Sukses

Gibran Bertemu Erick Thohir, Bahas Persiapan ASEAN Paralimpyc Games 2022

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bertemu Menteri BUMN Erick Thohir di kantor BUMN pada Kamis (23/6).

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menemui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di kantor BUMN, Kamis hari ini (23/6/2022).

Erick Thohir mengungkapkan, berdiskusi tentang kemungkinan kerja sama dengan BUMN, untuk pelaksanaan kegiatan ASEAN Para Games 2022 dengan Gibran.

Diketahui bahwa Gibran Rakabuming Raka merupakan Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC).

"Pagi ini kedatangan Ketua INASPOC yang juga Wali Kota Solo, @gibran_rakabuming," demikian postingan Erick Thohir di Instagram pada Kamis (23/6), menampilkan potret pertemuannya dengan Gibran.

"Berdiskusi agar Asean Para Games 2022 berjalan lancar," lanjut Erich Thohir.

"Jadi flashback huru-hara persiapan Asian Games 2018," tambahnya dengan antusias.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

ASEAN Para Games (APG) XI 2022 akan digelar Juli 2022 mendatang di Solo.

Sekretaris Jendral Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) yakni Rima Ferdianto, sebelumnya sudah mengatakan bahwa aturan penyelenggaran APG XI 2022 tahun 2022 tertulis dalam Perpres.

Gelarannya sendiri akan berlangsung mulai 17 Juli 2022 mendatang.

"Informasi kabar gembira dari Kemenpora adalah, Perpres penyelenggaraan sudah ditetapkan menjadi Perpres," kata Rima kepada awak media di Solo pada 20 Juni lalu, dikutip Kamis (23/6/2022).

Dilanjutkannya, ajang APG XI 2022  di Solo nantinya juga akan didukung oleh 14 kementerian, hal itu untuk memberikan dukungan agara ASEAN Para Games bisa sukses digelar.

Rima menambahkan dari lima bidang dan 24 sub bidang sudah mulai mengerjakan persiapan ajang itu.

"Dengan adanya perhatian kementrian maka bisa mensukseskan ajang APG XI 2022," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertemu Menpora, Gibran Jamin Solo Bakal Sukses Gelar ASEAN Para Games

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyatakan persiapan yang dilakukan Solo sebagai tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022, telah berjalan dengan baik. Diharapkan pesta olaharga yang diikuti atlet difabel dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara itu dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Solo.

Hal tersebut diungkapkan Menpora usai mengikuti rapat koordinasi penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022 yang digelar di The Sunan Hotel Solo, Minggu malam (19/6/2022). Rapat tersebut juga dihadiri Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka dan Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun.

Menurut Menpora Zainudin Amali  dalam rapat koordinasi tersebut membahas tentang persiapan Solo menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Wali Kota Solo sebagai Ketua INASPOC dalam pertemuan itu juga sudah memaparkan terkait berbagai persiapan yang diharapkan bisa selesai tepat waktu agar pelaksaanaan pesta olahraga atlet difabel berjalan dengan sukses.

"Jadi saya sudah mendapatkan informasi dan laporan dari Mas Wali Kota sebagai penanggung jawab di pelaksanaan ini. Kemudian, kami juga mendapatkan konfirmasi dari Pak Sekda Jawa Tengah, yang mewakili Pak Gubernur, memberikan komitmen penuh untuk pelaksanaan ASEAN Para Games," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Renovasi Venue

Sementara itu, Ketua INASPOC, Gibran Rakabuming Raka mengaku telah memaparkan semua persiapan yang dilakukan untuk penyelenggaraan ASEAN Para Ganes XI 2022 di Solo. Menurutnya semua persiapan telah dilakukan secara matang, di antaranya meliputi venue, hotel, prosesi pembukaan hingga penutupa acara.

"Dari venue, hotel dan lain-lain sudah kami siapkan semuanya. Untuk opening dan closing ceremony sudah kami siapkan semua. Harapannya acaranya ini bisa berjalan dengan lancar," kata dia.

Meski demikian, Gibran mengatakan masih ada beberapa venue yang masih dalam tahap renovasi. Jumlah venue yang akan digunakan untuk pertandingan para atlet difabel dari negara kawasan Asia Tenggara itu sebanyak 14 cabang olahraga. Venue tersebut terletak di Solo dan daerah sekitarnya seperti Sukoharjo, Karanganyar dan Semarang.

"Mungkin PR-PR kecil yang harus kita monitor adalah renovasi di beberapa venue. Tetapi saya yakin ini semua akan selesai sebelum tanggal 15 Juli 2022," harapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.