indonesia Esport Association (IESPA) RM Ibnu Riza Pradipto menyatakan mendukung penuh adanya inisiasi Hari Ekonomi Kreatif Nasional sebagai bentuk konkret apresiasi masyarakat terhadap peran penting pelaku ekonomi kreatif tanah air.

"Saya sangat mendukung dengan dicanangkannya Hari Ekrafnas. Bagi pelaku Esport, enthusiast Esport, dan semua yang tergabung dalam 17 sub sektor ekonomi kreatif, dengan adanya hari ini, maka inilah apreasiasi bagi semua yang telah menjadi Pandemic Winner!," ungkap Ibnu dikutip Selasa (28/6/2022).

Di industri Esport itu sendiri terdapat banyak sekali pelaku ekonomi kreatif seperti developer, gamers dan pelaku pendukung lainnya yang beberapa tahun belakang menjadi penyumbang lapangan kerja baru di Indonesia.

Ibnu juga mengatakan, di masa pandemi, Esport kian produktif, bukan konsumtif.

Pada Maret 2022, Sandiaga Uno, Menparekraf RI, mengatakan akan diadakan Piala Dunia Esports di Bali, dan direncanakan akan dihadiri 120 negara.

Kegiatan tersebut tentu saja akan terjadi peningkatan kunjungan dan akan pula menjadi pemicu ekonomi dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Semoga Hari Ekonomi Kreatif Nasional ini bisa diwujudkan, melalui dukungan kita bersama, baik pemerintah, legislator dan juga para pelaku ekonomi kreatif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bakal Ada Hari Ekonomi Kreatif Nasional, Kapan Dicanangkan?

Ketua Umum DPP Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekraf) Kawendra Lukistian menyampaikan terima kasih atas dukungan Komisi X DPR terhadap acara Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas). Sebab, dukungan ini menjadi penyemangat bagi pelaku ekonomi kreatif.

"Tentunya saya bersyukur Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) ini mendapat perhatian serius dari Komisi X DPR-RI hari ini dan saya juga mengapreasiasi respon Menparekraf-RI (Sandiaga Uno) yang berkomitmen mendorong Hekrafnas menjadi moment kebangkitan para pelaku ekraf pasca pandemi," kata Kawendra dalam keterangan resminya, Sabtu (4/6/2022).

Dengan dukungan ini, Kawendra berharap acara ini berjalan dengan baik dan lancar. Kemudian, acara ini diharapkan membangkitkan ekonomi masyarakat yang tengah tertekan akibat pandemi Covid-19.

"Kita doakan semua prosesnya lancar, dan Hekrafnas ini bisa menjadi legacy kita bersama untuk bangsa. Semangat juga untuk seluruh Komite Hekrafnas Gekrafs, kita sinergi dan koordinasi optimal dengan semua pihak," ujar dia.

Sementara Ketua DPP Gekrafs yang mendapatkan tugas selaku Ketua Komite Hari Ekonomi Kreatif Nasional , Ferry Ardiansyah mengatakan, hal ini merupakan pencapaian awal yang luar biasa bagi sektor ekonomi kreatif (Ekraf). Tak lupa dia juga memberikan apresiasi kepada Komisi X DPR yang memberikan dukungan terhadap kegiatan tersebut.

"Besar harapan kolaborasi ini berjalan dengan baik, terlaksana dengan sesuai apa yang direncanakan. Yang pasti komite terus bekerja keras untuk memastikan semua aspek pendukung kebutuhan uji materi yang akan di presentasikan kepada Komisi X DPR RI terkait data autentik, jurnal literasi dan kajian ilmiah serta data penunjang lain nya yang di dapatkan melalui kolektif data secara primer maupun data sekunder," tuturnya

"Semua ini terus diupayakan bersama dengan para pakar yang terlibat dalam kepengurusan komite Hari Ekonomi Kreatif Nasional dari Gekrafs," lanjut dia.

3 dari 3 halaman

Punya Tujuan yang Baik

Sebelumnya, Anggota Komisi X DPR Ali Zamroni dalam rapat kerja meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan wadah untuk kegiatan Hari Ekonomi Kreatif Nasional. Hal ini karena kegitan itu dirasa punya tujuan yang sangat baik.

"Tujuan ini sangat baik pak menteri, ikthiar kita bersama untuk membangkitkan ekonomi kreatif ini harus kita apresiasi. Dan artinya momentum Hari Ekonomi Kreatif Nasional ini menjadi penyemangat buat para ekonomi kreatif," kata Zamroni.

"Sehingga kita tahu bahwa mereka garda terdepan di masa-masa sulit, sehingga kokoh dan menjadi vitamin buat mereka," kata dia.

Sandiaga menyambut baik dan sangat mendukung hal tersebut. Bahkan Sandiaga menyampaikan, pihaknya akan memberikan ruang untuk acara Hekrafnas.

"Untuk hari ekonomi kreatif nasional ini, saya sangat mendukung pak Azam, dan kemungkinan bisa kita lounching di World Conference on Creative Economy (WCCE) yang akan kita lakukan di Bali bulan Oktober jelang G20, jadi kami akan berkoordinasi untuk hari ekonomi kreatif nasional," kata Sandiaga.

Hal ini dilakukan karena sektor ini sangat membantu perekonomian nasional."Ini adalah 17 subsektor yang membuka 20 juta lapangan kerja bagi masyarakat kita, tentunya kita harus dorong dan pastikan “ ujar Sandiaga.

Sektor Ekonomi Kreatif melalui UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia sejak 1998. Hingga saat ini, sektor ini merupakan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) tertinggi. Hal ini juga dibuktikan bahwa sektor ekraf Indonesia meraih peringkat ketiga di dunia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.